Home / Nasional / Warta

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 21:22 WIB

Indonesia Usulkan Kerja Sama Pengakuan Vaksin Dengan Australia

Foto: Sekretariat Presiden.

Foto: Sekretariat Presiden.

Jakarta, Progresnews.id – Presiden Joko Widodo dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di Roma, Italia, pada Sabtu (30/10) mengusulkan jalinan kerja sama terkait pengakuan keberlanjutan dari program vaksinasi, setelah sebelumnya Indonesia menerima bantuan vaksin dari negara tersebut.

“Saya sampaikan apresiasi atas dukungan vaksin Australia untuk Indonesia, 1,2 juta dosis vaksin telah tiba minggu lalu dan kami sambut baik rencana kedatangan 10,5 juta dosis vaksin,” Kata Jokowi, dikutip dari situs resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi menambahkan, bahwa jalinan kerja sama antar dua negara ini harus terus berjalan. Maka dari itu, ia mengajukan program yang disebutnya dengan Vaccinated Travel Lane (VTL), yakni sebuah kerja sama saling pengakuan sertifikat vaksin antara Indonesia dan Australia.

Baca Juga:  SE Muhammadiyah: Vaksinasi Tidak Batalkan Puasa

“Saya paham dua Menteri Luar Negeri sudah mulai mengomunikasikan kemungkinan kerja sama itu. Mudah-mudahan VTL dan pengakuan sertifikat vaksin dapat segera diselesaikan. Saya yakin ini akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi, tentu dengan aman,” tambahnya.

Selain membicarakan usulan kerja sama ini, ada dua poin lain yang menjadi topik pembicaraan dua pemimpin negara ini, yakni isu perubahaan iklim dan soal pemulihan ekonomi.

Jokowi menargetkan, usai pandemi ini berakhir, pemerintah akan langsung menggencarkan pemulihan ekonomi melalui sejumlah kerja sama konkret dengan beberapa bidang seperti digital, transisi energi, dan inklusi keuangan. Menurutnya, beberapa point tersebut bisa mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Baca Juga:  BPOM Resmi Perbolehkan Pemberian Vaksin Pada Lansia

Sementara untuk urusan perubahan iklim, Jokowi akan memastikan ketersediaan teknologi rendah karbon dengan harga terjangkau sehingga transisi energi dapat dilakukan oleh semua negara. Hal ini nantinya, diharapkan juga dapat berpengaruh dalam bidang perekonomian masyarakat serta pemberdayaan perempuan.

“Saya harap dukungan kuat Australia bagi ketiga usulan Indonesia tersebut. Saya juga berharap untuk dapat menyambut Yang Mulia secara pribadi tahun depan saat KTT kami di Bali, tanggal 30-31 Oktober 2022,” imbuhnya.

Kontributor: Alfa K.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Nasional

Kasus Pencucian Uang DJP Sulselbartra, KPK Tetapkan Wawan Ridwan Sebagai Tersangka
Para narasumber terlihat sedang mengamati pemutaran video dalam Talk Show Indonesia Pavilion COP26 UNFCCC Jakarta-Glasgow, Senin (8/11).

Nasional

Perempuan Sebagai Garda Depan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
Kasatreskoba, AKP A. Khusen saat mendatangi makodim Lamongan untuk mengetes urin anggota TNI. Foto : Istimewa.

Lamongan

TNI Lamongan Gelar Tes Urin Dadakan ke Anggota, Ini Hasilnya

Nasional

Televisi Analog Akan Berakhir, Kominfo Dorong Digitalisasi Penyiaran
Na'im, Wakil Ketua Komisi A DPRD Lamongan saat mengomentari IMB RS Citra Medika. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Kisruh Izin RS Citra Medika, DPRD Lamongan Berencana Panggil Instansi Terkait
Aktivitas galian C di kawasan wisata Kecamatan Paciran Lamongan. (Foto: Progresnews.id/Ammy)

Lamongan

DLH Lamongan Kecam Aktivitas Tambang Galian C di Zona Wisata

Nasional

Resesi dan Krisis Ekonomi, Gus AMI Ingatkan Tiga Hal Penting Ini
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K. H. Ma'ruf Amien menyampaikan pidato dalam acara Greeting Natal dan Tahun Baru 2022, Jum'at (24/12). Foto: Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia.

Nasional

Perayaan Natal di Tengah Pandemi, Wapres: Tetap Semangat Dalam Damai dan Bahagia