Home / Nasional / Warta

Senin, 8 Februari 2021 - 13:19 WIB

Hari Pers Nasional, Gubernur DKI: Pandemi Adalah Peluang Sejarah Bagi Pers

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2). Sumber Foto: Youtube Dewan Pers.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2021, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dewan Pers mengadakan Konvensi Nasional Media Masa dengan Tema “Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital”, yang pada tahun ini diadakan di Jakarta, Senin (8/2).

Sebagai Kepala Tuan Rumah dan pembuka konvensi media masa ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak khususnya insan pers. Karena bahkan sebelum pandemi ini datang, peran pers tak pernah berhenti berperan sebagai penyambung apakah proses pemerintah berjalan dengan baik atau tidak.

Baca Juga:  15 Jurnalis Asal Tuban Lulus Seleksi Program FJPP

Anies juga menyebut bahwa peran pers di masa pandemi menjadi suatu tantangan yang berat, karena tentu agak berbeda dengan bencana alam lainnya. Menurutnya dua hal penting yang harus dilakukan adalah kebijakan tepat di level makro, dan perilaku benar di level mikro. Kedua aspek ini harus bekerja sama dan berkesinambungan agar pandemi ini dapat dikendalikan bersama.

Menurutnya krisis pada saat ini haruslah dianggap sebagai perubahan yang dipercepat dengan tepat. Media berperan untuk menjaga serta menjadi mata dan telinga tentang apapun yang terjadi di lapangan. Selain itu, media pers dianggap sebagai pemegang sejarah saat ini untuk masa depan.

Baca Juga:  Peringati HPN, Kapolres Lamongan: Beritamu Adalah Sumber Inspirasiku

“Dulu pra pandemi istilah ODP dan PDP sangat gencar dibicarakan, namun sekarang sudah tidak lagi. Pandemi ini akan menjadi sekarah di masa depan dan peran media saat ini akan disorot nanti. Ini adalah peluang sejarah bagi pers, pers selalu menjadi bagian penting dari pandemi saat ini”.

Mengakhiri sambutannya, Anies menambahkan bahwa semua tokoh kemerdekaan dulu adalah juga seorang penulis. Gagasan dan bentuk tulisannya sangat berpengaruh dan menjadi sejarah. Kali ini tantangannya bukan berperang melawan kolonialisme, tetapi berperang melawan pandemi, dan ini adalah panggilan sejarah di masa depan.

Share :

Editor : Alfa Kamila

Baca Juga

Ilustrasi sampel darah Covid-19. Foto: Freepic.

COVID-19

Obat Alternatif Covid-19 Plasma Konvalesan Mulai Dipakai, Ini Tanggapan IDI Lamongan

Nasional

Perubahan Iklim Kian Serius, Gus Muhaimin Kampanyekan Politik Hijau
MUI Lamongan Baiat Pimpinan Ranting se-Kecamatan Deket. Foto: Ivan/Progresnews.id.

Lamongan

MUI Lamongan Baiat Pimpinan Ranting se-Kecamatan Deket
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam pertemuannya dengan Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (8/11). Foto: Kemenag.

Nasional

Kemenag Bakal Terbitkan SE PTKN Dukung Permendikbud PPKS
Al Muiz Liddinillah dari Beritabaru.co, Rini Kurnia Solihat Kepala Bidang Bina Keuangan dan Aset Desa DPMD Kab. Kubu Raya, dan Firdaus Direktur Juang Laut Lestari (JARI) Borneo Barat dalam acara Podcast ke-4 Festival Inovasi Ecological Fiscal Transfer (EFT), Selasa (12/10).

Nasional

Keselarasan Kebijakan Dalam Penerapan TAKE Kubu Raya
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara kementerian. Foto: menpan.go.id

Nasional

Perbaiki Layanan Publik, Menteri PANRB Siapkan Aturan Kerja ASN yang Fleksibel
Yuhronur Efendi saat rapat koordinasi dengan dua pilar TNI dan Polri menindaklanjuti kluster hajatan di Kecamatan Modo. Foto : Ammy

Lamongan

Korban Terus Bertambah, Pemkab Lamongan Buat Skema Penanganan Klaster Hajatan
Foto: Kemenhan.

Nasional

Kemenhan Gandeng Teknolog Perguruan Tinggi Untuk Pertahanan Negara