Home / Warta

Selasa, 23 November 2021 - 12:52 WIB

Gus Yani Tunjuk Sekda Pimpin OPOP Kabupaten GRESIK

Gresik, Progresnews.id– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menggelar Ngopi dan Kolaborasi Serap Aspirasi (Kopilaborasi). Dialog kali ini bertempat di Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik, Senin (22/11).

Hadir dalam Kopilaborasi antara lain Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Jenderal (Sekjend) One Pesantren One Product Jawa Timur Mohammad Ghofirin, Pelaksana Tugas (Plt) Diskoperindag Jatim Mas Purnomohadi.

Nampak pula Ketua Komisi B DPRD Jatim Aliyadi Mustofa, Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin KH Iklil Sholeh, Pengurus Ponpes Qomaruddin Gus Alaudin, KH Nawawi dan sejumlah kepala OPD Pemkab Gresik.

Dalam sambutannya, Sekjend One Pesantren One Produk (OPOP) Provinsi Jatim Mohammad Ghofirin sangat mengapresisasi Pemerintah Kabupaten Gresik.

Menurutnya, Gresik adalah satu-satunya Kabupaten yang pertama kali merespon dan mengukuhkan pengurus OPOP tingkat Kab/Kota di Jawa Timur.

Baca Juga:  Dua Remaja Diingkus BNNK Gresik, Petugas Sita Seberat 7,7 gram Sabu

Mohammad Ghofirin mengungkapkan, bahwa Provinsi Jawa Timur memiliki 6.864 pondok pesantren atau 24,76 persen dari total pesantren secara nasional.

Pihaknya berharap ini bisa menjadi motor kebangkitan ekonomi berbasis pesantren untuk digarap secara serius dalam perwujudan produk-produk untuk kebangkitan pesantren dan masyarakat sesuai slogan OPOP, “Pesantren berdaya masyarakat sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dalam kesempatan tersebut menyatakan, bila Pemkab Gresik akan membersamai dan mensukseskan program inovatif yang digagas oleh Gubernur Jatim. Melalui OPOP, kata Gus Yani, pesantren dapat berdaya dan mandiri.

“Mari terus kita bangun sinergitas pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan pesantren. Sudah saatnya kita berfikir kemandirian itu dari pesantren dalam pembentukan karakter santri yang enterpreneur dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gresik,” ujar Gus Yani.

Baca Juga:  Peras Kepala Desa di Jenu, Oknum LSM Diringkus Polisi
Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman (tengah, bersongkok) dikukuhkan oleh Gus Yani Bupati Gresik sebagai Ketua OPOP Kabupaten Gresik, Senin (22/11). Foto: Humas Pemkab Gresik/Progresnews.id

OPOP sendiri memang merupakan sebuah program peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren dan alumni pondok pesantren.

Gus Yani berharap untuk tidak pernah takut dalam mengembangkan usaha sekecil apapun. Sebab, imbuh Gus Yani, usaha itu akan tumbuh besar melalui usaha dan kerja keras yang harus ditanam oleh adik adik santri.

“Tentunya dalam proses pendampingan dan pemasaran juga tidak terlepas dari dukungan pemerintah Kabupaten,” tandasnya.

Lebih lanjut, Plt Kadiskoperindag Jatim, Mas Purnomohadi mengatakan, Santri selain belajar ngaji akan dibentuk sebagai wirausahawan mandiri dan siap berkolaborasi dengan harapan OPOP yang menjadi unggulan tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Maka Pondok pesantren juga diharapkan hadir sebagai agen perubahan dalam kebangkitan ekonomi sesuai tiga pilar OPOP Provinsi yakni Santripreneur, Pesantrenpreneur, dan Sosiopreneur.  [Chidir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Warta

Gereja di Gresik Mulai Lakukan Persiapan Menyambut Perayaan Hari Natal 2021
Presiden Joko Widodo membuka peluang revisi pasal karet UU ITE saat menghadiri rapat pimpinan TNI-Polri, Senin (15/2). Foto: Kompas.

Nasional

Presiden Jokowi Buka Peluang Revisi UU ITE
Suasana diskusi Ngaji Bisnis. Foto: Progresnews.id

Warta

DPD BMI Jawa Timur Gandeng Djoerank Batja dan Muslimat NU untuk Tingkatkan Life Skill Masyarakat

Daerah

Lepas 31 Atlet PON XX Papua, Bupati Gresik Gus Yani Siapkan Hadiah Spesial
Kantor PMI Lamongan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Minim Pendonor, Stok Plasma Konvalesan di PMI Lamongan Mulai Menipis
Nisya Saadah Wargadipura dari Pesantren Ekologi Garut saat menjadi pemateri Webinar: Cipta Pertanian Berkelanjutan Bersama Pemuda, Festival Petani Milenial, Kamis (28/10).

Nasional

Prihatin Banyak Alih Fungsi Lahan, Pesantren Ekologi Ath-Thaariq Garut Dorong Pertanian Agro Ekologi
Babinsa di Lamongan saat menyentuh warga di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Lamongan.

Lamongan

Babinsa di Lamongan Ini Blusukan Ajak Warga Vaksinasi

Warta

Pesan Gus Yani-Bu Min, Kala Melepas Kafilah Gresik Pada MTQ XXIX