Home / Nasional / Warta

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:48 WIB

Kemendikbud Tingkatkan Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4)

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam Webinar Peningkatan Program Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4) pada Selasa (16/2), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Diksi menyampaikan persyaratan yang harus dicapai oleh para Perguruan Tinggi Vokasi.

Beberapa syarat untuk bisa meningkatkan D3 menjadi D4 adalah PTV memiliki Program D-3 terakreditasi minimal peringkat B atau baik sekali serta memiliki kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). PTV juga diharuskan untuk mempersiapkan kerja sama dengan DUDI, mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kurikulum yang kolaboratif dengan DUDI, serta regulasi akademik yang mendukung, sesuai aturan dari Dirjen Diksi.

Selain itu, Wikan Sakarinto Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) menyampaikan, untuk penguatan D3 menjadi D4 harus dilakukan bersamaan dentan DUDI dengan Skema Taut Suai (link and match) 8 + i.

Baca Juga:  Revisi RUU MK Menuai Banyak Kritik Hingga Pengesahannya

“Harus mencakup kurikulum yang disusun bersama dan berstandar DUDI; sertifikasi kompetensi guru, dosen, dan peserta didik yang sesuai standar dan kebutuhan DUDI; project based learning; menghadirkan ahli dari industri secara rutin untuk mengajar; dan seterusnya,” imbuhnya, dikutip dari laman kemendikbud.go.id.

Hal ini merupakan kesempatan besar bagi pada PTV untuk bisa meningkatkan Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan, dengan berkoordinasi dengan pemangku industri. Menurutnya ini merujuk pada Permendikbud No.128 Tahun 2019 tentang Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto atas Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan, dan/atau Pembelajaran dalam rangka Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Tertentu.

Baca Juga:  Tim Pengacara Ancam Walkout Jika Gus Nur tak Dihadirkan

Lebih lanjut, dari Tim Pakar Pengembangan Kelembagaan Vokasi, Suhendrik Hanwar, jika PTV sudah mengantongi izin peningkatan D3 menjadi D4, maka nantinya akreditasi prodi keduanya akan menjadi sama. Dan apabila sudah memenuhi syarat keseluruhan setelah pengajuan, maka Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan melakukan pengawasan.

“Keuntungan program ini adalah peringkat akreditasi boleh jadi tetap, apabila prodi yang diusulkan peringkat akreditasinya A, dan kalau memenuhi syarat, D-4-nya berakreditasi A. Kalau ada yang di bawah itu, akan disesuaikan oleh BAN-PT dalam waktu tertentu, agar akreditasinya dapat sama dengan prodi sebelumnya. Kita tetap berharap, antara akreditasi D-3 dengan D-4 sama,” ujarnya.

Share :

Editor : Alfa Kamila

Baca Juga

Agusty Hadi Widarto, Humas PN Lamongan sekaligus salah satu Hakim di PN Lamongan.

Lamongan

Hakim PN Lamongan Beberkan Kasus Perselingkuhan Oknum Kades Karangwedoro
Suasana penjual ikan air tawar di Pasar Ikan Lamongan.

Lamongan

Diakibatkan Banjir, Ketersediaan Ikan Air Tawar di Pasar Ikan Lamongan Menurun
Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil saat menjadi pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Nasional

Bupati Jayapura dan Bupati Fakfak Dukung Pengembangan UMKM
Gerilya Vaksinasi di Lamongan Dinilai Efektif

Lamongan

Gerilya Vaksinasi di Lamongan Dinilai Efektif

Nasional

Menhub Sosialisasikan Kemudahan Perizinan dengan “Si Andalan”
BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Film

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran
Penyanyi Indonesia Idol, Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay mempromosikan produk Papua saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Nasional

Nowela Ajak Masyarakat Promosikan Produk Papua
Gus Yani saat mengikuti dialog bertajuk "Petani Di Persimpangan Jalan (Antara Godaan Alih Fungsi Lahan dan Minimnya Kesejahteraan)"

Gresik

Dilema Alih Fungsi Lahan Pertanian, Forkot Ajak Dialog Pemerintah Bahas Solusi