Home / Nasional / Warta

Senin, 15 Februari 2021 - 18:29 WIB

Ketahanan Menghadapi Infodemi, Elin: Media Memang Bersaing, Tapi Soal Cek Fakta Mereka Saling Mendukung

Reporter : Alfa Kamila

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series

Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com dalam Webinar Series "Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi", pada Senin (15/2).

Jakarta, Progresnews.id – Elin Yunita Kristanti, Wapemred Liputan6.com mengatakan bahwa memang para media selalu bersaing dalam menjalankan tugasnya, tapi perihal cek fakta, semua akan sepakat dan saling menyokong satu sama lain.

“Meskipun bersaing, Indonesia kolaborasinya sangat kuat untuk melawan hoaks,” ujarnya saat menjadi pembicara di Webinar Series “Membangun Ketahanan Komunitas, Menghadapi Infodemi” pada hari Senin (15/2).

Elin menceritakan ketika dulu adanya cek fakta ini belum sepopuler sekarang, semua media terlepas dari persaingannya akan saling menguatkan diri, karena menjadi fact checker tentu tidak mudah dan banyak musuh di luar sana.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

Tak hanya soal fact checker, banyaknya jurnalis yang mengalami doxing juga membuat rasa solidaritas antar media semakin tinggi.

“Teman-teman lain selalu mendukung jika ada yang mengalami doxing, bahkan dari media lain juga turut memberi dukungannya,” tambahnya.

Perihal beredarnya hoaks, Elin mengakui bahwa hoaks bukan sesuatu yang mudah dimusnahkan. Hoaks terus berputar mengikuti dan berubah seiring berjalannya waktu, bahkan saat peristiwa bencana alam pun tak luput dari beredarnya hoaks.

Baca Juga:  100 Cabang Hypermart Asal Arab Bakal Ramaikan Dunia Ritel di Indonesia

Seringkali terjadi, lanjut Elin, hoaks beredar dari grup WhatsApp keluarga. Hal inilah yang kemudian menjadi tombak lahirnya Komunitas Pegiat Cek Fakta. Semua yang tergabung dalam komunitas ini akan saling mengirim informasi yang didapatnya dari grup WhatsApp keluarga, kemudian langsung akan diverifikasi ke media mereka atau media lain.

“Selain itu, yang jadi tantangan berat adalah jumlah fact checker dan jurnalis tidak sebanding dengan banyaknya berita hoaks yang beredar,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

DPRD Gresik menandatangani Pakta Integritas yang menolak disahkannya UU Ciptaker, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Nasional

DPRD Gresik Sepakat Tolak UU Ciptaker
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dalam refleksi Hari Santri 22 Oktober mendorong Semangat Untuk Mewujudkan Negeri Adil Makmur Diridhoi Allah, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofu. Foto: Nasional Tempo.

Nasional

Refleksi Hari Santri 22 Oktober, Gus Jazil: Semangat Untuk Mewujudkan Negeri Adil Makmur Diridhoi Allah
BNN Kabupaten Gresik

Gresik

Dua Remaja Diingkus BNNK Gresik, Petugas Sita Seberat 7,7 gram Sabu
Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana didampingi Kasat Reskrim AKP Yoan saat menunjukan barang bukti kasus pencabulan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Setubuhi Anak Usia 8 Tahun, Tersangka Mengaku Hiperseksual

Nasional

Kepantasan Dalam Menghadirkan Berita, Ini Pesan Dewan Pers
Wakil Sekjen DPN Bintang Muda Indonesia Aditiya Utama. Foto: FEB/Progresnews.id.

Nasional

BMI Minta KPK Juga Tangkap Kader PDIP di Kasus Eddy Prabowo
Logo agenda kegiatan peringatan Bulan Bung Karno. Foto: Istimewa

Lamongan

Semarak Bulan Bung Karno, GMNI Lamongan Adakan Kegiatan Monumental, Libatkan Pelajar dan Warga
Ibu Sumini, ranger dari Lembaga Pengelola Hutan Kampung (LPHK) Damaran Baru Aceh, saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Nasional

Antisipasi Perambahan Liar, LPHK Damaran Baru Ajak Masyarakat Ikut Terlibat Menjaga Hutan