Home / Nasional / Warta

Selasa, 16 Februari 2021 - 20:28 WIB

Komisi III Sambut Baik Langkah Restorative Justice ala Kapolri Sigit

Reporter : Alfan Niam Sofi

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menyambut baik langkah Kapolri Listyo Sigit untuk lebih selektif dalam merespons pelaporan terkait UU ITE, Selasa (16/2). Foto: dpr.go.id

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menyambut baik langkah Kapolri Listyo Sigit untuk lebih selektif dalam merespons pelaporan terkait UU ITE, Selasa (16/2). Foto: dpr.go.id

Jakarta, Progresnews.id – Dalam rapat pimpinan TNI-Polri, Presiden Jokowi berpesan kepada Polri untuk lebih selektif dalam merespons pelanggaran yang berkaitan dengan UU ITE. Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam pertemuan tersebut telah berjanji untuk mengevaluasi pelaporan yang berkaitan dengan UU ITE.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengaku senang dengan keinginan Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang akan mengutamakan Restorative Justice dalam upaya penegakan hukum yang berkaitan dengan pasal karet dalam UU ITE.

“Terkait UU ITE, saya apresiasi janji Pak Kapolri yang akan lebih mengedepankan restorative justice dalam menegakkan huku terkait dengan UU ITE. Ini niat yang baik, namun tentunya akan kami kawal terus pelaksanaannya,” terang Sahroni, dikutip dari Kumparan, Selasa (16/2).

Baca Juga:  Bea Materai Rp10.000 Bakal Resmi Berlaku di Tahun 2021

Sahroni secara terbuka akan menagih janji Kapolri yang berjanji akan lebih selektif dalam penggunaan UU ITE. Pasalnya, Polri diharapkan berhati-hati dalam penggunaan UU ITE, karena sudah banyak pengkritik yang harus berakhir dengan pelaporan ke aparat penegak hukum.

“Jadi polisi juga harus sangat berhati-hati dalam menggunakan pasal dalam UU ITE, agar jangan yang terjadi malah pembungkaman atas aspirasi masyarakat,” tambah Sahroni.

Baca Juga:  Resmi Diperkenalkan, MPP Lamongan Tawarkan Sejumlah Kemudahan

Saat menghadiri Rapat Pimpinan TNI-Polri di Istana Negara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengaku siap dengan permintaan Presiden Jokowi yang menginginkan Polri lebih selektif dalam merespons laporan yang menggunakan UU ITE.

“Masalah UU ITE juga menjadi catatan untuk ke depan, betul-betul kita bisa laksanakan penegakan hukum secara selektif dengan mengedepankan edukasi, mengedepankan sifat persuasi. Dan kemudian kita upayakan untuk langkah-langkah yang bersifat restorative justice,” papar Sigit, Senin (15/2).

Share :

Baca Juga

Underpass Gresik di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Gresik

Proses Lelang, Pembangunan Tahap Kedua Underpass Gresik Dianggarkan 7 Milyar
Komjen Listyo Sigit Prabowo

Militer

Diajukan Sebagai Calon Tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo Dinilai Mampu Salip 3 Jenderal Terbaik
Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Melihat Ganasnya Aktivitas Penambangan di Zona Wisata Yang Rugikan Lamongan
Presiden Joko Widodo

Ekonomi

Meski Beberapa Sektor Mampu Bertahan Saat Pandemi, Jokowi Sebut Komoditas Impor Masih Mendominasi
Keadaan jalan rusak di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Lamongan yang sempat di perbaiki pertengahan Januari Lalu.

Lamongan

Belum Genap Sebulan diperbaiki, Jalan Poros Kecamatan Sukodadi – Pucangro Kembali Rusak Parah
DPRD Gresik menandatangani Pakta Integritas yang menolak disahkannya UU Ciptaker, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Nasional

DPRD Gresik Sepakat Tolak UU Ciptaker
Kapolres Lamongan didampingi Kasreskoba dan Kasubag Humas, saat menunjukan pelaku penyalagunaan narkoba.

Lamongan

Prihatin!!, Kasus Penyalagunaan Narkotika di Lamongan Libatkan Anak di Bawah Umur
Bupati Lamongan,Yuhronur Efendi seusai vaksinasi di SMPN 1 Lamongan, Senin (1/3).

Lamongan

Penuntasan Banjir Lamongan Jadi Prioritas Bupati Yuhronur