Home / Nasional / Sepak Bola

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:51 WIB

Jelang Final Piala AFF 2021, Pratama Arhan Dipastikan Absen di Leg Pertama

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Proresnews.id

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Proresnews.id

Jakarta, Progresnews.id – Bek kiri Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia, Pratama Arhan, tidak bisa diturunkan menghadapi Thailand pada putaran pertama final Piala AFF 2020 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (29/12) pukul 19.30 WIB.

Pasalnya, bek kiri PSIS Semarang yang saat ini membela timnas Indonesia itu telah mengantongi dua kartu kuning pada masing-masing pertandingan putaran pertama dan kedua semifinal kontra Singapura beberapa waktu lalu.

Pada putaran pertama, wasit memberikan kartu kuning terhadap Arhan karena mengangkat kaki terlalu tinggi serta menyentuh wajah Song Ui-yong (pemain Singapura). Kemudian pada putaran selanjutnya, Arhan kembali diganjar kartu kuning setelah melanggar Shanual Anwar di dalam kotak penalti.

Baca Juga:  Meski Beberapa Sektor Mampu Bertahan Saat Pandemi, Jokowi Sebut Komoditas Impor Masih Mendominasi

Pelanggaran tersebut membuat timnas Singapura hampir mencetak gol apabila eksekusi penalti itu tidak digagalkan kiper Indonesia, Nadeo Argawinata.

Sesuai peraturan kompetisi Asean Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2021, pelanggaran tersebut menyebabkan Arhan mendapatkan akumulasi kartu yang kemudian tidak dapat dimainkan di partai final.

Sementara itu, Shin Tae-yong (STY) selaku pelatih timnas Indonesia, mengapresiasi kerja keras dari para anak asuhnya. Ia mengatakan, pertandingan semifinal dipenuhi banyak drama dan menguras tenaga serta emosi.

“Jujur kedua tim sangat bekerja keras, saya sudah bicara kepada pemain sebelum pertandingan bahwa tim Singapura kuat untuk set piece. Kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika hati-hati,” ujar STY seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Senin (27/12).

Baca Juga:  Peran Aktif Santri Dibutuhkan Untuk Antisipasi Gerakan Intoleran

“Karena tidak fokus untuk set piece, jadi sampai bisa dikatakan ke neraka dan ke surga, bolak balik.” lanjut pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kemudian, STY juga menyatakan, perlu pematangan untuk para pemain timnas Indonesia agar dapat terus berkembang. Sebab, saat salam kondisi tertekan, permainan timnas Indonesia seringkali berantakan.

“Bagian itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda untuk kontrol pertandingan. Ini sedikit berkurang jadi untuk ke depannya pemain itu harus lebih menunjukkan lagi perkembangan,” jelas STY.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Peringatan Hari Ibu, Begini Pesan Bijak Gus Jazil
Sandiaga Salahuddin Uno memimpin rapat bersama jajaran pimpinan Kemenparekraf pada hari Kamis (24/12). Foto: Twitter Sandiaga Uno.

Ekonomi

Gercep, Sandiaga Uno Langsung Pimpin Rapat Bersama Jajaran Kemenparekraf
Foto: Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Telah Cairkan Subsidi Kuota Internet Periode November
Kepala Subbagian Tata Usaha BPHP Wilayah III Pekanbaru, Kurniawansyah Effendi dalam Podcast seri-6, Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik, Perempuan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan, Senin (17/1).

Nasional

Dorong Pengarusutamaan Gender, Kantor BPHP Wilayah III Pekanbaru Sediakan Fasilitas Laktasi
Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Sandi Uno.

COVID-19

Sandiaga Salahuddin Uno Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Nasional

Kasus Covid-19 Melonjak di Berbagai Daerah, Gus Muhaimin: Tetap Injak Rem, Jangan Kasih Kendor

Nasional

Ratusan Ulama NU Wafat selama Pandemi, Gus Muhaimin Ajak Jaga Para Kiai
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Menteri terkait PPKM di Jakarta, Senin (20/12). Foto: Setpres.

Nasional

Menjelang Nataru, Pemerintah Umumkan Daftar Daerah PPKM Level 3 di Luar Jawa-Bali