Inspiratif dan Inovatif: Desa Pinggiran Disulap Menjadi Wisata Kekinian

Taman Pinggir Nggawan Bojonegoro
Taman Pinggir Nggawan, Desa Pilang Gede, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Foto: Bagas Antariksa/Progresnews.

Bojonegoro – Orang-orang menyebutnya sebagai Taman Pinggir Nggawan. Nggawan adalah istilah lain dari “Bengawan” yang sering disebut-sebut oleh masyarakat Bojonegoro. Lokasi wisata ini berada di bantaran Sungai Bengawan Solo, itu sebabnya masyarakat menamai “Taman Pinggir Nggawan.”

Taman Pinggir Nggawan (TPG) secara resmi dibuka tanggal 19 November 2019. Hingga sekarang, TPG menjadi tempat pijakan untuk bersenang-senang bersama anggota keluarga. Uniknya dari TPG adalah penataan dekorasi yang indah seperti taman bunga, hingga spot foto yang hits kekinian.

Diresmikan Oleh Bupati Bojonegoro

Sabtu 9 November 2019, Hj.Anna Mu’awanah sekaligus Bupati Bojonegoro mendatangi “Taman Pinggir Nggawan” untuk meresmikan tempat wisata ini di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen. Efeknya cukup signifikan, 2 hari pasca peresmian wisata TPG sudah ramai dikerubung oleh penggunjung.

Wisata baru ini bisa menjadi kabar bagus untuk warga Bojonegoro. Sebab, masyarakat bisa menikmati langsung tempat wisata asli kotanya sendiri.

“Tidak hanya tempat rekreasi, adanya TPG sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Para pengerajin bisa menawarkan produknya ke pengunjung, begitu juga pelaku UMKM bisa berjualan di sekitar wisata,” Tutur mas Iwan selaku pengelola tempat wisata TPG.

Lokasi dan Tiket Masuk

Letak wisata ini mungkin terbilang cukup rumit, karena berada di kawasan desa. Jika dari Kota Bojonegoro memerlukan waktu 30 menit perjalanan hingga lokasi. Jika masih bingung, bisa mencarinya lewat Google Map dan cari saja Desa Pilang Gede, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Akses jalan terbilang bagus, bahkan kendaraan roda empat sekalipun bisa memasuki kawasan TPG.

Wisata TPG dibuka mulai pukul 8-17.00 untuk weekday (Senin-Jum’at) sedangkan hari libur sudah buka mulai pukul 7.00-17.00. untuk tiket masuknya sendiri terbilang murah, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk satu orang.

Beberapa Spot Menarik di TPG

Kurang menarik apabila tempat wisata tidak mempunyai beragam fasilitas di dalamnya. Hal ini bisa ditemukan di Taman Pinggir Nggawan Bojonegoro. Di antaranya adalah:

Taman Bunga

Tentu tidak kalih menarik dengan wisata yang lain. Kumpulan taman bunga cantik bisa ditemukan di pinggiran Bengawan solo. Apalagi jika datang bersama keluarga, dijamin bakal betah berlama-lama disana.

Spot Foto Instagramable

Ini mungkin yang digemari oleh kaum millenial, yaitu spot foto untuk mengisi feed sosial media. Jembatan kayu, sayap burung, hingga sign board bisa menjadi tempat berfoto yang tidak kalah hits dengan wisata yang  lain. Apalagi jika kesana bersama pasangan, pasti semakin romantis.

Spot Lainnya

Masih banyak spot foto yang bisa dipilih, seperti penyewaan Speed Boat, Penyewaan Moto Trail dan juga ATV. Setiap pengunjung hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk menikmati serunya berkeliling di wisata TPG Bojonegoro. Ketika hendak pulang, bolehlah untuk mampir membeli souvenir dari masyarakat setempat. Aneka camilan sudah tersedia disana, yang pasti murah dikantong.

Nantikan wisata-wisata seru yang lain di Bojongoro. Taman Pinggir Nggawan bisa menjadi tujuan pertama apabila berkunjung ke Bojonegoro. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Kontributor: Bagas Antariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.