IAI Sunan Giri Dirikan Program Magister Pertama Di Bojonegoro

IAI Sunan Giri Dirikan Program Magister Pertama Di Bojonegoro
Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I saat ditemui pewarta Progresnews di Ruang Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri, Rabu, 23 September 2020. Foto: Alfa Kamila/Progresnews.id.

BOJONEGORO – IAI Sunan Giri merupakan perguruan tinggi yang pertama kali melahirkan Program Magister di Bojonegoro. Berangkat dari permintaan para alumni yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana namun terkendala oleh jarak dan sebab tuntutan jaman yang mengharuskan seseorang di sebagian bidang pekerjaan untuk mempunyai gelar Magister, maka kemudian Program Magister IAI Sunan Giri lahir dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

Memahami pula bahwa untuk mengambil pendidikan Program Magister, aturan dari kementerian agama adalah tempat pendidikan tidak boleh lebih dari 50 kilometer, dan jika melebihi dari itu maka tidak akan diakui oleh kementerian agama.

Solusi yang tepat untuk hal ini adalah dengan mendirikan program magister di Kota Bojonegoro, jadi jika dipikir ke depannya, maka akan sangat membantu banyak orang yang ingin mendapat gelar Magister.

Ketika ditanya mengenai alasan memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam di awal berdiri tahun 2019 lalu ini, Sri Minarti selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menjelaskan bahwa, jurusan Pendidikan Agama Islam adalah jurusan tertua di kampus IAI Sunan Giri ini. Dan juga dikarenakan jurusan PAI ini adalah jurusan yang paling banyak peminatnya di seluruh Indonesia.

“Untuk dosen tetap di Program Magister ini otomatis dari IAI sendiri, karena sudah ketetapan dari Diktis bahwa dosen tetap harus dari institusi itu sendiri dan harus yang ber-NIDN. Tapi tak melulu hanya itu, kami juga mendatangkan dosen tamu yakni professor-professor dari universitas ternama di malang. Saya pun sempat terpikirkan juga untuk mendirikan program S3 PAI di IAI Sunan Giri, kelak,” Jelasnya saat ditemui di ruang dekan Rabu pagi tadi (23/09/20).

Program magister yang baru berusia satu setengah tahun ini memberikan beasiswa pendidikan kepada para mahasiswa terbaik pertama dari setiap prodi di IAI Sunan Giri. Tak hanya itu, program ini juga memberikan biaya pendaftaran gratis kepada seluruh calon sarjana yang mau mendaftar di hari yang bersamaan dengan SK Yudisium turun.

Dekan Fakultas Tarbiyah yang akrab disapa Bu Min ini juga memberi pandangan bahwa sangatlah penting untuk setiap orang menempuh pendidikan S2 atau bahkan S3, sebab semakin berjalan zaman maka akan semakin banyak tuntutan yang diberikan. [Alfa Kamila]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.