Home / Daerah

Sabtu, 28 November 2020 - 22:55 WIB

Hari Menanam Pohon Indonesia, Bu Min Siap Tingkatkan Kawasan Hijau di Gresik

Reporter : Progresnews - Telah dibaca 609 kali

Aminatun Habibah.

Aminatun Habibah.

Gresik, Progresnews.id — Pada tanggal 28 November 2020, Indonesia memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Peringatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomer 24 Tahun 2008. Dalam Keputusan Presiden itu juga disebutkan bahwa bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional.

Terbitnya Keputusan Presiden tersebut menjadi bukti keseriusan Indonesia, dalam hal ikut serta menyeimbangkan kelestarian lingkungan hidup dan ekosistem secara nasional bahkan dunia. Keseriusan itu juga terbukti dengan terbitnya UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penata Ruang, yang secara tegas menyatakan minimal 30% dari wilayah kota berwujud ruang terbuka hijau (RTH).

Di Gresik, yang kini tengah berkembang menjadi kota industri, perdagangan dan bisnis, RTH memegang peranan penting untuk menjaga kualitas udara di wilayah Gresik. Apabila industri dan bisnis berkembang dan tidak dibarengi dengan lingkungan hijau yang memadai, maka kualitas udara akan buruk.

Menanggapi hal tersebut, Calon Wakil Bupati Aminatun Habibah menilai bahwa lingkungan hijau yang ada di Gresik ini masih sangat kurang, baru terbatas pada sekolah-sekolah Adiwiyata dan wilayah-wilayah tertentu. Masih Banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mengindahkan lingkungan hijau.

Baca Juga:  Sah Jadi Bupati, Gus Yani Inginkan Kolaborasi Demi Memajukan Gresik

“Perlu adanya suatu instruksi kepada seluruh perusahaan atau apa saja yang ada di Kabupaten Gresik untuk membuka ruang terbuka hijau supaya ada keseimbangan antar alam di Kabupaten Gresik. Sehingga industri yang rasanya panas ini menjadi menjadi terasa lebih seimbang, antara oksigen dengan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh perusahaan dan kendaraan yang ada di Gresik,” tegas Aminatun Habibah yang akrab disapa Bu Min, Sabtu (28/11).

Karena itu, bersama Gus Yani, Bu Min jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati maka pihaknya akan meningkatkan kawasan hijau di Gresik.

“Bahwa seluruh institusi atau lembaga yang ada di Kabupaten Gresik ini diwajibkan untuk membuat RTH sesuai dengan UU 26 Tahun 2007. Atau bila diperlukan akan dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perpub) yang mengatur tentang RTH di Kabupaten Gresik. Mengapa demikian? Karena RTH itu sangat dibutuhkan untuk keseimbangan alam yang ada di Kabupaten Gresik ini,” tegasnya.

Baca Juga:  PR IPNU IPPNU Balun Gelar Pelantikan dan Halaqah Kebangsaan

Di samping itu, dalam momen HMPI 2020, Bu Min juga berpesan kepada masyarakat untuk terus merawat pohon yang sudah ada.

“Di hari menanam pohon Indonesia, pesan yang kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Gresik mari kita rawat pohon yang sudah ada. Jangan merusaknya. Dan kalau bisa setiap orang harus menanam pohon supaya oksigen yang kita butuhkan, yang diberikan pohon ini lebih banyak dan lingkungan yang ada di kabupaten Gresik ini lebih sehat, sehingga kesempatan untuk hidup di kabupaten Gresik ini lebih tinggi,” pungkasnya. [IPK].

Share :

Baca Juga

Daerah

Memastikan Kesiapan Pospam Lilin Semeru 2020 di Wringinanom, Kapolres Lakukan Kunjungan
STAIDA Gresik Gelar Webinar Online Yang Kesekian Kalinya

Daerah

STAIDA Gresik Gelar Webinar Online Yang Kesekian Kalinya

Daerah

Antisipasi Lakalantas, Satlantas Polres Lamongan Tandai Jalan Rusak

Daerah

Dewan Kehormatan KONI Tuban Berharap Tuban Naik Peringkat di Porprov Jatim 2022
Pasien Sembuh Covid-19 di Lamongan Tembus 622 Orang

COVID-19

Pasien Sembuh Covid-19 di Lamongan Tembus 622 Orang
Manfaatkan Era Digital, Forkopimda Provinsi Jatim Bersama Kabupaten Gresik dan Santri Peringati Maulid Nabi

Daerah

Manfaatkan Era Digital, Forkopimda Provinsi Jatim Bersama Kabupaten Gresik dan Santri Peringati Maulid Nabi

Daerah

Banjir Kali Lamong Kembali Rendam Gresik Selatan
Jelang Lanjutan Shopee Liga 1, Persela Lamongan Genjot Latihan

Daerah

Jelang Lanjutan Shopee Liga 1, Persela Lamongan Genjot Latihan