Home / Nasional

Senin, 10 Mei 2021 - 13:47 WIB

Ibadah Haji Bakal Digelar Terbatas, Gus AMI Minta Pemerintah Aktif Komunikasi dengan Arab Saudi

Reporter : Progresnews

Lonjakan Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Ini Maklumat Gus Muhaimin

Lonjakan Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Ini Maklumat Gus Muhaimin

JAKARTA, Progresnews.id, – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memastikan akan menggelar ibadah haji pada 2021 atau 1442 Hijriyah secara terbatas dengan ”kondisi khusus”. Langkah ini dilakukan untuk melindungi jamaah dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Namun hingga kini belum jelas bagaimana teknis pelaksanaan ibadah haji yang akan diselenggarakan sekitar Juli 2021 mendatang. Sebab, Kementerian Haji dan Umrah dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi baru akan menyusun aturan dan regulasi pelaksaan ibadah haji tahun ini.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, kabar adanya kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun ini oleh Kerajaan Arab Saudi menjadi harapan baru di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Karena itu, pihaknya meminta Pemerintah Indonesia secara proaktif melakukan komunikasi dan lobi kepada Arab Saudi agar Indonesia bisa mendapatkan kuota haji tahun ini. Dengan begitu, daftar antrean haji di Tanah Air tidak semakin Panjang.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Tuban Dijadwalkan Pada Februari Mendatang

”Tentu ini menjadi kabar gembira bagi kita semua karena setidaknya ada harapan bahwa ibadah haji tahun ini dibuka. Apakah Indonesia akan dapat kuota atau tidak, tentu ini menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk melakukan lobi ke Arab Saudi. Bilamana kuota itu diberikan, apa yang harus dipersiapkan dengan waktu yang sangat mepet ini, tentu ini harus dikaji dan dipersiapkan secara mendalam oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama,” kata Gus AMI– sapaan akrab Abdul Muhaimi Iskandar, Senin (10/5/2021).

Dikatakan Ketua Umum DPP PKB ini, tahun lalu Indonesia tidak bisa mengirim jamaah haji ke Tanah Suci akibat pandemi Covid-19. Karena itu, dirinya berharap agar tahun ini Pemerintah bila kondisinya memungkinkan, bisa mengirim calon jamaah haji.

”Tentu hal yang sangat penting diperhatikan adalah bahwa saat ini situasinya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada prosedur kesehatan yang lebih ketat. Ini harus benar-benar dikaji dan dipersiapkan seara mendalam. Jangan sampai nanti kalau situasinya sulit tapi kita tetap memaksakan, malah justru menjadi persoalan baru, ini yang harus disiapkan matang-matang. Ingat bahwa keselamatan jamaah harus menjadi prioritas utama,” kata Ketua Tim Pengawas Pelaksana Penanganan Bencana Covid-19 DPR RI ini.

Baca Juga:  Hindari Kerumunan, Gus Jazil: Jadikan Malam Tahun Baru Momentum Refleksi

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Al Thagafi mengatakan bahwa akan ada penyesuaian pada penyelenggaraan haji tahun 2021. Menurutnya, Pemerintah Saudi Arabia masih menyusun regulasi yang akan sangat berbeda. ”Kuota akan dikurangi untuk keamanan para jamaah haji,” kata Esam di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Esam mengatakan, sebagai negara dengan jumlah penganut muslim terbesar, jamaah haji asal Indonesia akan diprioritaskan untuk boleh menunaikan haji pada tahun ini walaupun dalam jumlah terbatas. (*)

Share :

Baca Juga

Deputi Direktur Democratic Resilience & Governance USAID Indonesia, Anders Mantius saat memberi sambutan pembuka dalam Webinar Pelacakan Kontak: Mengoptimalkan Dukungan Masyarakat dalam 3T yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari program LeaN ON, Senin (2/8). Foto: Youtube BNPB.

Nasional

USAID Indonesia: Keterlibatan Masyarakat Sipil Penting dalam Menghadapi Pandemi

Nasional

Lapas Overload dan Terbakar, Gus Jazil: Harus Ada Grand Design Baru Penanganan Warga Binaan
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital" pada Minggu, (7/2).

Nasional

Moeldoko Akui Lebih Takut Todongan Wartawan Daripada Senjata

COVID-19

Satgas Pastikan Isu Chip Dalam Vaksin Covid-19 Hoaks
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setneg.

COVID-19

Nilai PPKM Selama Ini Tidak Efektif, Jokowi Putuskan 09 Februari PPKM Skala Mikro
Wakil Sekjen DPN Bintang Muda Indonesia Aditiya Utama. Foto: FEB/Progresnews.id.

Nasional

BMI Minta KPK Juga Tangkap Kader PDIP di Kasus Eddy Prabowo

Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Ekspor Produk Senilai 23,75 Triliun ke Pasar Global
Kepala Kampung Imsar Oscar Giay, Direktur PtPPMA Naomi Marasian, dan Kepala BUMKam Daniel Bairam bersama pembawa acara Novita Kristiani saat mengikuti seri 4 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Olahan Kakao di Lembah Grime yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Senin (23/8).

Nasional

Sempat Diserbu Hama, Komoditas Kakao Tetap Jadi Andalan Masyarakat Adat Lembah Grime Jayapura