Home / Nasional / Warta

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 04:40 WIB

Luar Biasa, Jaya Suprana Sebut NU Pecahkan Rekor Dunia

Perwakilan Rekor MURI Indonesia menyerahkan sertifikat Rekor MURI kepada Ketua RMI-PBNU Abdul Ghofar Rozin dengan disaksikan Ketua PBNU Said Aqil Siradj pada Malam Puncak Amanat Hari Santri 2021, Jumat (22/10).

Perwakilan Rekor MURI Indonesia menyerahkan sertifikat Rekor MURI kepada Ketua RMI-PBNU Abdul Ghofar Rozin dengan disaksikan Ketua PBNU Said Aqil Siradj pada Malam Puncak Amanat Hari Santri 2021, Jumat (22/10).

Jakarta, Progresnews.id – Upaya tanpa lelah yang dilakukan Rabithah Ma’had Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU) dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 berbuah manis.

Tidak hanya itu, antusias seluruh santri di Indonesia dalam mengikuti siaran langsung kegiatan tersebut membuat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mengganjarnya dengan sertifikat rekor MURI kategori ‘Peringatan Hari Besar Keagamaan dengan Siaran Langsung Media Terbanyak’.

“Pada peringatan Hari Santri kali ini, saya bangga sekali. Dan saya yakin arwah Gus Dur jika melihat ini juga akan bangga karena di sini adalah keluarga besar NU,” kata Ketua Umum MURI, Jaya Suprana dalam sambutannya di acara Malam Puncak Amanat Hari Santri 2021, Jumat (22/10) malam.

Baca Juga:  RMI PBNU Launching Gerakan Pesantren Asuh, Gus AMI Tekankan Semangat Gotong Royong

Penyerahan sertifikat rekor MURI itu diserahkan kepada Ketua RMI-PBNU KH Abdul Ghofar Rozin dan disaksikan langsung oleh ketua PBNU Said Aqil Siradj.

Tidak hanya itu, NU juga disebut Jaya Suprana telah memecahkan rekor dunia.

“Pada peringatan Hari santri 2021 makin semarak karena NU (tidak hanya) telah menciptakan rekor baru dan rekor Indonesia tapi rekor dunia,” ungkapnya.

Diakui oleh Jaya Suprana, acara peringatan hari besar keagamaan yang diselenggarakan oleh RMI-PBNU itu diikuti oleh lebih dari 500 media.

“Hal ini memang, karena (selain di Indonesia) di dunia belum pernah ada kegiatan hari besar keagamaan dengan siaran langsung lebih dari 500 media,” katanya.

“NU kan lembaga terbesar di dunia ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Komisi II DPR RI Evaluasi Pemilu Serentak 2020, Tito: Partisipan Menyentuh Angka 76,09%

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Gus Rozin mengatakan bahwa beberapa minggu yang akan datang, pihaknya akan meluncurkan Gerakan Pesantren Asuh.

“Ada banyak santri yang ditinggal wafat para walinya, ada banyak di luar santri juga ditinggal wafat para walinya. Kami berinisiatif untuk membuat gerakan untuk menghimpun pesantren-pesantren atau siapapun yang punya kepedulian untuk men-support para yatama di pesantren atau untuk mengajak para yatama yang belum di pesantren tetapi ditinggal oleh para orang tuanya selama pandem ini untuk belajar di pesantren,” ungkapnya.

Selain itu, pada malam puncak tersebut RMI PBNU juga meluncurkan program Beasiswa Talent Santri yang langsung dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. (*)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

73 tahun bergelut dengan Macapat, Mat Kauli diganjar Penghargaan Dewan Kesenian Jatim, Sabtu (13/11). Foto: Tangkapan Layar Youtube ATV

Tokoh

73 Tahun Bergelut Dengan Macapat, Mat Kauli Diganjar Penghargaan
Operasi Yustisi di Bundaran GKB. Foto: Nufus/Progresnews.id.

COVID-19

Operasi Yustisi Gresik Gencar Dilakukan, Satpol PP Sebut Sudah Jarang Ditemukan Pelanggar Prokes
Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani. Foto: Ditjen Pendis.

Nasional

Aturan Baru Kemenag, Mempunyai Wawasan Keberagamaan Moderat Jadi Syarat Baru Guru Madrasah Swasta
TERENDAM. Rumah warga di Dusun Medeo Desa Cermen, Kecamatan Kedamean Gresik, (7/11). Foto: Tangkapan Layar

Warta

Gotong Royong Kedaruratan, BPBD Gresik Evakuasi Warga Cermen, Tagana Dinsos Bikin Dapur Umum di Gluranploso
Tokoh Muda Panceng. Muhammad Muslih Muandar memberikan motivasi di acara Sumpah Pemuda yang digelar Karang Taruna Kecamatan Panceng, Rabu (27/10) malam. Foto: Progresnews.id

Sejarah

Momen Sumpah Pemuda, Kartar Se-Kecamatan Panceng Kumpul Ngobrol Ekonomi Kreatif
Ketua DKC Forsis Gresik, Ahmad Sodiq (Jaket Hijau). Foto: Dok. Progresnews.id.

Gresik

Peringati Hari Santri, Forsis Gresik Berharap Santri Makin Progresif dan Inspiratif

Nasional

Korea Selatan Bakal Investasi Besar-besaran di Indonesia
Program Director, Environmental Governance TAF, Lili Hasanuddin saat menghadiri Talk Show dan penandatanganan perjanjian kemitraan konservasi antara 2 Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) secara virtual, Selasa (7/12/2021).

Nasional

TAF Apresiasi Partisipasi Kelompok Perempuan Rejang Lebong dalam Mengelola Hutan