Home / Nasional / Warta

Sabtu, 6 November 2021 - 19:58 WIB

Kemendikbud Libatkan Ibu Penggerak untuk Kampanye Program dan Kebijakan

Foto: Kemendikbud.

Foto: Kemendikbud.

Jakarta, Progresnews.id – Demi terus mensukseskan program dan kebijakan pendidikan Indonesia, kini Kemendikbud Ristek menggandeng jajaran ibu-ibu penggerak untuk mengkampanyekan programnya. Melalui Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) dan beberapa komunitas pendidikan, ibu penggerak tersebut akan diberikan pelatihan dan pembekalan.

Anang Ristanto, Plt Kepala BKHM mengatakan bahwa jajaran ibu penggerak ini diharapkan bisa membantu untuk menyampaikan kepada ibu-ibu lain terkait program pendidikan. Menurutnya, ibu-ibu adalah yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat.

“Kami membutuhkan dukungan dari masyarakat agar program dan kebijakan Kemendikbudristek dapat berjalan dengan baik, sehingga perlu adanya kerja sama antara Kemendikbudristek dengan komunitas pendidikan yang sehari-harinya berhubungan langsung dengan masyarakat,” kata Anang, dikutip dari situs resmi Kemendikbud, Sabtu (6/11).

Baca Juga:  Jelang Hari Pahlawan, PT KAI Gratiskan Perjalanan Jauh Bagi Guru, Nakes Dan Veteran

Program ini kemudian mendapat apresiasi dari Susi Sukaesih, Koordinator Ibu Penggerak dari Sidina Community. Ia menilai dengan adanya program yang melibatkan orang tua, akan dapat membuka sudut pandang mereka tentang isu pendidikan saat ini.

Ia juga menyebut bahwa melibatkan ibu penggerak adalah pilihan yang tepat, sebab sosok ibu punya peran besar dan penting dalam proses belajar anak. Dalam hal pendidikan dan pembelajaran, lanjut Susi, bukan hanya semata-mata tugas guru dan pihak sekolah, tapi juga peran ibu yang tentu sangat berpengaruh.

“Semoga bisa lebih banyak lagi Ibu Penggerak di daerah-daerah seluruh Indonesia,” kata Susi.

Baca Juga:  Putus Penyebaran Covid-19, Karyawan BNNK Tuban Jalani Rapid Test Antibodi

Pembekalan dan pelatihan ibu penggerak ini digelar pada 5-7 November 2021. Mereka akan mendapatkan sejumlah materi terkait program Kemendikbud, seperti Merdeka Belajar, pendidikan karakter, Asesmen Nasional, kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi.

Selanjutnya, ada pula pembekalan pengetahuan untuk menyusun home curriculum sebagai penyeimbang kurikulum di sekolah yang bisa diterapkan di rumah dalam mendidik anak-anaknya. Selain itu, mereka juga akan menerima digital parenting. Hal ini bertujuan agar para ibu dapat melek digital dalam mendampingi anaknya belajar, pelatihan tentang manajemen emosi, keterampilan berkomunikasi di publik, dan pengembangan diri.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Warta

Rekan Ginanjar dan Rekanita Wiwik Pimpin IPNU-IPPNU Panceng 2021-2023

Nasional

Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja 2021 Telah Diumumkan
Plt Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (Kapus P3E) Bali dan Nusa Tenggara, Ni Nyoman Santi saat mengikuti Seri ke-4 Podcast Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik dengan tajuk Cerita Baik tentang Gender dari Bali, Jumat (31/12).

Nasional

Festival Gender KLHK Berikan Akses dan Peningkatan Kapasitas Secara Merata
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam keterangan persnya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (30/10).

Nasional

Sebut Tiga Kendala Pemulihan Ekonomi, G20 Sepakati Program Pandemi Preparedness
Nureza Dwi Anggraeni sebagai host bersama ratusan partisipan dalam webinar bertajuk Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Nasional

Festival Torang Pu Para-Para: Kembangkan UMKM di Papua, Butuh Kolaborasi Lintas Pihak
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menyampaikan sambutan dalam acara Rapat Paripurna DPR RI ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022. Foto: youtube DPR RI

Nasional

Puan Maharani: RUU TPKS Disahkan Jadi Inisiatif DPR Pekan Depan
Kusnadi Rusmil saat presentasi daring Temu Media Perkembangan Vaksinasi, Sabtu (23/1).

COVID-19

Perkembangan Vaksinasi di Indonesia, Kusnandi Rusmil: Keuntungan Vaksinasi Jauh Lebih Banyak Daripada Efek Samping

Warta

Breaking News! Jembatan Desa di Benjeng Ambruk