Home / Nasional / Warta

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:48 WIB

Kemendikbud Tingkatkan Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4)

Reporter : Alfa Kamila - Telah dibaca 251 kali

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Sumber Foto: Polibatam.ac.id.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam Webinar Peningkatan Program Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4) pada Selasa (16/2), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Diksi menyampaikan persyaratan yang harus dicapai oleh para Perguruan Tinggi Vokasi.

Beberapa syarat untuk bisa meningkatkan D3 menjadi D4 adalah PTV memiliki Program D-3 terakreditasi minimal peringkat B atau baik sekali serta memiliki kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). PTV juga diharuskan untuk mempersiapkan kerja sama dengan DUDI, mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kurikulum yang kolaboratif dengan DUDI, serta regulasi akademik yang mendukung, sesuai aturan dari Dirjen Diksi.

Selain itu, Wikan Sakarinto Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) menyampaikan, untuk penguatan D3 menjadi D4 harus dilakukan bersamaan dentan DUDI dengan Skema Taut Suai (link and match) 8 + i.

Baca Juga:  Tolak Perpres Miras, Gus Jazil: Kita Bukan Bangsa Pemabuk, Kita Berketuhanan

“Harus mencakup kurikulum yang disusun bersama dan berstandar DUDI; sertifikasi kompetensi guru, dosen, dan peserta didik yang sesuai standar dan kebutuhan DUDI; project based learning; menghadirkan ahli dari industri secara rutin untuk mengajar; dan seterusnya,” imbuhnya, dikutip dari laman kemendikbud.go.id.

Hal ini merupakan kesempatan besar bagi pada PTV untuk bisa meningkatkan Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan, dengan berkoordinasi dengan pemangku industri. Menurutnya ini merujuk pada Permendikbud No.128 Tahun 2019 tentang Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto atas Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan, dan/atau Pembelajaran dalam rangka Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Tertentu.

Baca Juga:  IWD 2021, Perempuan Harus Dianggap Sebagai Penyumbang Negara

Lebih lanjut, dari Tim Pakar Pengembangan Kelembagaan Vokasi, Suhendrik Hanwar, jika PTV sudah mengantongi izin peningkatan D3 menjadi D4, maka nantinya akreditasi prodi keduanya akan menjadi sama. Dan apabila sudah memenuhi syarat keseluruhan setelah pengajuan, maka Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan melakukan pengawasan.

“Keuntungan program ini adalah peringkat akreditasi boleh jadi tetap, apabila prodi yang diusulkan peringkat akreditasinya A, dan kalau memenuhi syarat, D-4-nya berakreditasi A. Kalau ada yang di bawah itu, akan disesuaikan oleh BAN-PT dalam waktu tertentu, agar akreditasinya dapat sama dengan prodi sebelumnya. Kita tetap berharap, antara akreditasi D-3 dengan D-4 sama,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Menkominfo Dorong Tata Kelola, Standarisasi Telekomunikasi dan Perlindungan Data Pribadi
Vaksin Covid-19 tiba di Puskesmas Gaji dengan pengawalan ketat aparat gabungan TNI dan Polri, Kamis (28/1).

COVID-19

Dinkes Tuban Distribusikan 1.307 Vaksin Bagi Tenaga Kesehatan di Tuban
Pinangki Sirna Malasari

Nasional

Periksa Jaksa Pinangki, Kejagung: Perlu Klarifikasi Terkait Perkembangan Fakta Hukum
Kemendikbud Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS

Nasional

Kemendikbud Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS
Foto: Ist.

Lamongan

Sepekan PPKM, Satpol PP Sebut 343 Warga Lamongan Tak Taat Aturan
Potret Lamongan Mart, Rabu (21/4). Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Program Andalan Pemkab Lamongan Rezim H. Fadeli Mangkrak, Bangunanya Kosong dan Terbengkalai

Lamongan

Pengusaha Tempe di Lamongan Nekat Jalankan Produksi Meski Harga Kedelai Kian Meroket

Ekonomi

Bahas Bansos, Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Kunjungi Dinsos P3A