Home / Nasional / Warta

Senin, 8 Februari 2021 - 13:19 WIB

Hari Pers Nasional, Gubernur DKI: Pandemi Adalah Peluang Sejarah Bagi Pers

Reporter : Alfa Kamila

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2). Sumber Foto: Youtube Dewan Pers.

Jakarta, Progresnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2021, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dewan Pers mengadakan Konvensi Nasional Media Masa dengan Tema “Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital”, yang pada tahun ini diadakan di Jakarta, Senin (8/2).

Sebagai Kepala Tuan Rumah dan pembuka konvensi media masa ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak khususnya insan pers. Karena bahkan sebelum pandemi ini datang, peran pers tak pernah berhenti berperan sebagai penyambung apakah proses pemerintah berjalan dengan baik atau tidak.

Baca Juga:  Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers

Anies juga menyebut bahwa peran pers di masa pandemi menjadi suatu tantangan yang berat, karena tentu agak berbeda dengan bencana alam lainnya. Menurutnya dua hal penting yang harus dilakukan adalah kebijakan tepat di level makro, dan perilaku benar di level mikro. Kedua aspek ini harus bekerja sama dan berkesinambungan agar pandemi ini dapat dikendalikan bersama.

Menurutnya krisis pada saat ini haruslah dianggap sebagai perubahan yang dipercepat dengan tepat. Media berperan untuk menjaga serta menjadi mata dan telinga tentang apapun yang terjadi di lapangan. Selain itu, media pers dianggap sebagai pemegang sejarah saat ini untuk masa depan.

Baca Juga:  Dukung Visi-Misi, DPRD Gresik Minta Gus Yani-Bu Min Segera Usung RPMJD

“Dulu pra pandemi istilah ODP dan PDP sangat gencar dibicarakan, namun sekarang sudah tidak lagi. Pandemi ini akan menjadi sekarah di masa depan dan peran media saat ini akan disorot nanti. Ini adalah peluang sejarah bagi pers, pers selalu menjadi bagian penting dari pandemi saat ini”.

Mengakhiri sambutannya, Anies menambahkan bahwa semua tokoh kemerdekaan dulu adalah juga seorang penulis. Gagasan dan bentuk tulisannya sangat berpengaruh dan menjadi sejarah. Kali ini tantangannya bukan berperang melawan kolonialisme, tetapi berperang melawan pandemi, dan ini adalah panggilan sejarah di masa depan.

Share :

Baca Juga

Bantuan-Operasional Pesantren dan Pendidikan Agama Islam

Nasional

Kemenag Siapkan Bantuan Operasional untuk Pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam
Foto: Kemenkes RI.

Kesehatan

Prevalensi Kusta Pada Anak Masih Tinggi, Kemenkes Arahkan Kader Puskesmas Untuk Turun
Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2).

Warta

Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Nasional

Multitafsir, Gus Jazil Setuju Keinginan Jokowi Merevisi UU ITE

Nasional

Pendaftaran Kuota Internet Gratis Diperpanjang Kemendikbud

Nasional

Lima Point RUU ASN, Non-ASN Bisa Jadi PNS Tanpa Tes

Nasional

Sambut Hari Disabilitas Nasional, Jokowi Berpesan Untuk Ubah Stigma Negatif Terhadap Penyandang Disabilitas
Forum webinar dengan pembahasan Seni Thak-Thakan dari Desa Kenanti yang diikuti oleh Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang, Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Hiburan

Seni Thak-Thakan dari Tambakboyo yang Menyita Perhatian Budayawan Malang