Home / Nasional / Warta

Minggu, 7 Februari 2021 - 17:16 WIB

Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan, Dewan Pers: Wartawan Perlu Divaksin

Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas

Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital". SS: Alfa Kamila.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional 2021 yang jatuh pada 9 Februari mendatang, Dewan Pers bersama sejumlah tokoh media mengadakan Webinar Jurnalisme Berkualitas yang bertajuk “Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital” pada Minggu, (7/2).

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan, bahwa di tengah gempuran disrupsi digital dan pandemi seperti ini, insan pers harus terus membangun kebersamaan. Karena esensi pers adalah menjahit, bukan menyobek. Pers harus bisa menjahit potensi atau kekuatan untuk mencapai tujuan keberhasilan bangsa.

Baca Juga:  Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers

“Jurnalisme yang berkualitas adalah jalan yang benar, yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Ketua Dewan Pers.

Dalam paparannya bahwa saat ini teknologi menjadi pusat perubahan yang signifikan, maka mau tidak mau insan pers harus melakukan transformasi digital. Meskipun tidak semua teknologi dibutuhkan oleh semua sektor.

“Media itu kendaraan, esensinya adalah muatan. Nah sebenarnya yang dibutuhkan masyarakat itu kendaraan atau muatannya? Yang dibutuhkan adalah muatan, kendaraan bisa berubah,” tambahnya.

Baca Juga:  Kepantasan Dalam Menghadirkan Berita, Ini Pesan Dewan Pers

Mengenai Keberlangsungan pers, lanjut M. Nuh, kemerdekaan pers dan kualitas perlindungan bukan hanya dari luar, tapi juga dari dalam, melalui vaksinasi dan insentif, kesejahteraan insan pers menjadi syarat dan perjuangan yang tiada henti. Ia juga mengatakan bahwa telah mengkomunikasikan perihal vaksinasi untuk insan pers kepada Menteri Kesehatan.

Share :

Editor : Alfa Kamila

Baca Juga

Nasional

Survei SMRC: Elektabilitas PDIP dan Gerindra Menurun, PKB Melonjak

Nasional

Buka Muktamar Pemikiran Dosen PMII, Gus AMI Sampaikan Tiga Prioritas Pasca Pandemi
Sumanto Al-Qurtubi Dosen King Fahd University of Petroleum dan Minerals Dhahran, Saudi Arabia Webinar Internasioanal Peringatan Hari Santri 2021 RMI PBNU Seri ke-2, dengan tajuk ‘Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya dan Revolusi Teknologi’, Kamis (21/10).

Nasional

Peran Aktif Santri Dibutuhkan Untuk Antisipasi Gerakan Intoleran

COVID-19

Pemprov Jatim Pertegas Aturan PTM Semeter Dua Tahun Ini, Bupati Gresik Minta Sekolah Disiplin Prokes
Foto: Twitter Sekretaris Kabinet.

Nasional

Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021
Dr. Taufik Hidayat, Koordinator Bidang Preventif dan Promotif Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan . (Foto: Istimewa)

COVID-19

Dinilai Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19, PPKM di Lamongan Tidak Diperpanjang
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan, Agus Suyanto saat memperlihatkan produk pelaku usaha binaan Diskopum. Foto : Ammy.

Lamongan

Teka-teki Program Lamongan Mart dan Rumah Kreatif, Pemda Lamongan Lahirkan Ide Brillian
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beserta Presiden Republik indonesia Joko Widodo dalam acara silaturahmi di Istana Presiden, Bogor, Rabu (29/12). Foto: Sekretariat Presiden.

Nasional

Kunjungi Presiden di Istana, Gus Yahya: PBNU Siap Sukseskan Agenda Nasional