Home / Nasional / Warta

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:48 WIB

Kemendikbud Tingkatkan Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4)

Reporter : Alfa Kamila

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam Webinar Peningkatan Program Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4) pada Selasa (16/2), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Diksi menyampaikan persyaratan yang harus dicapai oleh para Perguruan Tinggi Vokasi.

Beberapa syarat untuk bisa meningkatkan D3 menjadi D4 adalah PTV memiliki Program D-3 terakreditasi minimal peringkat B atau baik sekali serta memiliki kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). PTV juga diharuskan untuk mempersiapkan kerja sama dengan DUDI, mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kurikulum yang kolaboratif dengan DUDI, serta regulasi akademik yang mendukung, sesuai aturan dari Dirjen Diksi.

Selain itu, Wikan Sakarinto Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) menyampaikan, untuk penguatan D3 menjadi D4 harus dilakukan bersamaan dentan DUDI dengan Skema Taut Suai (link and match) 8 + i.

Baca Juga:  Pembangunan Hijau, Empat Langkah Global Jokowi Tangani Dampak Perubahan Iklim

“Harus mencakup kurikulum yang disusun bersama dan berstandar DUDI; sertifikasi kompetensi guru, dosen, dan peserta didik yang sesuai standar dan kebutuhan DUDI; project based learning; menghadirkan ahli dari industri secara rutin untuk mengajar; dan seterusnya,” imbuhnya, dikutip dari laman kemendikbud.go.id.

Hal ini merupakan kesempatan besar bagi pada PTV untuk bisa meningkatkan Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan, dengan berkoordinasi dengan pemangku industri. Menurutnya ini merujuk pada Permendikbud No.128 Tahun 2019 tentang Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto atas Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan, dan/atau Pembelajaran dalam rangka Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Tertentu.

Baca Juga:  Penuntasan Banjir Lamongan Jadi Prioritas Bupati Yuhronur

Lebih lanjut, dari Tim Pakar Pengembangan Kelembagaan Vokasi, Suhendrik Hanwar, jika PTV sudah mengantongi izin peningkatan D3 menjadi D4, maka nantinya akreditasi prodi keduanya akan menjadi sama. Dan apabila sudah memenuhi syarat keseluruhan setelah pengajuan, maka Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan melakukan pengawasan.

“Keuntungan program ini adalah peringkat akreditasi boleh jadi tetap, apabila prodi yang diusulkan peringkat akreditasinya A, dan kalau memenuhi syarat, D-4-nya berakreditasi A. Kalau ada yang di bawah itu, akan disesuaikan oleh BAN-PT dalam waktu tertentu, agar akreditasinya dapat sama dengan prodi sebelumnya. Kita tetap berharap, antara akreditasi D-3 dengan D-4 sama,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Tim menejemen dan pelatih tim Persela Lamongan seusai konfrensi pers online. Foto : Istimewa

Lamongan

Kontra Madura United, Persela Lamongan Optimis Kemas 3 Poin
Tersangka tertunduk malu saat dilakukan konfernsi pers di mapolres Lamongan.

Lamongan

Lancarkan Aksi Tipu-Tipu Hingga Raup Untung Rp4,1 Milyar, Tuan Tanah di Lamongan Ditangkap di Jawa Barat
Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Melihat Ganasnya Aktivitas Penambangan di Zona Wisata Yang Rugikan Lamongan

Nasional

Penuhi Kriteria Capres Idaman Kaum Milenial, Pengamat Sebut Tren Gus Muhaimin Terus Naik hingga 2024
Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Disrupsi Digital". SS: Alfa Kamila.

Nasional

Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan, Dewan Pers: Wartawan Perlu Divaksin

Lamongan

Penyalagunaan Narkoba Masih Mendominasi kasus Kejahatan di Lamongan

Lamongan

Marak Premanisme di Lamomgan, 12 hari Terakhir Petugas amankan 79 Tersangka
Nadiem Makarim Paparkan 7 Program Prioritas Pendidikan di Tahun 2021

Nasional

Nadiem Makarim Paparkan 7 Program Prioritas Pendidikan di Tahun 2021