Home / Seremonia

Jumat, 12 Februari 2021 - 15:22 WIB

Mendikbud Dorong Transformasi Pendidikan di Papua Barat

Reporter : Alfa Kamila

Foto: Kemendikbud.

Foto: Kemendikbud.

Sorong, Progresnews.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten dan Kota Sorong, Papua Barat, pada Rabu (10/2). Dalam kunjungannya Mendikbud mendorong transformasi pendidikan dengan sejumlah program, di antaranya adalah digitalisasi sekolah, revitalisasi pendidikan vokasi, penguatan guru dan tenaga kependidikan, pembiayaan pendidikan, dan pemajuan kebudayaan.

Pemberian bantuan alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Kemendikbud, dipastikan segera sampai sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh para guru SMPN 14 Kabupaten Sorong. Mendikbud juga menyadari bahwa masih ada banyak sekolah lain yang belum terfasilitasi, maka ke depannya akan terus disalurkan bantuan TIK ini lebih banyak lagi.

Baca Juga:  Cek Kualitas Komoditi, Tim Koordinasi BPNT/BSP Tuban Lakukan Sidak

“Saya senang mendengar bahwa peralatan TIK yang disalurkan bermanfaat bagi para guru dan siswa. Saya senang diminta lebih banyak lagi, itu artinya digunakan. Teman-teman harus menyadari itu bukan alat yang yang murah dan banyak sekali sekolah lain yang juga membutuhkan. Tapi di tahun-tahun ke depan kita akan terus mengakselerasi bantuan TIK ini,” tutur Mendikbud.

Selain itu, terkait dengan program-program Kemendikbud yang lain, Nadiem mengatakan bahwa daerah 3T akan menjadi salah satu area prioritas untuk digitalisasi sekolah. Ia juga akan mengupayakan pemerataan akses internet yang berimbang untuk mereka.

Baca Juga:  Keputusan Bersama Tiga Menteri Terkait Penggunaan Atribut Keagamaan di Lingkungan Sekolah

Duta Rumah Belajar Papua Barat, Novita Sari mengaku senang dengan kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim di tanah Papua. Ia juga menceritakan bagaimana senangnya anak-anak ketika bantuan dari Kemendikbud telah tiba.

“Banyak perubahan ketika anak-anak diberikan bantuan TIK. Semangat belajar mulai meningkat. Awalnya jenuh karena hanya membaca. Sekarang bisa browsing dan mencari sumber belajar yang beraneka ragam. Sekarang pelajaran lebih mudah mereka serap,” tutur Novita.

Share :

Baca Juga

Proses giat gabungan skala besar dan Ops yustisi

Gresik

Kapolres dan Dandim Kabupaten Gresik Pimpin Langsung Ops Yustisi PPKM Malam ke Enam
residen Jokowi membuka Munas VI Apeksi Tahun 2021, Kamis (11/02/2021), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung)

Seremonia

Jokowi Ingatkan Seluruh Pemda Perbanyak Program Padat Karya

Ekonomi

Cek Kualitas Komoditi, Tim Koordinasi BPNT/BSP Tuban Lakukan Sidak
Ketua Umum BMI Farkhan Evendi memberi sambutan saat deklarasi DPC BMI Jember, Senin (15/2). Foto: Adm.

Seremonia

Deklarasi BMI Jember, Siap Perjuangkan Harapan Rakyat
MWC NU Balongpanggang bagi-bagi sembako

Gresik

Kembali Terendam Banjir, MWC NU Balongpanggang Bagi-bagi Sembako

Gresik

Formagam Bersama Komunitas Warteg Gratis Bagikan Masker untuk Santri
Salah satu anggota Polres Tuban saat menjalani screening.

Seremonia

Polres Tuban Gandeng PMI Tuban Gelar Screening Donor Plasma

Seremonia

Antisipasi Supplier Nakal, Komisi IV DPRD Tuban Beri Ultimatum