Home / Jendela

Sabtu, 27 November 2021 - 16:14 WIB

Hari Menanam Pohon Indonesia, Apa Sih Manfaat Menanam Pohon?

Twitter Team Trees Official.

Twitter Team Trees Official.

Jendela, Progresnews.id — Hari menanam pohon Indonesia ditetapkan pada setiap tanggal 28 November. Meskipun sebagian besar di antara kita mengetahui secara jelas bagaimana peran pohon bagi makhluk hidup, namun di antara kita masih banyak yang tidak menaruh perhatian lebih tentang bagaimana keadaan pohon di negara ini.

Oleh karenanya tujuan hari penting ini adalah untuk memberikan atau meningkatkan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menanam pohon sebagai cara untuk memulihkan kerusakan sumber daya hutan dan lahan.

Pada dasarnya, pohon memberi banyak hal pada kita, namun sudakah kita melakukan hal yang sama? Memang saat memberi kita tidak boleh mengharap kembali.

Namun sebagai makhluk hidup yang diciptakan lengkap dengan hati dan otak untuk berpikir, pertanyaan seperti ini harus sering berkeliling di kepala agar hati tergerak untuk menjaga pohon yang ada di sekitar.

Semua dimulai dari yang terdekat, awali dengan mengamati sekitar rumah, sudakah menyediakan lahan kosong untuk ditempati oleh tanaman? Jika belum, segera lakukan. Terlambat itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca Juga:  "Lali Dalan" Lagu Baru Bupati Bojonegoro di Tahun 2021

Berikut manfaat pohon dalam kehidupan.

Pohon sebagai Penghasil Oksigen

Pohon memiliki fungsi sebagai penyuplai oksigen. Lantas bagaimana cara pohon hingga dapat menghasilkan oksigen? Jawabannya adalah melalui proses fotosintesis yang memberikan energi.

Energi berasal dari cahaya matahari, karbon dioksida, dan air yang diserap oleh akar dari dalam tanah. Kemudian karbon dioksida dengan air serta matahari akan menghasilkan oksigen. Beginilah proses bagaimana pohon telah memberi kehidupan bagi makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan.

Pohon sebagai Pencegah Bencana

Bencana alam seperti longsor dan banjir terjadi salah satunya disebabkan oleh sedikitnya atau bahkan tidak ada pohon yang tertanam pada lingkungan tersebut. Pohon berfungsi sebagai penyerap air.

Ketika terdapat banyak pohon dalam suatu tempat, maka air yang datang seperti air hujan dapat diserap oleh pohon. Hal ini dapat menghindari terjadinya genangan atau luapan air yang berlebih.

Baca Juga:  Kisah Bu Fina, Guru Sekolah Inklusi Ajarkan Semangat Literasi

Pohon Sebagai Sumber Makanan

Begitu rinci manfaat pohon dalam kehidupan manusia dan hewan. Selain sebagai penghasil oksigen dan mencegah terjadinya bencana, pohon juga merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya.

Bisakah kalian menghitung berapa kali kita diberi kenikmatan bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan?

Mungkin sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Beragam buah beserta kandungan gizi di dalamnya adalah jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan, dan semua itu diperoleh dari pohon.

Selamat Hari Menanam Pohon! Berikut deretan kata cantik milik Kahlil Gibran. Semoga bisa menjadi sebuah energi untuk terus berpartisipasi dalam upaya melestarikan pohon,“Trees are poems that the earth writes upon the sky, we cut them down and turn them into paper that we may record our emptiness.”

Atau dalam bahasa Indonesia adalah “Pohon adalah puisi yang ditulis bumi di langit, kami menebangnya dan mengubahnya menjadi kertas agar kami dapat mencatat kekosongan kami.”[Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Picture by gettyimages

Jendela

27 November Sebagai Hari Tanpa Belanja, Apa Itu?

COVID-19

Kemenkes Keluarkan SE Tentang Rapid Test Antigen Sebagai Metode Diagnosis

Jendela

Jelang Pertandingan Barcelona Vs Paris Saint-Germain, Ronald Koeman : Kami Sangat Bersemangat

Jendela

Aneka Menu Ikan Bandeng, Manakah Favoritmu?
Ilustrasi Program Sekolah Penggerak dari Naskah Akademik Kemendikbud.

Jendela

Program Sekolah Penggerak Wujud Refleksi Tiga Program Sekolah Sebelumnya

Hiburan

Berkesan Zaman Kerajaan, Warung Joglo Merah Putih Surabaya Semakin Diminati
Mustakim saat ditemui di Cafe Cliff, Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (5/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Jendela

Mustakim, Ninja Monjali yang Tak Pernah Lelah Mengabdi
BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Film

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran