Home / Nasional / Warta

Senin, 15 Februari 2021 - 20:48 WIB

ICW Dorong Dewan KPK Awasi Kasus Korupsi Dana Bansos

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mendorong Dewan Pengawas KPK turun langsung dalam kasus korupsi dana bansos, Senin (15/2). Foto: harianpijar.com.

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mendorong Dewan Pengawas KPK turun langsung dalam kasus korupsi dana bansos, Senin (15/2). Foto: harianpijar.com.

Jakarta, Progresnews.id – Indonesian Corruption Watch (ICW) terus mendorong agar penyelidikan kasus korupsi dana bantuan sosial (Bansos) tak terfokus pada Mantan Mensos, Juliari Batubara.

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mendorong Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera turun tangan mengawasi proses hukum yang disinyalir melibatkan politisi Senayan.

“Jangan sampai ada oknum-oknum di internal KPK, entah itu pimpinan, deputi, ataupun direktur, yang berupaya ingin melookalisir penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan paket sembako di Kementerian Sosial berhenti hanya pada mantan Mensos, Juliari Batubara,” terang Kurnia, dikutip dari Rmol.id, Senin (15/2).

Baca Juga:  Gelar Festival Gender 2021, Pokja PUG KLHK Berkomitmen Wujudkan 'Nature Gender'

Ia menilai, sampai saat ini KPK masih belum terlihat memanggil sejumlah orang yang diduga mempunyai informasi terkait korupsi dana bansos yang dilakukan mantan Mensos Juliari Batubara.

Salah satu orang yang ia soroti yakni politisi PDIP, Ihsan Yunus yang sampai saat ini baru sekali dipanggil KPK dengan status saksi pada Rabu (27/1). Setelahnya, KPK sampai saat ini tak juga memanggil Ihsan Yunus yang berstatus sebagai saksi.

Baca Juga:  Ini Dua Agenda Besar Ketum Baru PBNU

“Terutama oknum-oknum politisi yang selama ini santer diberitakan media,” tambahnya.

Kurnia menyoroti satu hal penting yang seharusna dikembangkan KPK. Yakni atas dasar apa Kementerian Sosial memberikan paket sembako kepada korporasi tertentu.

“Berdasarkan pengamatan ICW, ada beberapa korporasi yang baru beridir kemudian langsung mendapatkan proyek sembako dari Kemensos,” pungkasnya.

Share :

Editor : Alfan Niam Sofi

Baca Juga

Nasional

Tingkatkan Sinergi, DPP PKB Silaturahim ke PWNU Jatim
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam pertemuannya dengan Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (8/11). Foto: Kemenag.

Nasional

Kemenag Bakal Terbitkan SE PTKN Dukung Permendikbud PPKS
Ketua BPOM, Penny K Lukito saat konferensi pers di YouTube BPOM, Senin (1/11).

Nasional

BPOM Resmi Izinkan Vaksin Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid mendesak Pemerintah segera mengeluarkan aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Foto: Progresnews.id/Foto Istimewa

Nasional

Waketum DPP PKB Desak Pemerintah Keluarkan Peraturan Turunan UU Pesantren
Motor antik buatan Inggris merk Royal Enfield bersama anggota MACI Gresik melihat renovasi musala Darus Sa'adah, Manyar, Gresik.

Gresik

Inspiratif, MACI Gresik Lelang Motor Antik Untuk Renovasi Musala
Sesi foto bersama acara diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Nasional

Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara
Poster promosi Aisha Weddings. Foto: Twitter/Sweta Kartika.

Nasional

Promosikan Pernikahan Anak, KPAI Laporkan Aisha Weddings
Sesi foto bersama para hadirin pada Malam Puncak Hari Santri Nasional 2021 yang dilaksanakan RMI PBNU pada Jumat (22/10). Foto: Tangkapan Layar TV9.

Nasional

Kegiatan Akademik Warnai Hari Santri Nasional 2021