Home / Warta

Selasa, 14 Desember 2021 - 21:10 WIB

Kukuhkan GPMB Gresik, Gus Yani Dukung Budaya Baca dan Literasi

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengukuhkan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Gresik periode 2021-2025. Selasa (14/12). Foto : Humas Pemkab Gresik

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengukuhkan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Gresik periode 2021-2025. Selasa (14/12). Foto : Humas Pemkab Gresik

Gresik, Progresnews.id – Mengukur sebuah kemajuan suatu bangsa salah satu indikatornya adalah minat baca. Hal ini disampaikan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Budaya Baca Dan Literasi.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Yani juga mengukuhkan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Gresik, periode 2021-2025.

GPMB sendiri merupakan institusi yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik.

Kegiatan ini yang dihadiri pula oleh Sekda Gresik Achmad Washil, Ketua GPMB Pusat Tjahud Suprajogo, Sekretaris GPMB Provinsi Jawa Timur Melkion Donald, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik Ninik Asrukin, dan Ketua GPMB Kabupaten Gresik terpilih Kriswanto Aji.

Bupati Yani berpesan dengan masifnya penggunaan internet melalui gawai, cara-cara mengembangkan minat baca masyarakat diharapkan bisa berjalan seiring dengan perkembangan zaman.

Baca Juga:  Tembus 1 Miliar, PCNU Gresik Serahkan Koin Muktamar Ke PWNU Jatim

“Kita harus benar-benar berjuang dan fokus dalam usaha peningkatan minat baca masyarakat ini, Insha Allah saudara-saudara yang sudah dilantik hari ini adalah orang-orang yang hebat,” ujar Gus Yani, Selasa (14/12) di Wahana Ekspresi Poesponegoro tempat kegiatan.

Ditambahkan, adanya pandemi Covid 19 yang melanda dunia memaksa perubahan di segala aspek yang mau tidak mau harus bisa kita imbangi jika tidak mau tertinggal.

Oleh karenanya, Bupati Yani juga berpesan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah agar membuat inovasi menghadapi tantangan yang ada.

“Kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan saya katakan harus punya terobosan untuk memudahkan masyarakat untuk mencari buku melalui perpustakaan digital misal. Sehingga masyarakat ini bisa mengakses lewat gawai,” tutupnya.

Baca Juga:  Dua Pelaku Pembunuhan Ditangkap, Polisi Gelar Olah TKP

Terakhir Bupati Yani menaruh harapan agar sinergi dengan GPMB Provinsi Jawa Timur yang sudah terjalin ini bisa terus terbangun, dan dengan dilantiknya kepengurusan GPMB ini bisa membawa progres yang bagus terhadap minat baca masyarakat Gresik karena warisan terbaik yang bisa kita berikan kepada anak cucu kita adalah kebiasaan gemar membaca.

Selain pengukuhan GPMB dan Dialog Panel, dipamerkan juga berbagai hasil produk literasi berupa produk kerajinan dari Perpustakaan Desa (Perpusdes) yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik.

Tidak ketinggalan pula unit usaha hasil dari kolaborasi dengan PT Smelting berupa kain batik serta pojok digital Gresik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. [*/dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Tindak terukur dari petugas gabungan saat operasi prokes. Foto : Ivan A/Progresnews.id.

Lamongan

Peningkatan Prokes di Lamongan, Pelanggar Dapat Sanksi hingga Wejangan dari Petugas Gabungan
EDUKASI. Koramil 0817/10 Benjeng ajak sejumlah pelajar dalam kegiatan tabur bunga dan doa kepada Pahlawan di TMP Metatu Benjeng Gresik, Rabu (10/11). Foto : Istimewa

Warta

Danramil 0817/10 Benjeng, Edukasi Pelajar Melanjutkan Jasa Pahlawan

Warta

Pulau Bawean Dirintis Jadi Pulau Pusat Pendidikan Bahasa
Bakti karya yang dilakukan Koramil 0812/09 Mantup bersama warga sekitar, Kamis (11/2). Foto: Ammy

Lamongan

Mewakili Perjuangan Warga Lamongan, Ini yang di Lakukan TNI di Tugu Mayangkara

Lamongan

3 Tanggul Air di Lamongan Jebol, TNI dan Polri Bantu Warga Lakukan Perbaikan Secara Swadaya
Banjir Sidomulyo, Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Lamongan. (Foto: Istimewa)

Lamongan

Vaksinasi Calon Jamaah Haji, Kemenag Lamongan: Belum Ada Tindak Lanjut
Museum Virtual Masmundari.

Gresik

Yayasan Gang Sebelah dan Kemendikbud Ristek Rilis Museum Virtual Masmundari
Peta BMKG terkait Gempa Bumi di 42 Km Barat Daya Jember Jawa Timur. Foto: BMKG.

Nasional

Gempa 5,1 Magnitudo di Jember baru saja terjadi, Berikut keterangan BMKG