Home / Nasional / Pendidikan

Sabtu, 14 November 2020 - 15:22 WIB

Kemenkeu Tempatkan 1.014 Mahasiswa Lulusan PKN STAN di Kementrian, Lembaga dan Pemda

Reporter : Ayu Fatmatuz Zahroh

Kemenkeu Tempatkan 1.014 Mahasiswa Lulusan PKN STAN di Kementrian, Lembaga dan Pemda

Kemenkeu Tempatkan 1.014 Mahasiswa Lulusan PKN STAN di Kementrian, Lembaga dan Pemda

Jakarta, Progresnews.id – Sebanyak 1.014 dari 2.447 mahasiswa lulusan Politeknik Keuangan Negeri Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) akan ditempatkan di berbagai Kementrian dan Lembaga (K/L) dan Pemda. Hal ini resmi digiatkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama 54 kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah (pemda) yang menandatangani nota kesepahaman penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Dari 1.014 mahasiswa yang lulus, 674 diantaranya bakal ditempatkan di 41 K/L, sementara 367 mahasiswa lulusan lainnya akan ditempatkan di 13 Pemda.

“Kami berharap kiranya para lulusan PKN STAN bisa memberikan kontribusi nyata bagi percepatan perbaikan pengelolaan keuangan baik di K/L maupun di pemda,” tutur Sekjen Kemenkeu Hadiyanto, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga:  Webinar “Mewujudkan Pedoman Berita Ramah Penyandang Disabilitas”, Ketua Dewan Pers: Pers Adalah Memungkinkan yang Tidak Mungkin

Tahun ini, terdapat sebanyak 24 instansi baru yang mendapatkan alokasi penempatan lulusan PKN STAN antara lain Kepolisian Republik Indonesia, 10 Pemda Provinsi, dua Pemda Kabupaten, dan satu Pemerintah Kota.

Lebih lanjut Hadiyanto memastikan, jika lulusan PKN STAN merupakan calon aparatur sipil negara (ASN) terbaik. Pasalnya, lulusan PKN STAN telah mampu bersaing secara ketat dan mampu menyisihkan banyak pesaing ketika mendaftar pada PKN STAN. Rata-rata setiap tahun jumlah pendaftar pada STAN mencapai 120.000 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Terdapat beberapa poin kekuatan lulusan STAN antara lain mereka memiliki kompetensi teknis yang baik mengenai keuangan negara, menyelesaikan tugas tepat waktu, ramah, sopan dan melayani,” ungkapnya.

Baca Juga:  Harumkan Nama Lamongan, Unisla Kembali Torehkan Prestasi

Skor hasil evaluasi tingkat kepuasan keinerja pegawai lulusan STAN pada 2019 meningkat menjadi 4.23. yang sebelumnya di 2018 skor tersebut mencapau 4.19. Hal tersebut tentu saja menunjukkan penempatan lulusan STAN pada K/L telah mampu memenuhi ekspektasi kinerja yang diharapkan oleh K/L.

“Dengan implementasi kebijakan leaders factory di bidang keuangan negara, direncanakan 2021 dan 2022 akan lebih banyak lulusan STAN yang dialokasikan. Mudah-mudahan hal ini akan mempercepat pemenuhan kebutuhan akan pengelola keuangan negara di K/L dan Pemda,” harap Hadiyanto.

Editor : Rifqi

Share :

Baca Juga

Gus Yaqut mengharap masyarakat tak mudah melabeli seseorang radikal, Minggu (14/2). Foto: instagram.com/@gusyaqut.

Nasional

Komentari Pelaporan Din Syamsuddin, Gus Yaqut: Jangan Gegabah Menilai Seseorang
Eva Eryani (Warga Taman Sari) dan Deti Sopansi (Pembela HAM) menceritakan kronologi kasus penyerangan saat penggusuran rumah deret Taman Sari dalam Konferensi Pers Online PBHI.

Nasional

Kekerasan Terhadap Warga dan Pembela HAM Taman Sari, PBHI Akui Belum Ada Tindak Lanjut Atas Laporannya
Polri Siagakan 192.168 Personel untuk Amankan Pilkada Serentak 2020

Nasional

Polri Siagakan 192.168 Personel untuk Amankan Pilkada Serentak 2020
Video conference Ketua MUI, KH. Cholil Nafis dengan Hersubeno Arief membahas buzzer yang meresahkan masyarakat. Sumber: kanal YouTube Hersubeno Point.

Nasional

Buzzer Biang Keresahan, MUI: Buzzer Pemakan Bangkai
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Ratna Kawuri dalam kunjungan virtual ke Semarang pada Selasa (9/3).

Nasional

Bahas Potensi dan Investasi Bisnis, Uni Eropa Adakan Kunjungan Virtual Bersama Pemda Semarang

Hiburan

IHIK3 Rilis Gratis “Kitab Humor” Pertama di Indonesia Setebal 800 Halaman
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menyambut baik langkah Kapolri Listyo Sigit untuk lebih selektif dalam merespons pelaporan terkait UU ITE, Selasa (16/2). Foto: dpr.go.id

Nasional

Komisi III Sambut Baik Langkah Restorative Justice ala Kapolri Sigit

Nasional

Peringati Hari HAM Sedunia, Jokowi keluarkan 6 Pernyataan