Home / Seremonia / Tuban

Rabu, 30 Desember 2020 - 18:56 WIB

Konferensi Pers Jelang Akhir Tahun, Kapolres Tuban: Dibandingkan 2019, Tahun 2020 Kejahatan Cenderung Menurun

Suasana konferensi pers akhir tahun Polres Tuban bersama sejumlah awak media. Foto: progresnews.id/ans

Suasana konferensi pers akhir tahun Polres Tuban bersama sejumlah awak media. Foto: progresnews.id/ans

Tuban, Progresnews.id – Di penghujung tahun 2020, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono bersama Jajaran Pejabat Utama (PJU) Polres Tuban menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun, Rabu (30/12).

Acara konferensi pers yang digelar di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban ini juga diramaikan oleh puluhan awak media dari berbagai media elektronik, cetak maupun online.

Konferensi pers diawali dengan pemberian reward dan punishment dari Kapolres Tuban terhadap anggota dan masyarakat. Untuk tahun 2020, 4 personel dan 15 orang sipil mendapatkan reward karena telah membantu tugas dari kepolisian, sementara itu 7 personel mendapatkan punishment.

Kapolres Tuban juga membeberkan data kejahatan yang cenderung menurun di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 jumlah kasus kriminal mencapai 420 kasus, sementara pada 2020 turun menjadi 366 kasus dengan rincian penipuan 66 kasus, pencurian dengan pemberatan 46 kasus, curanmor 32 kasus, pencurian biasa 27 kasus dan judi 20 kasus.

Baca Juga:  Kenali Paslon, Lapas Klas IIB Tuban Gelar Nobar Debat Kandidat

Dalam konferensi pers tersebut dijelaskan, ada tiga kasus yang paling menonjol, yang pertama yakni kasus dugaan pembunuhan circa bulan Januari di Desa Manjung, Kecamatan Montong yang dihentikan karena ada dugaan korban menderita gangguan jiwa.

Kedua, kasus pembunuhan pada bulan Juni 2020 di Dsn Jamong, Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo, dan terakhir Kasus Tipikor BPNT yang melibatkan Sekretaris Desa Cepokorejo Kecamatan Palang dan sudah dilimpahkan ke Kejari Tuban.

Baca Juga:  Mabuk Toak, Pria Asal Lamongan Tewas Setelah Seruduk Pengendara Lain Yang Berbeda Jalur

Saat ditanya awak media terkait kasus dugaan pembunuhan warga Jawa Tengah di Kecamatan Rengel, Kapolres Tuban mengaku pihaknya akan melakukan pembongkaran makam.

“Akan dilaksanakan pembongkaran makam, nanti akan dilaksanakan otopsi karena dari pihak keluarga ada yang tidak terima,” terang Ruruh.

Sementara itu, terkait dengan faktor pemicu penurunan angka kecelakaan, Kasat Lantas AKP Argo Budi Sarwono menjelaskan bahwa penurunan disebabkan oleh beberapa aspek.

“Ada beberapa aspek antara lain aspek preventif dan represif serta faktor lainnya, yakni larangan mudik pada saat lebaran yang mengurangi mobilitas kendaraan sehingga angka kecelakaan menurun,” tutupnya.

Editor: Elsalim

Share :

Editor : Alfan Niam Sofi

Baca Juga

Militer

Pangdam V Brawijaya Sampaikan Apresiasi Sinergitas Forkopimda Tuban

COVID-19

Tak Terapkan PPKM, Satgas Covid-19 Tuban Minta Masyarakat Patuhi Prokes

Tuban

Molor Sebulan, Jembatan Cincin Lama Kembali Dibuka

Bojonegoro

Rektor UNUGIRI Bojonegoro Resmi Dilantik Oleh Ketum PBNU
MWC NU Balongpanggang bagi-bagi sembako

Gresik

Kembali Terendam Banjir, MWC NU Balongpanggang Bagi-bagi Sembako
Duta Petani Milenial Papua Fidel Pepuho Tokoro saat menjadi pembicara pada Festival Petani Milenial dengan tajuk “Optimalisasi Peran Petani Milenial”, Senin (25/10).

Nasional

Duta Petani Milenial Papua Dorong Anak Muda Kembangkan Potensi Pertanian Lokal
Forum webinar dengan pembahasan Seni Thak-Thakan dari Desa Kenanti yang diikuti oleh Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang, Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Hiburan

Seni Thak-Thakan dari Tambakboyo yang Menyita Perhatian Budayawan Malang
Triono Hadi saat menjadi pembicara pada Festival EFT Seri Focus Group Discussion (FGD), Senin (15/11).

Nasional

Skema EFT Dapat Dikembangkan Melalui Pendanaan Privat Sektor, Ini Penjelasan FITRA Riau