Home / Jendela

Minggu, 14 November 2021 - 16:52 WIB

Menilik Karakter SepongeBob dan Squidward dalam Dunia Kerja

Gambar: Twitter @SepongeBob.

Gambar: Twitter @SepongeBob.

Jendela, Progresnews.id — Dunia kerja sering diartikan sebagai kehidupan sesungguhnya,“Real Life” begitu kata yang sering terdengar. Ketika menjadi seorang pelajar, tentu kita pernah membayangkan suatu saat akan berada di dalam dunia kerja yang menyenangkan, teman kerja yang asyik, atasan yang loyal, dan suasana tempat kerja yang tidak membosankan.

Namun apa jadinya jika yang kita alami adalah kebalikannya? Ekspektasi berada di ujung yang saling berseberangan dengan Realita. Dunia kerja tidak menawarkan keindahan yang kita bayangkan. Namun terkadang ada beberapa kondisi yang membuat kita harus bertahan. Sehingga keluar dari pekerjaan menjadi solusi yang belum tepat.

Sebuah serial animasi populer SpongeBob SquarePants menjadi kartun animasi yang dapat menggambarkan bagaimana dunia kerja. Jika kamu merupakan penggemar kartun animasi ini pasti tidak asing dengan Krusty Krab, yaitu sebuah restoran makanan cepat saji fiksi yang berada di  Bikini Bottom. Tempat makan ini terkenal dengan burger khasnya yang diberi nama “Krabby Patty”.  Makanan ini memiliki resep rahasia yang dijaga dengan ketat.

Krusty Krab memiliki bos yang pelit, serakah dan egois. Bos restoran ini adalah Eugene Krabs atau yang dikenal sebagai Tuan Krab, ia sering bersikap semena-mena kepada karyawannya. Ia sangat menyukai uang. Semuanya dilakukan karena uang. Obsesinya dengan uang sudah berada pada level maksimum. SpongeBob SquarePants dan Squidward Tentacles sebagai karyawan restoran ini memiliki sikap berbeda dalam menjalani hari-hari saat bekerja

Baca Juga:  Seni Thak-Thakan dari Tambakboyo yang Menyita Perhatian Budayawan Malang

SpongeBob sebagai koki atau juru masak restoran menjalankan tugasnya dengan baik. Ia terlihat sangat bangga dengan atribut kerjanya. Memakai topi dan spatula adalah ciri khasnya setiap bekerja. SpongeBob bahkan mendapat predikat sebagai pegawai teladan dalam pekerjaannya. Saat memulai aktivitasnya, Ia sering mengatakan “Aku siap! Aku Siap! Aku Siap!”.

Semangatnya saat menuju Krusty Krab tidak diragukan lagi. Ia terlihat bahagia di balik alat pemanggang daging dan berkutat dengan bahan pembuatan Krabby Patty. Ia adalah spons laut kuning yang polos. Karakternya ini membuatnya sangat mudah dimanfaatkan oleh Tuan Krab sebagai pemilik restoran.

Meskipun upah yang didapat sangat jauh dari dedikasi yang diberikan, SpongeBob tetap melakukan pekerjaannya dengan antusias. Loyalitasnya dalam bekerja merupakan impian bagi setiap atasan dalam sebuah pekerjaan.

Berbeda dengan SpongeBob, Squidward justru seperti tidak menyukai pekerjaannya. Sebagai karyawan Krusty Krab, Ia menempati posisi sebagai kasir yang bertugas sebagai penerima pesanan dan menerima pembayaran. Squidward merupakan pekerja yang buruk. Ia sering terlihat membaca bahkan tidur saat bekerja. Namun di sisi lain, mungkin Squidward memiliki alasan untuk itu.

Sebagai kasir, Ia mungkin orang yang paling tahu tentang berapa jumlah pelanggan setiap harinya dan sebanyak apa uang yang dihasilkan. Oleh karenanya, ketika Tuan Krab membayarnya dengan upah yang jauh dari kata layak, Ia merasa kecewa sehingga mempengaruhinya dalam bekerja.

Baca Juga:  Kemenkes Keluarkan SE Tentang Rapid Test Antigen Sebagai Metode Diagnosis

Nilai-nilai penting yang bisa diambil dari SpongeBob dan Squidward dalam dunia kerja, yaitu:

Pertama, tidak semua orang mengukur kebahagiaan dengan uang, SpongeBob contohnya. Oleh karenanya ketika kamu menyukai suasana pekerjaanmu sekarang dan kamu merasa ini merupakan dunia kamu, maka upah sudah bukan menjadi pertimbangan utama. Manusia yang berada dalam kondisi seperti ini akan sampai pada sudut pandang bahwa tidak mengapa sedikit yang didapat, asal menikmati hari-hari yang dijalani.

Kedua, segera mengambil keputusan. Ketika kamu merasa pekerjaanmu saat ini hanya sebagai beban yang mengganggu hari-harimu segera tentukan pilihan ingin bertahan atau mempertimbangkan pekerjaan lain, buat rencana masa depanmu. Salah satunya mungkin bisa dengan cara membuat daftar kerugian dan keuntungan jika masih bertahan. Jangan sampai seperti Squidward yang terlihat hanya menunggu hari libur dan waktu pulang saat bekerja, seperti tidak menikmati hari-harinya.

Ketiga, jika kamu adalah sebuah atasan tempatmu bekerja saat ini, ingatlah bahwa tanpa adanya para pekerja, usahamu tidak akan sampai pada titik ini. Mereka adalah orang-orang yang memiliki peran penting dalam kemajuan usahamu. Oleh sebab itu, prioritaskan kesejahteraan mereka. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Jendela

Aneka Menu Ikan Bandeng, Manakah Favoritmu?
Mbah Mat Kauli Gresik Pelestari Seni Tradisi Macapatan Khas Gresik

Jendela

Siapa Mbah Mat Kauli Gresik? Berikut Fakta-faktanya
Picture by gettyimages

Jendela

Ada 4 Jenis Cinta dalam Hidup Manusia. Ada di Tipe Mana Kamu Saat Ini?
Gambar: Twitter Pusdatin Kemendikbud @pusdatin_dikbud

Jendela

Hari Guru Nasional 2021, Pulihkan Pendidikan
8 Program Kegiatan Pembelajaran Kampus Merdeka.

Jendela

8 Program Kampus Mengajar Kemendikbud
Gambar: Twitter @doraemonchannel

Jendela

3 Personalitas Mengesankan Nobita dalam Film Doraemon
Mbah Lajiem. Kopi Gresikan untuk menghadirkan citarasa terbaik. Foto : IG karanganmangkak/Progresnews.id

Gresik

6 Warung Kopi Legendaris di Gresik
BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Film

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran