Home / Nasional / Warta

Senin, 15 Februari 2021 - 18:29 WIB

Ketahanan Menghadapi Infodemi, Elin: Media Memang Bersaing, Tapi Soal Cek Fakta Mereka Saling Mendukung

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series "Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi", pada Senin (15/2).

Jakarta, Progresnews.id – Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com mengatakan bahwa memang para media selalu bersaing dalam menjalankan tugasnya, tapi perihal cek fakta, semua akan sepakat dan saling menyokong satu sama lain.

“Meskipun bersaing, Indonesia kolaborasinya sangat kuat untuk melawan hoaks,” ujarnya saat menjadi pembicara di Webinar Series “Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi” pada hari Senin (15/2).

Elin menceritakan ketika dulu adanya cek fakta ini belum sepopuler sekarang, semua media terlepas dari persaingannya akan saling menguatkan diri, karena menjadi fact checker tentu tidak mudah dan banyak musuh di luar sana.

Baca Juga:  Atas Perintah Kiai, Gus Muhaimin Percaya Diri Maju di Pilpres 2024!

Tak hanya soal fact checker, banyaknya jurnalis yang mengalami doxing juga membuat rasa solidaritas antar media semakin tinggi.

“Teman-teman lain selalu mendukung jika ada yang mengalami doxing, bahkan dari media lain juga turut memberi dukungannya,” tambahnya.

Perihal beredarnya hoaks, Elin mengakui bahwa hoaks bukan sesuatu yang mudah dimusnahkan. Hoaks terus berputar mengikuti dan berubah seiring berjalannya waktu, bahkan saat peristiwa bencana alam pun tak luput dari beredarnya hoaks.

Baca Juga:  Breaking News! Jembatan Desa di Benjeng Ambruk

Seringkali terjadi, lanjut Elin, hoaks beredar dari grup WhatsApp keluarga. Hal inilah yang kemudian menjadi tombak lahirnya Komunitas Pegiat Cek Fakta. Semua yang tergabung dalam komunitas ini akan saling mengirim informasi yang didapatnya dari grup WhatsApp keluarga, kemudian langsung akan diverifikasi ke media mereka atau media lain.

“Selain itu, yang jadi tantangan berat adalah jumlah fact checker dan jurnalis tidak sebanding dengan banyaknya berita hoaks yang beredar,” imbuhnya.

Share :

Editor : Alfa Kamila

Baca Juga

BPBD dan Warga Desa Kramat baksos membersihkan sungai, Minggu (31/1).

Warta

Normalkan Aliran Sungai, BPBD dan Warga Desa Kramat Baksos Bersihkan Sungai
Diki Alamsyah saat mengisi Seminar Literasi yang diadakan oleh HMPS Pendidikan Bahasa Arab di Auditorium STAI At-Tanwir, Sabtu (11/4).

Bojonegoro

HMPS PBA STAI At-Tanwir Adakan Seminar Literasi
Motor antik buatan Inggris merk Royal Enfield bersama anggota MACI Gresik melihat renovasi musala Darus Sa'adah, Manyar, Gresik.

Gresik

Inspiratif, MACI Gresik Lelang Motor Antik Untuk Renovasi Musala
Calon jamaah haji. Foto: Kemenag.

Lamongan

Berangkat 15 Juni 2021, Calon Jamaah Haji Asal Lamongan Bakal Divaksin
Foto: Twitter Sekretaris Kabinet.

Nasional

Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021
Moch. Chusnan Ali saat menyerahkan Koin Muktamar kepada PW Laziz NU Jatim pada Senin (22/11). Foto: Handout Progresnews.id.

Gresik

Tembus 1 Miliar, PCNU Gresik Serahkan Koin Muktamar Ke PWNU Jatim
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan arahan dalam Rakor Anev Itwasum Polri di Yogyakarta, Jum'at 17 Desember 2021. Foto: Humas Polri.

Nasional

Ramai Tagar #PercumaLaporPolisi, Kapolri: Kami Akan Evaluasi
Plt. Deputi Bidang SDM Iptek - Brin, Edy Giri Rachman Putra saat memberi sambutan dalam Pembukaan Kompetisi Penelitian Siswa Nasional (KopSI)

Nasional

KOPSI 2021, Kemendikbud Pilih 175 Naskah Penelitian Terbaik Siswa SMA