Home / Nasional / Warta

Selasa, 21 September 2021 - 19:58 WIB

Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah Saat PTM Terbatas

Reporter : Redaksi Progresnews

Ilustrasi: LMPM Jatim Kemendikbud.

Ilustrasi: LMPM Jatim Kemendikbud.

Progresnews.id – Mengingat kasus COVID-19 yang mulai menurun, banyak sekolah yang mulai menyelenggarakan Pertemuan Tatap Muka (PTM) Terbatas.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekolah-sekolah, terutama dalam menanamkan prinsip dan pola hidup sehat kepada siswa.

Pola hidup sehat di sekolah sebenarnya sudah tertuang dalam program Unit Kesehatan Sekolah (UKS), seperti pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Pendidikan kesehatan adalah kunci utama untuk memulai hidup sehat di sekolah, yang bertujuan agar para siswa bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah.

Direktorat SMP Kemendikbud Ristek pada Senin (20/9) kemarin memberikan beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan dalam pendidikan kesehatan untuk bisa diterapkan di sekolah di masa pandemi.

Pendidikan dan literasi gizi

Dengan terpenuhinya asupan gizi bagi peserta didik, pembelajaran yang ditangkap oleh para peserta didik akan lebih maksimal.

Baca Juga:  TNI AD Lamongan Gelar Vaksinasi di 11 Kecamatan

Maka dari itu, pendidikan dan literasi gizi dilakukan sebagai upaya untuk mengubah sikap dan perilaku untuk mendukung pemenuhan gizi seimbang pada peserta didik.

Dalam pendidikan gizi, peserta didik diedukasi mengenai menu makanan yang sehat dan bergizi cukup. Sarapan bersama juga bisa dilakukan dengan membawa bekal bergizi seimbang.

Untuk literasi gizi, guru dapat menugaskan kepada peserta didik agar membaca tulisan seputar edukasi gizi yang dilaksanakan seminggu sekali, 15 menit pada jam literasi di sekolah.

Selain membaca, siswa juga dapat berdiskusi dengan guru, membuat project bertema gizi, atau role play di kelas.

Optimalisasi aktivitas fisik

Selain gizi yang cukup, pendidikan kesehatan juga terdapat di kegiatan intrakurikuler dalam mata pelajaran PJOK.

Baca Juga:  Revisi RUU MK Menuai Banyak Kritik Hingga Pengesahannya

Aktivitas fisik dalam mata pelajaran PJOK harus dimaksimalkan, didukung juga dengan kegiatan ekstrakurikuler fisik seperti futsal, basket, voli, pencak silat, dan sebagainya.

Siswa dapat juga diimbau untuk melakukan peregangan pada pergantian jam pelajaran, minimal 1 kali per hari. Peregangan bisa me-refresh para peserta didik setelah jenuh belajar.

Pembinaan kader kesehatan sekolah

Sekolah perlu mengadakan kegiatan pembinaan kader kesehatan sekolah bagi para peserta didiknya. Kader kesehatan sekolah adalah: peserta didik yang terpilih untuk membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan UKS; menyebarkan informasi kesehatan bagi teman sebaya; dan mengajak dan memberikan teladan pelaksanaan.

Idealnya, setiap kelas memiliki satu kader kesehatan sekolah agar penyebarannya merata. Pembinaan kader-kader kesehatan ini menjadi bagian dari kegiatan ekstrakurikuler yang bisa meningkatkan pengetahuan peserta didik terkait bidang kesehatan.

Share :

Baca Juga

Tuban

Serapan tak Maksimal, Ikan Laut di Tuban Merangkak Naik
Ilustrasi Pam Swakarsa. Foto: istimewa

Sospol

KNPI Tuban Soroti Wacana Reaktivasi Pam Swakarsa yang Digagas Kapolri
Shopee dan 11 Perusahaan Ditunjuk DPJ Sebagai Pemungut PPN

Ekonomi

Berlaku 1 Oktober, Shopee dan 11 Perusahaan Ditunjuk DPJ Sebagai Pemungut PPN
Perdana, peserta Miss Fatayat NU Bungah saling beradu kecakapan. Foto: Chidir.

Gresik

Gelar Miss Fatayat NU, Cara Fatayat NU Bungah Cetak Influencer Nahdliyin
Gus Jazil

Nasional

Ajak Masyarakat Doakan Korban KRI Nanggala-402, Gus Jazil Minta 53 Prajurit Awak Kapal Diberi Kenaikan Pangkat
Gus Yani saat mengikuti dialog bertajuk "Petani Di Persimpangan Jalan (Antara Godaan Alih Fungsi Lahan dan Minimnya Kesejahteraan)"

Gresik

Dilema Alih Fungsi Lahan Pertanian, Forkot Ajak Dialog Pemerintah Bahas Solusi
Mentri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin

Nasional

Menkes Rencanakan Sertifikat Bagi Warga yang Telah Divaksin

Gresik

Berkolaborasi dengan Sekolah Meksiko, Smadiga Gresik Lakukan Program Internasional Collaboration