Home / Nasional / Warta

Kamis, 26 Agustus 2021 - 21:32 WIB

Kemampuan Masyarakat Papua Harus Selalu Dikembangkan

Reporter : Progresnews

Manager Program PUPUK Jawa Barat untuk Pengembangan Masyarakat Papua, Endang Sri Agustini saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Manager Program PUPUK Jawa Barat untuk Pengembangan Masyarakat Papua, Endang Sri Agustini saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Jakarta, Progresnews.id – Endang Sri Agustini, Manager Program Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) Jawa Barat untuk Pengembangan Masyarakat Papua menegaskan bahwa produk asli Papua harus dikembangkan.

Tanah Papua, menurutnya memiliki banyak potensi yang luar biasa, mulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia, pasar, teknologi, dan masyarakat serta kebutuhan hidup yang sedang tumbuh.

“Lembaga-lembaga pendukungnya juga tersedia. Seperti Universitas sudah ada dan lembaga-lembaga risetnya, kemudian pemerintah daerah, dan keterlibatan komunitas serta lembaga-lembaga pendamping yang ada di daerah. Jadi sayang sekali kalau produk Papua yang sangat potensi sumber dayanya ini tidak di kembangkan,” kata Endang dalam diskusi Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Acara tersebut merupakan seri Podcast ke-2 yang merupakan bagian dari Festival Torang Pu Para Para dalam Program Pertanian Berkelanjutan di Tanah Papua (PAPeDA) yang diselenggarakan The Asia Foundations (TAF) bersama PUPUK.

Baca Juga:  Kakao Lembah Grime, Produk Lokal Berkualitas Ekspor

Bahkan menurutnya, produk-produk Papua yang juga bisa dikembangkan tidak hanya terikat pada barang, tapi juga kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Papua.

“Jadi yang kami lakukan salah-satunya bagaimana kita lebih melihat kepada sumber daya orangnya. Karena kita mengembangkan ekonomi, fasilitasnya ada, SDM-nya tersedia sebagai material bahan baku, tetapi SDM ini juga harus kita kembangkan,” ungkap Endang.

Sehingga apa yang dilakukan PUPUK, lanjutnya, itu lebih kepada bagaimana menggali potensi dari sisi skil. “Kami mengajak masyarakat asli Papua untuk mengembangkan kemampuannya,” imbuh Endang dalam Podcast yang ditayangkan langsung di kanal Youtube Asmat Papua Official, Youtube Beritabaruco, dan Facebook Beritabaru.co ini..

Baca Juga:  Sering Terjadi Kecelakaan, DPU Bina Marga Lamongan Akui Tak Berwenang Perbaiki Jalan Nasional

Endang mencontohkan salah satu yang dikembangkan PUPUK adalah produk kaos. “Kami menggali potensi-potensi di sana yang bisa dikembangkan untuk melakukan kegiatan ekonomi, tetapi tidak harus berbasis produk yang bersumber dari alam,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Endang juga mengungkap, setiap gerakan yang dilakukan pasti memiliki tantangan, lebih-lebih untuk melakukan sebuah perubahan.

“Saya rasa tidak hanya di Papua, di mana masyarakat yang tadinya memiliki pola tertentu kemudian harus digeser, dan nonformal menjadi formal itu memerlukan effort yang luar biasa,” kanya.

Sehingga, tutur Endang, untuk mendorong perubahan di Papua, salah satu yang lakukan adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan PUPUK untuk kepentingan jangka panjang.

Share :

Baca Juga

Buruh Tani menggarap Lahan Petani. Foto: Nadia /Progresnews.id.

Lamongan

Terancam Gagal Panen, Petani di Lamongan Menjerit
Foto: Kementerian PUPR.

Ekonomi

PUPR Targetkan Subsidi Perumahan 222.876 Unit Bagi MBR
Gus Jazil Sebut Manajemen Pendidikan di Era Pandemi Perlu Pembenahan Serius. Foto: adm.

Nasional

Gus Jazil Sebut Manajemen Pendidikan di Era Pandemi Perlu Pembenahan Serius
Massa FPI terliht mengendarai motor melalui Jalan Tol saat menjemput Habib Rizieq. Foto: Detik.com

Nasional

Massa FPI Kendarai Motor Lewat Jalan Tol Saat Jemput Habib Rizieq, Alasan Masih Dipertanyakan
DPRD Gresik menandatangani Pakta Integritas yang menolak disahkannya UU Ciptaker, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Nasional

DPRD Gresik Sepakat Tolak UU Ciptaker
Hadi Prayitno dari The Reform Initiatives memandu Market Gathering yang dihadiri puluhan pelaku bisnis bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Ajak Pelaku Usaha, Program PAPeDA Promosikan Produk Pangan Inovatif Papua
Foto: Gema.id

Lamongan

Jelang Pergantian Musim, DPU-SDA Lamongan Siaga Cegah Kekeringan
Kepala Staf Kepresidenan DR. Moeldoko. Foto: Dok. KSP.

Nasional

Relawan PAS Dukung Moeldoko Jadi Capres, BMI Jatim: Pandemi Kok Ngomong Pilpres