Home / Lamongan / Warta

Kamis, 4 Maret 2021 - 12:19 WIB

Melihat Ganasnya Aktivitas Penambangan di Zona Wisata Yang Rugikan Lamongan

Reporter : Adyad Ammy Iffansah - Telah dibaca 56 kali

Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan, Progresnews.id — Aktivitas penambangan galian C di Desa Penanjan Kecamatan Paciran Lamongan tampaknya akan berimbas ke sektor pariwisata hingga investasi kekayaan Lamongan.

Hal itu sejalan dengan kegiatan tambang yang mulai meluas hingga 27 hektar, yang mana menjadikan sejumlah sumber kekayaan Lamongan dalam bentuk bahan pertambangan pedel berbatu (Deltu) terus tergerus.

Penanggung jawab proyek, Mukian menuturkan jika penambangan milik H. Thohiron asal Gresik itu telah beroperasi kurang lebih 5 tahun yang lalu.

“Miliknya Jufri Sony dari Surabaya dan H. Thohiron pengusaha asal Gresik, Mas. Ya, kurang lebih 5 tahun ini beroperasi di sini, luasnya 27 hektar,” ungkap Mukian, Kamis (4/3).

Baca Juga:  Dishub Lamongan Dinilai Jadi Biang Keladi Kerusakan Jalan, Mahasiswa Unisda Layangkan Aksi Protes

Meski mengaku mengantongi surat Izin Usaha Pertambangan (IUP), tapi nyatanya surat izin tersebut baru dikeluarkan 2020 yang lalu, yang berarti, bisa dikatakan 4 tahun beroperasi tanpa dibekali izin atau ilegal.

“Izin-izinya lengkap, untuk warga juga kami beri kompensasi setiap tahunnya, debu disebabkan penambangan juga sudah kami atasi,” ucapnya.

IUP yang tertera dikeluarkan pada 2020, namun kegiatan penambangan dilakukan 5 tahun lalu. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Untuk memuluskan kegiatanya, Mukian juga mengaku sering mengeluarkan sejumlah uang yang diberikan pada oknum petugas kemanan Polri yang datang ke lokasi penambangan.

“Sering ‘disambangi‘ pihak Polda hingga Polres. Hal seperti itu biasa di sini, tinggal diamplopi Rp100.000 hingga Rp200.000, selesai,” akunya.

Baca Juga:  Eksplorasi Bangkai Kapal Van Der Wijck Dihentikan Sementara

Seperti diketahui, meluasnya aktivitas penambangan tersebut menggerogoti bukit dengan jenis batuan deltu ke arah timur dan utara atau mendekat ke lokasi wisata Maharani Zoo Lamongan (Mazoola).

Aktivitas penambangan itu kemudian membuat pengelola wisata Mazoola menjadi khawatir lantaran melebarnya kegiatan tambang yang makin dekat dengan sumber air Mazoola.

“Takutnya kegiatan penambangan itu berdampak pada Mazoola. Karena lokasi sumber air untuk satwa yang dekat dengan penambangan, khawatir mampet,” tungkas Humas Mazoola, Juni Tri Wahyuningtiyas.

Share :

Baca Juga

Lamongan

Pimpin Lamongan Tiga Tahun Kedepan, Ini Angan dan Harapan Bupati Yuhronur
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat, Irjen Pol Argo Yuwono. Foto: ANTARA.

Nasional

6 Oknum Polisi Penganiaya Herman Ditetapkan Sebagai Tersangka
Para penjaja penukaran uang di Lamongan.

Lamongan

Buka Lebih Awal, Jasa Penukaran Uang Mulai Bermunculan di Lamongan
Tower sutet aliran listrik Jawa-Bali yang terancam roboh akibat maraknya tambang galian C di Desa Pantenan, Gresik. Foto: Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Dua Tower Listrik Terancam Roboh Akibat Galian C di Perbatasan Lamongan – Gresik
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital" pada Minggu, (7/2).

Nasional

Moeldoko Akui Lebih Takut Todongan Wartawan Daripada Senjata
Kantor Kememterian Agama Kabupaten Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

Impikan Ibadah Haji, Keberangkatan 1.643 Calon Jamaah Asal Lamongan Terancam Terus Tertunda
Gus Yani dan Bu Min saat ditetapkan oleh KPU sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Foto: Ayu/Progresnews.id.

Gresik

Sah Jadi Bupati, Gus Yani Inginkan Kolaborasi Demi Memajukan Gresik
Penyidik senior KPK menganggap pelaporan atas dirinya tidak masuk akal dan aneh, Jumat (12/2). Foto: antaranews.

Nasional

Cuitannya Meninggalnya Ustaz Maher Dilaporkan, Ini Tanggapan Novel