Home / Lamongan / Warta

Kamis, 8 April 2021 - 13:48 WIB

Masih dalam Suasana Pandemi, Kemenag Lamongan Tegas Ketatkan Prokes di Tempat Ibadah

Kemenag Lamongan kembali bakal memperketat prokes di lingkungan tempat ibadah. Foto : Ilustrasi/Istimewa

Kemenag Lamongan kembali bakal memperketat prokes di lingkungan tempat ibadah. Foto : Ilustrasi/Istimewa

Lamongan, Progresnews.id – Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan bakal perketat protokol kesehatan (Prokes) di masjid dan musala.

Hal itu dilakukan demi menjaga kesehatan umat dalam melaksanakan ibadah di samping itu untuk mengurangi akibat pandemi yang masih jadi ancaman.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Lamongan, M. Khoirul Anam mengungkapkan keutamaan menjaga kesehatan dan beribadah di bulan Ramadan itu sama pentingnya.

Kasi Bimas Kemenag Lamongan, M. Khoirul Anam. Foto : Progresnews.id/Ammy

“Sama halnya ibadah puasa, menjaga diri juga masuk dalam amalannya, jadi sudah jadi tugas kita untuk melakukan pengawasan karena kenyamanan umat penting bagi kita,” ungkapnya, Kamis (8/4).

Baca Juga:  Perihatin Nasib Warga Terdampak, Begini Aksi Kapolres Lamongan Tangani Banjir Bengawan Jero

Tata cara ibadah salat tarawih juga mulai disosialisasikan lewat Kantor Urusan Agama (KAU) di seluruh Lamongan, bahkan Anam menyebut bakal ada pembatasan jumlah jamaah tarawih.

“Menurut edaran Kemenag RI, memang benar akan dibatasi sekitar 50 persen dari jumlah kapasitas tempat ibadah (Masjid dan Musala),” terangnya.

Lebih detail, beliau mengatakan bukan hanya pengetatan namun juga akan disediakan petugas di tiap masing-masing tempat ibadah.

Baca Juga:  Usaha Turun-temurun, Pemuda Asal Lamongan Dirikan Jasa Penggilingan

“Minimal satu orang nanti dari takmir akan dijadikan petugas yang memeriksa suhu badan hingga penegakan aturan seperti mencuci tangan, dan sebagainya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama pula, Anam turut menghimbau agar dalam ibadah puasa tahun ini masyarakat lebih banyak melakukan aktifitas bersama keluarga.

“Ngabuburit di rumah saja, Bukber bersama keluarga, mungkin formula yang bagus untuk keharmonisan keluarga, kurangi berkerumun dan tetap 5M (Memakai masker, Mencucui tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas),” imbuhnya.

Share :

Editor : Adyad Ammy Iffansah

Baca Juga

Tuban

Mesin APM Permudah Warga Tuban Urus Dokumen Kependudukan
Menyanyikan lagu Ya Lal Wathon sebagai rangkaian peluncuran Gerakan Pesantren Asuh RMI PBNU, Minggu (31/10). Foto: Tangkapan Layar YouToube TV9.

Nasional

Gerakan Pesantren Asuh, Respon Kepedulian RMI PBNU Mengasuh para Yatim-Piatu

Tuban

Eks Pengurus Klenteng Tuban Jadi Tersangka Dugaan Pidana KK Ganda
Sesi foto bersama para hadirin pada Malam Puncak Hari Santri Nasional 2021 yang dilaksanakan RMI PBNU pada Jumat (22/10). Foto: Tangkapan Layar TV9.

Nasional

Kegiatan Akademik Warnai Hari Santri Nasional 2021
Eva Eryani (Warga Taman Sari) dan Deti Sopansi (Pembela HAM) menceritakan kronologi kasus penyerangan saat penggusuran rumah deret Taman Sari dalam Konferensi Pers Online PBHI.

Nasional

Kekerasan Terhadap Warga dan Pembela HAM Taman Sari, PBHI Akui Belum Ada Tindak Lanjut Atas Laporannya
Kantor PMI Lamongan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Kontrol Stok Darah Selama Ramadan, PMI Lamongan Ajak Keluarga Penerima Jadi Pendonor Darah
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Rachmat Gobel dalam acara Handover Ceremony Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Subang dan Ekspor Perdana kendaraan, Jumat (17/12). Foto: Yt Kemenhub.

Ekonomi

Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang, Wakil Ketua DPR: Optimis Dongkrak Ekspor Indonesia
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengaku siap memfasilitasi mediasi bersama Kementerian BUMN, Kamis (11/2). Foto: tangkapan layar webinar KSP Mendengar Sesi 9.

Nasional

Moeldoko Siap Fasilitasi Mediasi Nasabah Jiwasraya dengan Kementerian BUMN