Home / COVID-19 / Nasional

Minggu, 9 Januari 2022 - 16:34 WIB

Lengkapi Vaksinasi, Pemerintah Genjot Persiapan Dosis Booster

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Jakarta, Progresnews.id – Pemerintah terus menggenjot persiapan pelaksanaan vaksinasi dosis penguat (booster) dalam upaya melengkapi proses vaksinasi Covid-19 di tengah masyarakat.

Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa dosis booster dibutuhkan agar kembali meningkatkan proteksi kekebalan seseorang yang sebelumnya telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Selain mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga tersebut, Johnny juga meminta kepada masyarakat yang belum divaksinasi untuk segera melengkapinya.

“Vaksinasi booster ini diperlukan untuk kembali meningkatkan proteksi kekebalan. Rekomendasi pemerintah, vaksinasi booster dapat dilakukan minimal 6 bulan setelah yang bersangkutan menerima vaksin dosis kedua,” kata Johnny dilansir dari situs kominfo.go.id, Sabtu (8/1).

Baca Juga:  Program PAPeDA: Ciptakan Ketahanan Pangan di Papua Melalui Budidaya Keladi

Menurut Johnny, pemerintah juga tetap menggenjot perluasan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Kita memerlukan kekebalan kelompok di seluruh tanah air. Ini harus dicapai bersama,” tutur Johnny.

Pria lulusan Universitas Katolik Atma Jaya itu menjelaskan, hal ini juga dikarenakan program vaksinasi booster akan digelar di daerah yang memiliki kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70% dan 60% untuk dosis kedua, dengan prioritas untuk masyarakat dengan usia di atas 18 tahun.

“Saat ini, 244 kabupaten/kota sudah memenuhi persyaratan tersebut. Maka dari itu, kami meminta dukungan semua pihak untuk percepatan vaksinasi di wilayah lainnya agar dapat memenuhi kriteria yang ada,” tuturnya.

Baca Juga:  Selama PPKM, Warkop dan Pusat Belanja Bakal Jadi Sasaran Patroli Penegakan Prokes

Koordinasi terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi booster serta vaksinasi anak dikakukan lintas sektoral dengan melibatkan kementerian/lembaga pemerintah serta non-pemerintah serta beberapa asosiasi terkait.

Mengenai penetapan dasar hukum pelaksanaaan vaksinasi booster yang hendak dimulai pada bulan Januari ini, pemerintah masih menunggu pertimbangan dan arahan dari Indonesian Technical Advisory Group of Immunization atau ITAGI.

Menurut Johnny, pada saat bersamaan, pemerintah tetap terus melangsungkan vaksinasi lansia dan juga vaksinasi anak 6-11 tahun.

“Vaksinasi anak tetap terus berlanjut serta berjalan baik. Para orang tua dimohon jangan ragu, mari kita lengkapi vaksinasi anak-anak kita,” ajak Johnny. (irf)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

COVID-19

Jaga Umat, Vaksinasi MUI Gresik Bersama Polda Jatim Disambut Antusias
Senior Policy Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari(LTKL) Desriko Malayu Putra dalam Podcast ke-6 TAKE Kabupaten Sigi, Selasa (26/10).

Nasional

TAKE Sigi Dorong OPD dan Desa Kolaborasi Kelola Lingkungan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara kementerian. Foto: menpan.go.id

Nasional

Perbaiki Layanan Publik, Menteri PANRB Siapkan Aturan Kerja ASN yang Fleksibel

Nasional

Tampak Menolak, Komisi II DPR RI Pertanyakan Grand Design Pemerintah Terkait ASN

Nasional

Kepantasan Dalam Menghadirkan Berita, Ini Pesan Dewan Pers
Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Disrupsi Digital". SS: Alfa Kamila.

Nasional

Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan, Dewan Pers: Wartawan Perlu Divaksin
M. Syahrul Munir DPRD Gresik saat ditemui oleh wartawan progresnews.id, Rabu 7 Oktober 2020. Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.

COVID-19

PAD Gresik Merosot, Wisata Desa Adalah Terobosan Yang Solutif
Ketua Umum BMI, Farkhan Evendi meminta agar pemerintah waspada dan mencermati secara serius setiap pergerakan China atas Laut China Selatan.

Nasional

China Bangun Pangkalan Militer di Laut Natuna, BMI Minta Pemerintah Waspada