Home / Jendela

Jumat, 26 November 2021 - 15:35 WIB

Hari Guru Nasional 2021, Pulihkan Pendidikan

Gambar: Twitter Pusdatin Kemendikbud @pusdatin_dikbud

Gambar: Twitter Pusdatin Kemendikbud @pusdatin_dikbud

Jendela, Progresnews.id – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, Guru memiliki peran penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru diberi sebuah tanggung jawab dan harapan pada kedua pundak mereka demi tercapainya cita-cita bangsa.

Seperti yang diketahui tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional untuk mengapresiasi jasa para guru di Indonesia. Tema yang ditetapkan pada Hari Guru Nasional kali ini adalah “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”.

Tema yang diusung sesuai dengan situasi dan kondisi pendidikan di Indonesia setelah Covid-19 hadir dan mengubah tatanan yang ada. Bergerak dengan hati merupakan aksi tulus dalam mencerdaskan generasi bangsa dalam keadaan apapun termasuk saat pandemi melanda.

Baca Juga:  Film Pendek "Ngidul", Tegur Remaja Gresik Peduli Tradisi

Sedangkan pulihkan pendidikan menggambarkan keadaan pendidikan di Indonesia yang membutuhkan perhatian lebih karena sejak hadirnya Covid-19,  bidang pendidikan merupakan salah satu sektor yang menemui banyak perubahan signifikan sehingga membuat siswa dan guru melakukan proses adaptasi ulang dengan situasi yang ada.

Proses belajar mengajar yang dilakukan dari jarak jauh tentu bukan persoalan mudah. Terdapat banyak kendala yang dihadapi siswa berserta guru ketika metode pembelajaran seperti ini mulai diterapkan, seperti koneksi internet, kuota hingga sebuah ponsel yang tidak semua siswa memilikinya.

Pada awalnya semua terlihat sulit sehingga tidak mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran saat kondisi seperti ini. Namun perlahan, seperti yang sudah diketahui, pihak terkait selalu mencoba menemukan solusinya, seperti memberi bantuan kuota gratis dan sebagainya. Akan tetapi permasalahan yang ada tidak berhenti di sini. Pembelajaran jarak jauh bukan hanya soal fasilitas, namun juga soal adanya kekhawatiran bahwa anak-anak akan mengalami sebuah keadaan yang membuat mereka sulit bersosialisasi karena sudah terbiasa belajar sendiri.

Baca Juga:  Mustakim, Ninja Monjali yang Tak Pernah Lelah Mengabdi

Saat ini perlahan situasi mulai membaik. Terdapat sekolah yang mulai melaksanakan kegiatan belajar-mengajar tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Melalui Hari Guru Nasional ini semoga dapat dijadikan energi baru yang positif dalam mencapai tujuan bersama yaitu mempersiapkan generasi bangsa yang bertaraf. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Bojonegoro

“Lali Dalan” Lagu Baru Bupati Bojonegoro di Tahun 2021
Ilustrasi chip pada otak manusia. Foto: teslarati.com.

Jendela

Startup Besutan Elon Musk Bakal Tanam Chip di Otak Manusia
Foto: GTK Dikdas .

Jendela

Sepak Terjang Kurikulum Pendidikan Indonesia
MENYESAL. Ayu menyesali dirinya sebab menganggap tradisi itu lapuk, dan tidak gaul. Foto: Tangkapan layar IG MTs Maarif Sidomukti/Progresnews.id

Film

Film Pendek “Ngidul”, Tegur Remaja Gresik Peduli Tradisi
Twitter Team Trees Official.

Jendela

Hari Menanam Pohon Indonesia, Apa Sih Manfaat Menanam Pohon?
Foto ilustrasi: Unplash Maria Teneva.

Jendela

Hari Penemu 9 November, Ini 3 Penemuan Vital di Dunia
Picture by Getty Images.

Jendela

Kenali 3 Tipe Gaya Belajar Berikut, Simak dan Identifikasi Tipe Seperti Apa Kamu?
Ilustrasi Program Sekolah Penggerak dari Naskah Akademik Kemendikbud.

Jendela

Program Sekolah Penggerak Wujud Refleksi Tiga Program Sekolah Sebelumnya