Home / Nasional / Warta

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:37 WIB

Hari Ini, Presiden Resmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2). Foto: tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2). Foto: tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pacitan, Progresnews.id – Presiden Joko Widodo bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur. Kunjungan Presiden hari ini untuk meresmikan Bendungan Tukul yang berlokasi di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2).

Dalam pemaparannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih kepada Presiden karena telah menempatkan proyek strategis nasional di Jawa Timur.

“Tentu atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan seluruh masyarakat Jawa Timur. Bahwa pak Presiden telah berkenan menempatkan proyek strategis nasional diantaranya adalah 6 bendungan di Jawa Timur. Kami mohon bapak berkenan meresmikan adalah Bendungan Tukul di Pacitan,” jelas Khofifah.

Khofifah juga berharap bendungan ini menjadi penguatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Pacitan.

“Tentu ini menjadi bagian dari penguatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di wilayah Pacitan. Karena bisa mensuplai irigasi sampai 600 hektar, penyediaan air baku sampai dengan 300 liter per detik, dan potensi sebagai energi listrik tentu juga adalah untuk wisata dan konservasi,” tambahnya.

Baca Juga:  Jokowi Minta Dikritik, Pakar Kebijakan Publik: Cuma Pidato Normatif

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukur atas tercapainya pembangunan Bendungan Tukul di Pacitan.

“Alhamdulillah, pada siang hari ini Bendungan Tukul yang telah dimulai 6 tahun lalu dengan biaya 916 miliar hari ini sudah selesai dan siap difungsikan,” kata Jokowi.

Jokowi juga memaparkan beberapa bendungan yang ada di tanah air yang sudah dimulai pembangunannya sejak beberapa tahun lalu.

“Ada 65 bendungan di seluruh tanah air yang telah kita mulai bangun 6 tahun lalu. Dan beberapa sudah bisa diresmikan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pilkada Usai, Formagam Gresik Apresiasi KPU dan Beri Pesan Kepada Pimpinan Baru

Lebih lanjut, Jokowi juga memaparkan spesifikasi yang dimiliki Bendungan Tukul yang ada di Kabupaten Pacitan.

“Dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik, bendungan ini bisa memberikan manfaat besar. Sehingga meningkatkan indeks pertanaman, dari biasanya satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija menjadi dua kali tanam padi dan palawija,” terang Jokowi.

Ia mengharapkan bendungan tersebut menjadi infrastruktur penting yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

“Saya minta agar pemerintah Provinsi dan Kabupaten, betul-betul memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga memberikan nilai tambah bagi daerah dan keuntungan bagi masyarakat. Meningkatkan produksi pertanian bagi daerah, dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah,” pungkasnya.

Share :

Editor : Alfan Niam Sofi

Baca Juga

Warta

Sepekan Jelang Konfercab NU Gresik, Para Gus dan Alumni Pesantren Lakukan Ini
Analis Kebijakan Pertama Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Paradhika Galih Satria saat menjadi pembicara pada Festival EFT, Senin (15/11).

Nasional

BKF Kemenkesu Sebut Kerjasama Pemerintah dan Swasta Jadi Kunci Keberhasilan Atasi Perubahan Iklim

Ekonomi

Ini Daftar 6 Pecahan Uang Rupiah Yang Tidak Akan Laku Diakhir Tahun 2020
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulawesi Tengah, Ihsan Basir dalam Podcast Sikola Mombine, Senin (29/3).

Nasional

Pemberdayaan Perempuan, Ihsan Basir: Laki-laki Harus Diberdayakan Dulu

Nasional

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas 2 Kali, Ini Penjelasan BPPTKG
SERIBU TERBANG. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Ansor Kecamatan Dukun Gresik menggelar puncak HSN 2021 di Desa Tebuwung, (26/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Tokoh

Puncak HSN2021, GP Ansor Dukun Gelar Parade Banjari 1000 Terbang
Kepala Kampung Imsar Oscar Giay, Direktur PtPPMA Naomi Marasian, dan Kepala BUMKam Daniel Bairam bersama pembawa acara Novita Kristiani saat mengikuti seri 4 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Olahan Kakao di Lembah Grime yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Senin (23/8).

Nasional

Tingkatkan Komoditas Kakao, Kepala Kampung Imsar Komitmen Dukung Petani
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Ratna Kawuri dalam kunjungan virtual ke Semarang pada Selasa (9/3).

Nasional

Bahas Potensi dan Investasi Bisnis, Uni Eropa Adakan Kunjungan Virtual Bersama Pemda Semarang