Home / Jendela

Senin, 8 November 2021 - 20:35 WIB

Hari Penemu 9 November, Ini 3 Penemuan Vital di Dunia

Foto ilustrasi: Unplash Maria Teneva.

Foto ilustrasi: Unplash Maria Teneva.

Jendela, Progresnews.id — Pernakah kamu membayangkan terlahir sebagai manusia pada waktu berabad-abad yang lalu? Coba renungkan, saat malam tiba, mungkin bukan lampu yang menerangi kegiatanmu, namun hanya sedikit sinar dari cahaya bulan dan bintang yang masuk di sela-sela tempat tinggalmu, atau sempatkah kalian berpikir apa yang terjadi ketika sebuah alat komunikasi canggih belum ditemukan? Interaksi akan serba terbatas. Jangkauan juga tidak luas. Semua terasa sulit, kehidupan mungkin akan memerlukan dua kali usaha lebih keras daripada apa yang dijalankan saat ini.

Untuk itulah, para penemu layak menempati daftar urutan orang berpengaruh di dunia. Mereka merupakan sekumpulan komponen biotik yang berperan besar dalam sejarah kemajuan dunia. Oleh karenanya, sebagai rasa penghormatan maka tanggal 9 November diperingati sebagai Hari Penemu.

Pada abad ini, makhluk hidup terutama manusia sedang menikmati hasil kecerdasan mereka. Kontribusi mereka terhadap peradaban dunia begitu signifikan, hasilnya bisa dilihat saat ini. Penemuan-penemuan mereka mempermudah Manusia, Hewan, dan Tumbuhan dalam menjalankan kehidupan.

Meskipun tidak seluruh negara di dunia mengakui adanya Hari Penemu, sebagai manusia yang turut serta merasakan bagaimana semua itu dapat membantu meringankan aktivitas sehari-hari, sudah sepatutnya kita membuka serta belajar kembali apa saja penemuan-penemuan penting sepanjang sejarah dunia sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga:  Belajar Otodidak, Pasutri ini Turut Lestarikan Batik Gresik

Berikut Tiga penemuan vital sepanjang sejarah. Simak yuk!

Telepon

(Gambar: Old Phone by gettyimages)

Alexander Graham Bell merupakan seorang ilmuwan yang menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi telekomunikasi. Ia menemukan perangkat telepon pada tahun 1876.

Alexander Graham Bell membawa perubahan besar dalam cara berkomunikasi manusia. Tanpa ada ide menakjubkannya, manusia akan memiliki keterbatasan dalam berinteraksi.

Zaman semakin berkembang, pada periode ini, manusia memiliki fasilitas mewah dalam berkomunikasi. Media sosial sebagai media daring hadir dan memberi berbagai solusi untuk dapat terus terhubung melalu beragam fitur yang ditawarkan. Seberapa jauh jarak antara manusia satu dengan manusia lainnya sudah bukan menjadi kendala terbesar untuk saling tersambung.

Perangkat Listrik

(Gambar: Electric Tower by gettyimages)

Listrik memiliki peran fundamental bagi kehidupan manusia. Beberapa di antaranya adalah sebagai sumber penerangan, penghasil panas, sumber energi, penghasil gerak, dan seterusnya.

Lantas siapa yang memiliki peran dalam penemuan ini? Ia adalah Ampere Michael Faraday, seorang laki-laki kelahiran Inggris pada 22 September 1971 ini mendapat julukan “Bapak Listrik” atas prestasinya dalam menemukan sebuah fenomena yang memiliki kontribusi mengagumkan dalam kehidupan makhluk hidup.

Baca Juga:  Sekelumit Cerita Para Kepala Desa Bungah

Vaksin

(Gambar: Gloved Hand Holding a Syringe by gettyimages)

Edward Jenner merupakan penemu vaksin cacar sapi, vaksin pertama di dunia. Pria kelahiran 17 Mei 1949 memiliki kontribusi nyata dalam menyelamatkan banyak nyawa. Ia mendapat julukan “Bapak Imunologi”.

Edward Jenner memiliki kemampuan yang sangat baik dalam pembedahan dan penyelidikan dan juga pemahamannya pada anatomi tumbuhan dan hewan.

Pada mulanya Ia mendapat hasil pengamatan bahwa para pemerah susu yang memiliki kontak dengan cacar sapi tidak tertular oleh cacar manusia. Kemudian Ia menguji teorinya dan berhasil mengatasi masalah cacar.

Vaksin diberikan kepada individu untuk memunculkan kekebalan atau yang bisa disebut dengan antibodi sehingga dapat terlindung dari suatu penyakit.

Itulah 3 penemuan vital di dunia. Semoga seiring berjalannya waktu akan terus bermunculan individu-individu baru yang mampu menciptakan berbagai hal baru bersifat positif. Selamat Hari Penemu! Terima kasih untuk segala hal yang diberikan. Kerja keras, Tekad, dan Semangat kalian akan terus menjadi sebuah inspirasi bagi kami. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Foto: GTK Dikdas .

Jendela

Sepak Terjang Kurikulum Pendidikan Indonesia
BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Film

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran
Ilustrasi Pelangi: Getty Images.

Jendela

Mengapa Menaruh Harapan Lebih kepada Pelangi? Ia Tidak Selalu Datang Setelah Hujan
Gapura masuk Desa Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Jendela

Sekelumit Cerita Para Kepala Desa Bungah
Mustakim saat ditemui di Cafe Cliff, Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (5/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Jendela

Mustakim, Ninja Monjali yang Tak Pernah Lelah Mengabdi
Mbah Mat Kauli Gresik Pelestari Seni Tradisi Macapatan Khas Gresik

Jendela

Siapa Mbah Mat Kauli Gresik? Berikut Fakta-faktanya
Asyik. Anak-anak UPT SDN 13 Tlogopatut saat Jam Kunjung Perpustakaan. Foto: Dokumentasi/Progresnews.id

Jendela

Kisah Bu Fina, Guru Sekolah Inklusi Ajarkan Semangat Literasi

Jendela

LBBM dan Yayasan Gang Sebelah Gelar Apresiasi Sastra