Home / Nasional / Warta

Rabu, 17 November 2021 - 05:40 WIB

KOPSI 2021, Kemendikbud Pilih 175 Naskah Penelitian Terbaik Siswa SMA

Plt. Deputi Bidang SDM Iptek - Brin, Edy Giri Rachman Putra saat memberi sambutan dalam Pembukaan Kompetisi Penelitian Siswa Nasional (KopSI)

Plt. Deputi Bidang SDM Iptek - Brin, Edy Giri Rachman Putra saat memberi sambutan dalam Pembukaan Kompetisi Penelitian Siswa Nasional (KopSI)

Bandung, Progresnews.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah resmi membuka dan mengawali jalannya Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2021 tingkat SMA sederajat, yang akan berlangsung 16-20 November 2021, Selasa (16/11).

Melansir dari situs resmi Kemendikbud, diketahui jumlah naskah penelitian yang telah masuk adalah 2.377 proposal. Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi hingga menyisakan sedikitnya 175 naskah terbaik. Kompetisi ini diikuti oleh 372 siswa dari 98 SMA, 26 MA, dan satu sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Jeddah.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri dalam sambutannya mengatakan bahwa riset dan penelitian sangat dibutuhkan di dunia pendidikan. Menurutnya, dengan adanya penelitian nantinya akan bisa menyelesaikannya permasalahan ilmiah yang ada.

Baca Juga:  Ratusan Layang-layang Naga Meliuk di Langit Balongpanggang

“Manusia harus mencari pengetahuan-pengetahuan baru, mencari wawasan baru agar hidup lebih baik dengan melakukan riset dan penelitian,” imbuhnya.

Menurut Jumeri, dengan adanya kompetisi ini akan membuat pelajar mampu berpikir kritis dalam melihat sebuah permasalahan. Apapun masalah yang ada di hadapannya, haruslah diianggap sebagai sebuah tantangan, dan kemudian tergugah untuk mencari jalan keluar dengan basis data dan analisis.

“KoPSI menjadi langkah awal untuk siswa dalam mengumpulkan kekuatan ilmu pengetahuan untuk dapat merespon, mengatasi, dan menanggulangi permasalahan yang ada secara ilmiah,” tambahnya.

Baca Juga:  Lantik Sembilan Pejabat, Bupati Gresik Harapkan Orkestrasi dan Akselerasi

Senada dengan Jumeri, Pelaksana Tugas (plt.) Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edy Giri Rachman Putra mengatakan bahwa penilitian riset bukan saja soal adu kreatifitas, namun juga membentu pola pikir.

“Peneliti harus selalu mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta menimbang berbagai hal secara objektif berdasarkan data dan analisis akal sehat, peneliti tidak memasukkan keinginannya sendiri ke dalam data, dan peneliti harus bersedia memberikan bukti penelitian dan siap menerima pendapat pihak lain tentang hasil penelitiannya,” jelasnya.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Menkominfo Dorong Tata Kelola, Standarisasi Telekomunikasi dan Perlindungan Data Pribadi
Kurniawansyah Effendi Kepala Subbagian Tata Usaha BPHP Wilayah II Pekanbaru dan Sarah Monica dalam Podcast seri ke-6, Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik, Perempuan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan, Senin (17/1).

Nasional

Tak Hanya Berani, Pengarusutamaan Gender Juga Butuh Inisiatif
Analis Kebijakan di Setda Provinsi Papua, Martha Mandosir saat menjadi pemateri dalam diskusi Seri Podcast 1 yang bertajuk ‘Perempuan Hutan Lestari di tanah Papua’, Rabu (25/8).

Nasional

Inisiatif Perempuan Papua dalam Menjaga Hutan Tetap Lestari
Gus Yaqut saat mengikuti Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021, Rabu (20/10).

Nasional

Hari Santri Nasional 2021, Gus Yaqut Ingin Santri Tidak Memaknai Ekonomi Sebagai Proposal Saja
DPRD Gresik menandatangani Pakta Integritas yang menolak disahkannya UU Ciptaker, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Nasional

DPRD Gresik Sepakat Tolak UU Ciptaker
Pelepasan Umrah perdana oleh Dubes Saudi Arabia dan DPP AMPHURI, pada Ahad (1/11/2020), Foto: amphuri.org

Nasional

Umrah Perdana di Masa Pandemi, Sekjend Amphuri: Lebih Banyak Berasal dari PPIU

COVID-19

Jaga Umat, Vaksinasi MUI Gresik Bersama Polda Jatim Disambut Antusias
Direktur Museum Masmundari, Hidayatun Nikmah sebagai salah satu penggagas Museum Masmundari.

Gresik

Museum Masmundari, Sumbangsih Perempuan Memberikan ‘Warna’ dalam Kebudayaan Gresik