Home / Nasional / Warta

Minggu, 7 Februari 2021 - 17:16 WIB

Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan, Dewan Pers: Wartawan Perlu Divaksin

Reporter : Alfa Kamila - Telah dibaca 1.104 kali

Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas

Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital". SS: Alfa Kamila.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional 2021 yang jatuh pada 9 Februari mendatang, Dewan Pers bersama sejumlah tokoh media mengadakan Webinar Jurnalisme Berkualitas yang bertajuk “Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital” pada Minggu, (7/2).

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan, bahwa di tengah gempuran disrupsi digital dan pandemi seperti ini, insan pers harus terus membangun kebersamaan. Karena esensi pers adalah menjahit, bukan menyobek. Pers harus bisa menjahit potensi atau kekuatan untuk mencapai tujuan keberhasilan bangsa.

Baca Juga:  Komisi X DPR RI Apresiasi Kemendikbud atas Kebijakan Pembelajaran dan Capaian Kemendikbud

“Jurnalisme yang berkualitas adalah jalan yang benar, yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Ketua Dewan Pers.

Dalam paparannya bahwa saat ini teknologi menjadi pusat perubahan yang signifikan, maka mau tidak mau insan pers harus melakukan transformasi digital. Meskipun tidak semua teknologi dibutuhkan oleh semua sektor.

“Media itu kendaraan, esensinya adalah muatan. Nah sebenarnya yang dibutuhkan masyarakat itu kendaraan atau muatannya? Yang dibutuhkan adalah muatan, kendaraan bisa berubah,” tambahnya.

Baca Juga:  Perceraian Meningkat Selama Pandemi, Kemenag Rencanakan Bimwin Virtual

Mengenai Keberlangsungan pers, lanjut M. Nuh, kemerdekaan pers dan kualitas perlindungan bukan hanya dari luar, tapi juga dari dalam, melalui vaksinasi dan insentif, kesejahteraan insan pers menjadi syarat dan perjuangan yang tiada henti. Ia juga mengatakan bahwa telah mengkomunikasikan perihal vaksinasi untuk insan pers kepada Menteri Kesehatan.

Share :

Baca Juga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

Nasional

Pendaftaran Pilkada 2020, Kemendagri: Aparat Harus Tertibkan Massa
Kapolres Lamongan didampingi Kasreskoba dan Kasubag Humas, saat menunjukan pelaku penyalagunaan narkoba.

Lamongan

Prihatin!!, Kasus Penyalagunaan Narkotika di Lamongan Libatkan Anak di Bawah Umur
Sumini, Perempuan Pemimpin dari Damaran Baru Aceh, saat memberikan testimoni dalam webinar "Memperkuat Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan SDA dan Ketahanan Ekologis di Indonesia" pada Kamis (25/3).

Nasional

Puncak Hari Perempuan Sedunia, The Asian Foundation Tampilkan Testimoni Lima Pemimpin Perempuan
Ketua DPRD Abdul Qodir saat Jumpa Pers di Gedung DPRD

Gresik

Dukung Visi-Misi, DPRD Gresik Minta Gus Yani-Bu Min Segera Usung RPMJD
Salah satu lokasi banjir di Lamongan, terlihat Kasi Tanggap Bencana BPBD sedang membangu warga yang motornya mogok. (Foto: Ammy)

Lamongan

Sempat Surut, Lamongan Kembali Dilanda Banjir, 62 Desa dari 5 Kecamatan Jadi Korbanya
Antrian Perempuan Mendaftarkan Perceraian Di Pengadilan Agama Soreang, Bandung, Jawa Barat, Senin, 24 Agustus 2020. Sumber: Twitter.

Nasional

Perceraian Meningkat Selama Pandemi, Kemenag Rencanakan Bimwin Virtual
Video Conference (Vidcon) Seminar Pembangunan dan Call For Paper yang digelar Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI), Minggu 18 Oktober 2020.

Nasional

Capai Pembangunan Maritim, ISRI Gelar Seminar Pembangunan
Sejumlah Mahasiswa yang melakukan audiensi dengan Kabid Lalu Lintas Dishub Lamkongan. Foto: Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

Dishub Lamongan Dinilai Jadi Biang Keladi Kerusakan Jalan, Mahasiswa Unisda Layangkan Aksi Protes