Home / Jendela / Warta

Selasa, 16 November 2021 - 15:23 WIB

Hari Toleransi Internasional 2021 Usung Tema Climate as a Wicked Problem, Apa Itu?

Foto Ilustrasi: Twitter Resmi United Nations @UN

Foto Ilustrasi: Twitter Resmi United Nations @UN

Jendela, Progresnews.idInternational Day for Tolerance atau Hari Toleransi Internasional diperingati setiap tanggal 16 November. Peringatan ini memiliki tujuan agar manusia bisa hidup berdampingan dengan damai melalui sikap saling menghargai perbedaan yang ada di antara sesama manusia.

Toleransi merupakan sikap menerima dan menghormati adanya keberagaman antara satu dan lainnya yang memiliki fungsi sebagai simbol dalam mewujudkan rasa aman di setiap wilayah di dunia. Toleransi bisa dimaknai sebagai bentuk ekspresi nyata terkait bagaimana menjadi manusia untuk manusia.

Tema yang diusung pada Hari Toleransi Internasional kali ini adalah “Climate as a Wicked Problem” atau jika dalam Bahasa Indonesia adalah “Iklim adalah Perkara Jahat.”

Tema kali ini merujuk pada situasi yang lebih luas lagi yaitu menghargai alam. Salah satu tantangan terbesar pada saat ini adalah perubahan iklim. Untuk itu Hari Toleransi Internasional mengajak untuk mengubah dasar masyarakat menuju masa depan yang ramah lingkungan dengan menemukan cara baru untuk berkolaborasi.

Baca Juga:  Begini Khidmat DPC PKB Gresik Pada Momen HSN 2021

Berkolaborasi memerlukan persatuan yang erat, oleh karenanya orang-orang di dunia harus terus berkomitmen untuk saling menghargai agar dapat sampai pada tujuan yang diinginkan.

Di sisi lain, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi toleransi. Sebagai negara yang kaya akan keberagaman seperti suku, bahasa agama, serta ras, Indonesia menyadari bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam tujuan berbangsa dan bernegara, diperlukan adanya semboyan kuat sebagai pedoman menjaga kesatuan Negara Indonesia.

“Bhinneka Tunggal Ika” yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu merupakan semboyan yang dipakai sebagai gambaran Persatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI). Slogan yang tertulis pada burung Garuda Pancasila ini menegaskan bahwa bangsa Indonesia harus hidup rukun berdampingan dengan menjunjung tinggi rasa untuk saling menghargai dan menghormati.

Baca Juga:  Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah Saat PTM Terbatas

Melalui hari Toleransi Internasional, kita diingatkan kembali pentingnya menjaga keharmonisan antar bangsa. Satu hal yang harus diingat adalah jangan berhenti untuk terus menanamkan dalam diri bahwa perbedaan yang ada di antara sesama bangsa merupakan simbol keindahan khas yang dimiliki Indonesia.

Indonesia bukan milik satu, suku, agama, kepercayaan, ras, atau golongan tertentu namun Indonesia adalah milik seluruh bangsa Indonesia. Semua warga negara memiliki porsi yang sama dalam hak dan kewajiban berbangsa dan negara. Terus lestarikan identitas bangsa. Junjung tinggi nilai-nilai Pancasila. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Wapres Ma’ruf Amin menerima audiensi Kepala BKKBN Hasto Wardoyo di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa sore (30/11/2021). (Foto: BPMI Setwapres)

Nasional

Wapres Instruksikan BKKBN Percepat Penanganan Stunting
Perwakilan Pemerintah Desa saat menkonfirmasi terkait dampak polusi kepada PT. Jayabrix Indonesia. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Resahkan Warga, Polusi PT. Jayabrix Indonesia Dinilai Ancam Kesehatan

Bojonegoro

Melalui Sepak Bola, Perangkat Kalitidu Sambung Persahabatan Dengan Desa Pacul
Kakanwil Kemenag Jatim, Dr Husnul Marom, menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Desa Sambipondok Sidayu, Jumat (12/11) malam. Foto: Chidir/Progresnews.id

Tokoh

Kakanwil Kemenag Jatim Menyapa Warga Gresik

Warta

Gus Yani Tunjuk Sekda Pimpin OPOP Kabupaten GRESIK
Kasat Lantas Polres Lamongan saat memotivasi anak-anak di Desa Weduni Kecamatan Deket Lamongan.

Lamongan

Motivasi Anak-Anak Terdampak Banjir, Kasat Lantas Polres Lamongan Rela Jadi Guru Dadakan
Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Munif Syarif saat ditemui di kantor, Selasa (5/10). Foto: Progresnews.

Lamongan

Hari Guru Internasional, Kadisdik Lamongan Harap Literasi Digital Bisa Dorong Guru Lebih Produktif
Ucapan selamat kepada bupati terpilih, karangan bunga berjejer memadati Alun-Alun Lamongan. (Foto: Ammy)

Lamongan

Ucapan Selamat ke Bupati Terpilih, Perajin Karangan Bunga di Lamongan Raup Omset Jutaan Rupiah