Home / Gresik / Pariwisata / Warta

Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:45 WIB

Menengok Sedekah Bumi Desa Petiyintunggal, Bocah-bocah Kegirangan Kala Udik-udikan

Warga Desa Petiyintunggal nampak menyunggi berkat usai ikuti rangkaian acara sedekah bumi, (21/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Warga Desa Petiyintunggal nampak menyunggi berkat usai ikuti rangkaian acara sedekah bumi, (21/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Gelaran Sedekah Bumi dan Festival Jajanan Tradisional dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Petiyintunggal Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Dengan semangat gotong-royong, Pemdes bersama warga masyarakat mensukseskan gelaran tersebut.

Event yang digelar selama dua hari, yakni pada 20-21 Oktober ini terbagi menjadi beberapa rangkaian acara. Di hari pertama, Nurul Ali Haromaini Fandi Akhmad Yani (Ning Nurul) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gresik, bersama jajaran PKK Kabupaten Gresik hadir melihat ekspo jajajan tradisional. Ning Nurul terlihat antusias dan mengpresiasi gelaran jajanan tradisional yang diolah ibu-ibu PKK setempat.

Kepada Ibu-ibu PKK Desa Petiyintunggal, Istri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berpesan, agar di era yang serba digital ini perempudan desa perlu tumbuh berdaya serta tidak berhenti berinovasi menciptakan beragam potensi yang mendatangkan nilai ekonomi.

Baca Juga:  Vaksinasi Calon Jamaah Haji, Kemenag Lamongan: Belum Ada Tindak Lanjut

Sedangkan di hari kedua, kegiatan sedekah bumi dimulakan dengan doa bersama di area makam pepunden desa yakni Mbah Rombang. Kepala Desa Petiyintunggal, Mat Asyroful, menyatakan jika kegiatan sedekah bumi di desanya sebagai bentuk syukur. Kegiatan rutin ini juga untuk melestarikan tradisi dan kearifan lokal yang diwariskan secara turun temurun di Desa Petiyintunggal.

Udik-udikan. Seorang warga melemparkan koin di Desa Petiyintunggal. Anak-anak nampak ceria berebut koin, (21/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

“Rangkaian kegiatan sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur kami semua warga desa Petiyintunggal. Acaranya juga mendoakan para sesepuh desa yang telah mendahului kita, serta nguri-nguri kebudayaan di desa,” kata Asrof (21/10).

Dikatakan bapak dua anak ini, jika desanya tengah mengembangkan potensi perkebunan. Meski dalam proses penggarapan, pihaknya berharap pertanian di desanya mampu mendatangkan nilai ekonomi bagi warganya.

Baca Juga:  Gresik United Menang di Laga Persahabatan

“Kami sedang menggarap agrowisata di desa ini, mudah-mudahan proses ini dapat dinikmati hasilnya mendatangkan nilai tambah bagi Petiyintunggal,” pungkasnya.

Dalam rangkaian sedekah bumi yang diikuti oleh warga desa di segala usia, ada tradisi yang menarik. Yakni lempar koin dan diperbutkan secara beramai-ramai. Warga menyebutnya dengan tradisi udik-udikan. Di mana seorang warga menyedekahkan beberapa mata uang koin lantas diperebutkan oleh anak-anak.

Sejenak Lupakan Gawai. Anak-anak di Desa Petiyintunggal nampak ceria berebut koin udik-udikan, (21/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Aku wes oleh limolas ewu, awakmu oleh piro, rek?(baca: saya sudah dapat lima belas ribu, kamu dapat berapa),” celetuk salah satu bocah yang terlibat dalam tradisi udik-udikan. Ia juga menunjukkan segenggam koin yang diperolehnya. Bocah-bocah kecil itu nampak tertawa lepas dan berteriak gembira tiap seorang datang melempar sejumlah koin di halaman makam Mbah Rombang.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Suasana penanaman pohon di salah satu titik di Lamongan. Foto: Istimewa.

Lamongan

Peringati HUT Bu Mega, Ini yang dilakukan PDIP Lamongan
EDUKASI. Koramil 0817/10 Benjeng ajak sejumlah pelajar dalam kegiatan tabur bunga dan doa kepada Pahlawan di TMP Metatu Benjeng Gresik, Rabu (10/11). Foto : Istimewa

Warta

Danramil 0817/10 Benjeng, Edukasi Pelajar Melanjutkan Jasa Pahlawan

Warta

Pesan Gus Yani-Bu Min, Kala Melepas Kafilah Gresik Pada MTQ XXIX

Warta

Diterjang Banjir, Jembatan Darurat Klampok Benjeng Terputus
Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Nasional

Kemendikbud Tingkatkan Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4)
Foto: Youtube DPR RI.

Nasional

Kemenkes Siap Vaksinasi Anak Awal Tahun 2022
Foto: Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Telah Cairkan Subsidi Kuota Internet Periode November

COVID-19

Putus Penyebaran Covid-19, Karyawan BNNK Tuban Jalani Rapid Test Antibodi