Home / Nasional

Jumat, 20 Agustus 2021 - 05:59 WIB

Launching Pencalegan Dini, PKB Optimistis Raih 100 Kursi DPR RI 2024

Launching Pencalegan Dini, PKB Optimistis Raih 100 Kursi DPR RI 2024

Launching Pencalegan Dini, PKB Optimistis Raih 100 Kursi DPR RI 2024

JAKARTA, Progresnews.id.Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimistis bisa meraih 100 kursi DPR pada Pemilu 2024 mendatang. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan target tersebut, PKB resmi meluncurkan Program Pencalegan Dini 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, pencalegan dini ini dilakukan sebagai ikhtiar kegiatan untuk mencari bakal calon legislatif (caleg) terbaik di semua tingkatan baik DPRD II, DPRD I, dan caleg DPR RI.

”Kita sudah melakukan coaching clinic, pemetaan dapil, dan sekarang kita lakukan launching Program Pencalegan Dini. Setelah ini kita akan turun ke wilayah-wilayah, melakukan pemetaan dapil, sekaligus memulai rekrutmen caleg di tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat, ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid–saat memberikan arahan pada Pemuncuran Program Launching Pencalegan Dini di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat yang disiarkan dan diikuti secara virtual seluruh jajaran DPC dan DPW PKB se-Indonesia, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga:  Sidang Tahunan MPR Momentum Tumbuhkan Pesan Optimisme Kebangsaan

Untuk pemenuhan target 100 kursi, kata Gus Muhaimin, DPP PKB telah melakukan pemetaan dapil prioritas. Ada sedikitnya 33 dapil prioritas yang berpotensi meloloskan calegnya untuk kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam rangka ikhtiar pemenuhan program pencalegan dini, kata Gus Jazil, DPP PKB sudah menyusun jadwal untuk kita lakukan proses pencalegan dini. Pertama launching dan sosisalisasi yang dilakukan pada Agustus-September 2021. ”Setelah ini saya harap ketua DPC, DPW sudah melakukan sosialisasi dan rekrutmen caleg di semua tingkatan,” tuturnya.

Setelah itu, akan dilakukan fit and proper dan talent scouting caleg pada September-Desember 2021, dan dilanjutkan dengan pembekalan caleg pada Januari-Maret 2022. Berikutnya, mini campaign pencalegan dini pada April-Desember 2022, dan pada Februari 2023 sudah dimulai pencaftaran caleg sementara baik DPR RI maupun DPRD.

Baca Juga:  Gus Jazil Ajak Para Dai Muda Ahli Alquran Manfaatkan Medsos untuk Berdakwah

Dalam proses pencalegan dini, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi. Di antaranya, caleg harus mimiliki popularitas, jaringan yang luas, pengalaman, dan logistik untuk proses sosialisasi msing-masing caleg. ”Setelah launching ini, DPP akan turun ke DPW-DPW untuk melakukan pemetaan dapil, dan saya minta DPC dan DPW untuk sosialisasi dan rekrutmen pencalegan di wilayah masing-masing. Sebab hari ini kita sedang dalam masa pandemi sehingga kecermatan dan kecepatan menjadi penting sehingga kita tidak terlambat,” tutur Wakil Ketua MPR RI ini.

Gus Jazil meminta DPC dan DPW PKB se-Indonesia agar segera menyusun rencana strategis di provnsi dan cabang masing-masing dengan melakukan coaching clinic atau kegiatan lain. ”Jika belum terbentuk LPP, Lembaga Saksi, dan lain-lain, segera dilengkapi. Dan segera lakukan pendekatan rekrutmen kepada bakal calon potensial dari pusat, provinsi hingga cabang,” tutur Gus Jazil. (*)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Sumber Foto: situs resmi AJI.

Nasional

AJI Kritisi Upah Minimum Pekerja Media Tak Sesuai, Desak Pemerintah Batalkan UU Cipta Kerja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2). Sumber Foto: Youtube Dewan Pers.

Nasional

Hari Pers Nasional, Gubernur DKI: Pandemi Adalah Peluang Sejarah Bagi Pers
Mentri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin

Nasional

Menkes Rencanakan Sertifikat Bagi Warga yang Telah Divaksin
Naomi Marasian dalam Podcast Perspektif Beritabaru.co yang bertemakan "Perempuan dan Keberlanjutan Perhutanan Sosial" pada Selasa (23/3).

Nasional

Keberlanjutan Perhutanan Sosial, Pengelolaan Hutan Harus dikembalikan Kepada Masyarakat Adat
Ibu Sumini, ranger dari Lembaga Pengelola Hutan Kampung (LPHK) Damaran Baru Aceh, saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Nasional

Antisipasi Perambahan Liar, LPHK Damaran Baru Ajak Masyarakat Ikut Terlibat Menjaga Hutan
Jalan Nasional di Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan pada KM 36-41 saat diperbaiki. Foto: Progresnews.id/ Ammy.

Nasional

Pembangunan Jalan Nasional di Lamongan Ditarget Rampung April
Surat kuasa pelaporan dugaan penghinaan yang dilakukan oleh pemilik akun twitter @ustadzmaaher_ kepada Habib Lutfi, Foto: Twitter @muannas_alaidid

Nasional

Hina Habib Luthfi, Ustad Maheer Resmi Dilaporkan Oleh Muannas Alaidid
Sumber Foto: Situs resmi komnas perempuan.

Nasional

Komnas Perempuan Minta Pemerintah Terbitkan Aturan Perlindungan Terhadap PPHAM