Home / Nasional / Warta

Senin, 15 Februari 2021 - 18:29 WIB

Ketahanan Menghadapi Infodemi, Elin: Media Memang Bersaing, Tapi Soal Cek Fakta Mereka Saling Mendukung

Reporter : Alfa Kamila - Telah dibaca 589 kali

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series "Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi", pada Senin (15/2).

Jakarta, Progresnews.id – Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com mengatakan bahwa memang para media selalu bersaing dalam menjalankan tugasnya, tapi perihal cek fakta, semua akan sepakat dan saling menyokong satu sama lain.

“Meskipun bersaing, Indonesia kolaborasinya sangat kuat untuk melawan hoaks,” ujarnya saat menjadi pembicara di Webinar Series “Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi” pada hari Senin (15/2).

Elin menceritakan ketika dulu adanya cek fakta ini belum sepopuler sekarang, semua media terlepas dari persaingannya akan saling menguatkan diri, karena menjadi fact checker tentu tidak mudah dan banyak musuh di luar sana.

Baca Juga:  Sebar Hoaks Kasdim Gresik Meninggal Usai Divaksin, Pria 44 Tahun Ditangkap

Tak hanya soal fact checker, banyaknya jurnalis yang mengalami doxing juga membuat rasa solidaritas antar media semakin tinggi.

“Teman-teman lain selalu mendukung jika ada yang mengalami doxing, bahkan dari media lain juga turut memberi dukungannya,” tambahnya.

Perihal beredarnya hoaks, Elin mengakui bahwa hoaks bukan sesuatu yang mudah dimusnahkan. Hoaks terus berputar mengikuti dan berubah seiring berjalannya waktu, bahkan saat peristiwa bencana alam pun tak luput dari beredarnya hoaks.

Baca Juga:  Muncul Berita Hoax Kasdim 0817 Meninggal, Ketua Formagam Gresik Ingatkan Jangan Terpedaya Berita Bohong

Seringkali terjadi, lanjut Elin, hoaks beredar dari grup WhatsApp keluarga. Hal inilah yang kemudian menjadi tombak lahirnya Komunitas Pegiat Cek Fakta. Semua yang tergabung dalam komunitas ini akan saling mengirim informasi yang didapatnya dari grup WhatsApp keluarga, kemudian langsung akan diverifikasi ke media mereka atau media lain.

“Selain itu, yang jadi tantangan berat adalah jumlah fact checker dan jurnalis tidak sebanding dengan banyaknya berita hoaks yang beredar,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Nenek di Widang Kesulitan Beli Beras Usai Dicoret Dari KPM BPNT
Penyerahan suplemen dari perwakilan SD Muhammadiyah 1 GKB kepada Petugas Operasi Yustisi yang bertempat di GKB, Senin (18/1). Foto: Nufus/Progresnews.id.

Gresik

SD Muhammadiyah 1 GKB Bagikan Suplemen

Militer

HUT Satpam ke-40, Polres Tuban Gelar Tasyakuran
Jajaran perwakilan Komis D saat sesi pertemuan dengan Dinkes dan UPT Kesehatan Kalitengah. Foto: Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Panggil UPT Puskesmas Kalitengah, Komisi D DPRD Lamongan Tekankan Pelayanan Kesehatan Lebih Humanis
Calon jamaah haji. Foto: Kemenag.

Lamongan

Berangkat 15 Juni 2021, Calon Jamaah Haji Asal Lamongan Bakal Divaksin

Hukum dan Kebijakan

KPK Tetapkan 7 Orang Tersangka Termasuk Menteri KKP Edhy Prabowo
Menteri Perdagangan, Agus Gumiwang menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menyetujui rencana relaksasi penjualan barang mewah sepanjang tahun 2021, Sabtu (13/2). Foto: kompastv.

Ekonomi

PPnBM Dihapus, Beli Mobil Baru Dapat Banyak Diskon
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus mengungkapkan calon tunggal pilkada serentak merusak keutuhan demokrasi

Nasional

Formappi Pernyatakan Calon Tunggal Pilkada Serentak Bisa Merusak Demokrasi