Home / Nasional / Pendidikan / Warta

Sabtu, 13 Februari 2021 - 15:08 WIB

Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021

Reporter : Alfa Kamila

Foto: Twitter Sekretaris Kabinet.

Foto: Twitter Sekretaris Kabinet.

Sorong, Progresnews.id – Dana BOS untuk Papua Barat dipastikan meningkat lebih dari 30% di Tahun 2021. Peningkatan Dana BOS ini terjadi karena aturan baru yang berlaku dari Kemendikbud. Mulai Tahun 2021, Dana BOS akan diberikan dengan jumlah yang berbeda antar daerah, jumlahnya akan menyesuaikan dengan beberapa faktor dan kondisi yang ada di masing-masing daerah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim saat kunjungan kerja ke Papua Barat (10/2). Nadiem menyebutkan bahwa Dana BOS akan diberikan berdasarkan jumlah siswa, kemudian dikalikan dengan nilai yang ditetapkan dari Kemendikbud.

Baca Juga:  Surati Jaksa, Kuasa Hukum HRS Minta Berkas Perkara Digabung

Selain itu, pemberian Dana BOS ini mengecualikan pada daerah 3T. Apabila jumlah mereka kurang dari 60 siswa, maka Dana BOS tetap akan dihitung sebagai 60 orang.

Dan berdasarkan aturan tersebut, Mendikbud memastikan bahwa Kabupaten Sorong akan mendapatkan kenaikan Dana BOS lebih dari 30%.

Baca Juga:  Normalkan Aliran Sungai, BPBD dan Warga Desa Kramat Baksos Bersihkan Sungai

“Dana BOS Reguler di daerah 3T akan lebih besar dari daerah lain. Paling tinggi, ada yang mendapat tiga kali dari yang didapatkan pada tahun 2020. Kebijakan ini diambil sebagai salah satu upaya pemerataan pendidikan,” tutur Nadiem.

Lebih lanjut, Nadiem menambahkan bahwa penyesuaian jumlah Dana BOS sesuai kondisi daerah ini, tak lain adalah wujud dari pada transformasi pembiayaan pendidikan oleh Kemendikbud sebagai prioritas kerja pada Tahun 2021.

Share :

Baca Juga

COVID-19

Tekan Angka Positif Covid-19, Bupati Tuban Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Nasional

Usai Dilantik Menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim: Ini Kabar Gembira Bagi Universitas

Gresik

Berkolaborasi dengan Sekolah Meksiko, Smadiga Gresik Lakukan Program Internasional Collaboration

Daerah

Usung Semangat Lawan Segala Bentuk Penindasan, Aliansi Mahasiswa Gresik Gelar Aksi Damai Memperingati International Students Day
Kriteria Sekolah Dan Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak.

Jendela

Kriteria Sekolah Dan Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak

Nasional

100 Cabang Hypermart Asal Arab Bakal Ramaikan Dunia Ritel di Indonesia

Nasional

PKB Sebut Keputusan MK soal Syarat Verifikasi Parpol Sudah Bijak
Para penjaja penukaran uang di Lamongan.

Lamongan

Buka Lebih Awal, Jasa Penukaran Uang Mulai Bermunculan di Lamongan