Home / Nasional / Warta

Jumat, 26 November 2021 - 21:24 WIB

Jelang Presidensi G20 2022, Kominfo Prioritaskan Kesiapan TIK

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Pinjam Pakai Lahan Program BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (26/11). Sumber Foto: Situs resmi Kemenkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Pinjam Pakai Lahan Program BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (26/11). Sumber Foto: Situs resmi Kemenkominfo

Jakarta, Progresnews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan prioritas utamanya dalam persiapan Presidensi G20 2022 yang akan di gelar di Indonesia. Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam keterangannya, mengatakan setidaknya ada dua target yang harus dicapai oleh Kemkominfo, yakni substansi dan penyelenggaraan.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sudah jelas bahwa Keketuaan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ada dua target yang harus sukses. Sukses dari sisi substansi dan sukses terhadap penyelenggaraannya. Dua hal ini yang sedang dilakukan,” kata Johnny, dikutip dari situs resmi Kemenkominfo, Jumat (26/11).

Selain dua hal itu, Johnny juga menyebut bahwa pemerintah telah menyiapkan kesempurnaan jaringan 5G dan perangkat pendukung pertemuan jarak jauh. Ia menyebut, bahwa bersama sejumlah lembaga lain, pihaknya telah merancang sebanyak 118 rapat, yang di dalamnya akan membahas beberapa hal di antaranya, Sherpa Track, Finance Track, Working Group maupun Engagement Group.

Baca Juga:  Deklarasi DPC BMI Kota Surabaya dan Sidoarjo, Syahroni: BMI Adalah Rumah Kita Bersama

Rapat yang sebanyak itu, kata Johnny, akan diadakan di 16 atau 17 kota di Indonesia. Hal ini dilakukan selain untuk membahas persiapan, sekaligus untuk menguji kesiapan jaringan 5G di Indonesia.

“Kominfo juga menyiapkan perangkat-perangkat virtualnya dengan menggunakan Webex dan menyediakan jaringan cadangan untuk mengantisipasi apabila tejadi ganguan konektivitas telekomunikasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dirasa berhasilnya proses pembangunan hingga penyelenggaraan World Super Bike di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu, Johnny mengatakan bahwa semuanya akan dipersiapkan persis sebagaimana Sirkuit Mandalika.

Baca Juga:  Atalanta Imbang, Inter Milan Raih Scudetto

Sementara itu, Direktur Utama Bakti Kementerian Kominfo, Anang Latif, mengaku bahwa mereka telah menyiapkan bandwith sekitar 20 Gbps untuk pertemuan setingkat menteri. Lalu jaringan sebesar 2 Gbps untuk pertemuan KTT G20, dan 400 Mbps untuk pendukung kegiatan rapat.

Tentu tidak sendiri, Anang mengatakan bahwa telah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga yang bisa membantu mempersiapkan semua kebutuhan jaringan.

“Prinsipnya untuk setiap venue atau meeting, kita selalu siapkan backup jaringan cadangan. Selain itu, kapasitas harus memenuhi kebutuhan internet cepat, karena di sini para kepala negara dan menteri-menteri berkumpul. Tidak cukup untuk satu lokasi disiapkan oleh satu operator telekomunikasi, tetapi harus ada dua bahkan tiga operator yang selalu mem-backup,” jelasnya.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Mahfud MD saat memberi sambutan pada Coffee Morning bertema Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (30/11).

Nasional

Menko Polhukam Tegaskan DOB Papua Sebagai Upaya Mengkukuhkan NKRI
Gus Yani dan Bu Min saat di temui media usai ditetapkan oleh KPU.

Gresik

HPN ke-75, Gus Yani-Bu Min Ungkap Harapan Agar Pers Indonesia Anti Hoaks

Gresik

Santunan Anak Yatim Warnai Upacara Virtual HUT TNI Ke-76
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan arahan dalam Rakor Anev Itwasum Polri di Yogyakarta, Jum'at 17 Desember 2021. Foto: Humas Polri.

Nasional

Ramai Tagar #PercumaLaporPolisi, Kapolri: Kami Akan Evaluasi
Forum Konsultasi Publik Rancangan RKPD Bappeda Gresik. Foto: Youtube Bappeda Gresik.

COVID-19

Ekonomi Menurun Saat Pandemi, Bappeda Gresik Ajak Masyarakat Berkontribusi Bangun Gresik Baru
Suasana rumah duka, mulai ramai berdatangan karangam bunga sebagai bentuk dukungan ke keluarga. Foto : Progresnews.id / Ammy.

Lamongan

Dikenal Santun, Awak Kapal KRI Nanggala 402 Asal Lamongan Ukir Kenangan di Hati Tetangganya
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menyampaikan sambutan dalam acara Rapat Paripurna DPR RI ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022. Foto: youtube DPR RI

Nasional

Puan Maharani: RUU TPKS Disahkan Jadi Inisiatif DPR Pekan Depan

Nasional

Kasus Covid-19 Melonjak di Berbagai Daerah, Gus Muhaimin: Tetap Injak Rem, Jangan Kasih Kendor