Home / Tokoh / Warta

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:35 WIB

Kejutan HSN 2021, Balai Rukyat Condrodipo Jadi Milik NU Gresik

Dua dari kiri Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri, beserta Rais Syuriah PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'sum dan Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, (23/10). Foto: Official NU gresik/Progresnews.id

Dua dari kiri Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri, beserta Rais Syuriah PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'sum dan Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, (23/10). Foto: Official NU gresik/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Momen Hari Santri Nasional 2021 akan melekat dalam ingatan warga nahdliyin di Gresik. Pasalnya, sertifikat Balai Rukyat Condrodipo diserahterimakan oleh Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik setelah dua puluh tahun. Serah terima ini sekaligus menjadi persembahan di momen perayaan Hari Santri Nasional di kantor PCNU Gresik.

Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri mengatakan, pihaknya saat ini sudah menyerakan 19 sertifikat atas nama Nahdlatul Ulama. Salah satunya adalah Sertifikat Hak Milik Balai Rukyat Condrodipo untuk Lembaga Falakiyah PCNU Gresik.

“Kami serahkan ke Kiai NU untuk legalitas, sehingga mempunyai perlindungan hukum dan kepastian hukum. Punya NU semuanya waqaf kecuali Condrodipo hak milik,” kata Asep usai upacara Hari Santri Nasional di Kantor PCNU Gresik, Sabtu (23/10) Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kebomas, Gresik.

Baca Juga:  Korban Terus Bertambah, Pemkab Lamongan Buat Skema Penanganan Klaster Hajatan

Dikatakannya, proses sertifikasi ini sempat diajukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik atas hak tanah di Condrodipo, namun terkatung-katung sejak 2001 silam.

“Terlebih bidang balai rukyat Condrodipo berstatus tanah negara bebas, sementara di satu sisi Lembaga Falakiyah PCNU Gresik juga rutin melaksanakan agenda di sana untuk observasi sejak 20 tahun silam,” ujarnya.

Disamping itu BPN kabupaten Gresik juga memberikan sertifikat kepada para kiai dan 8 sertifikat hak pakai kepada Pemerintah Kabupaten Gresik sebagai bentuk sinergitas antara Pemkab Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyebut, momen Perayaan Hari Santri dengan tema Santri Siaga Jiwa dan Raga ini tidak hanya memberikan sertifikat tanah NU. Gus Yani juga memberikan kendaraan ambulance untuk pelayanan kesehatan untuk warga Nahdliyin Gresik.

“Saya ingat Ketua Lazisnu Kabupaten Gresik almarhum H. Mushoffa Azis, beliau menginginkan ambulance. Ini juga sebagai dedikasi kami sebagai santri untuk NU di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik,” kenangnya.

Baca Juga:  Kabar Baik UMKM Gresik, Bisa Dapat Pinjaman 10 Juta Tanpa Ribet

Bupati Gresik yang juga Pengurus GP Ansor Jatim ini menilai, tidak hanya sertifikat aset Condrodipo saja yang diberikan oleh BPN, melainkan ada beberapa aset NU yang sudah disertifikatkan dalam momentum Hari Santri Nasional ini.

“Kita serahkan aset-aset NU semoga dengan legalitas yang jelas bisa bermanfaat kedepannya. Dan sebagai perlindungan hukum agar dimanfaatkan di kemudian hari,” paparnya didampingi Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, dan Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri.

Turut hadir Asisten III Administrasi Umum Pemkab Gresik Abu Hassan, Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Mukhibatul Khusnah, dan beberapa pejabat ormas NU lainnya.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Penampakan jalan rusak di ruas Sukodadi-Pucangro. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Selain Banjir, Truk Kelebihan Muatan Disinyalir Jadi Penyebab Rusaknya Jalan Sukodadi-Pucangro

Lamongan

Obati Rasa Rindu, Pemudik Asal Lamongan Buru Nasi Boranan
Petugas gabungan saat melakukan operasi yustisi di Resto Mie Gacoan, Rabu (27/1).

Tuban

Tindak Lanjut PPKM Jilid II, 27 Pelanggar Prokes Terjaring Razia
Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono saat jumpa pers penyelidikan dugaan aliran dana terorisme dari rekening FPI. Foto: Humas Polri

Nasional

Polri Masih Selidiki 92 Rekening FPI yang Diblokir PPATK
Motor antik buatan Inggris merk Royal Enfield bersama anggota MACI Gresik melihat renovasi musala Darus Sa'adah, Manyar, Gresik.

Gresik

Inspiratif, MACI Gresik Lelang Motor Antik Untuk Renovasi Musala

Lamongan

AUN Lamongan Klarifikasi Kemelut Program Binaan Diskopum
Sumini, Perempuan Pemimpin dari Damaran Baru Aceh, saat memberikan testimoni dalam webinar "Memperkuat Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan SDA dan Ketahanan Ekologis di Indonesia" pada Kamis (25/3).

Nasional

Puncak Hari Perempuan Sedunia, The Asian Foundation Tampilkan Testimoni Lima Pemimpin Perempuan

Gresik

Petani Gresik Bakal Dibantu Robot Usir Hama Tikus