Home / Tokoh / Warta

Kamis, 28 Oktober 2021 - 23:02 WIB

Gus Yani Masuk Deretan 12 Tokoh Muda NU Jatim Versi FJN

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) bersama Istri, Ning Nurul Ali Haromaini di Pulau Bawean. Foto: Instagram @FandiAkhmadYani/Progresnews.id

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) bersama Istri, Ning Nurul Ali Haromaini di Pulau Bawean. Foto: Instagram @FandiAkhmadYani/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani atau Gus Yani masuk dalam daftar 12 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2021. Gus Yani berada diurutan nomer 6 dari sejumlah tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur.

Data tersebut dirilis oleh komunitas jurnalis berlatar NU yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin (FJN). Sebagai bentuk refleksi Hari Santri Nasional 22 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Mengutip dari Wikipedia, Gus Yani adalah Bupati Gresik yang menjabat sejak 26 Februari 2021. Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua DRPD Gresik sejak tanggal 23 September 2019 hingga 3 September 2020.

Menantu dari Pemangku Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidorajo KH Agoes Ali itu sumbangsihnya terhadap NU tak perlu diragukan. Selain menjadi orang nomer satu di Kabupaten Gresik, sejumlah jabatan struktural organisasi NU masih diemban hingga sekarang. Antara lain, Bendahara Umum PC Robithoh Ma’had Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Gresik (2017-sekarang), Bendahara Umum PW Ansor Jawa Timur (2019-sekarang).

Baca Juga:  Sambut Kemerdekaan RI, Gresik Movie Luncurkan Film

Menangapi hal itu, Ketua PC Ansor Gresik Abdul Rochim mengaku penyematan Gus Yani sebagai tokoh inspirasi muda NU Jatim sangat layak. Pasalnya, disamping memang usianya tergolong muda, banyak kebijakan-kebijakannya dianggap lugas dan cepat. Seperti dalam program kerja Nawakarsa terkait penangulangan banjir di daerah Selatan.

“Gus yani adalah pemimpin yang lugas dan cepat. Beliau tidak hanya familiar terhadap kelompok muda NU tapi juga semua kalangan,” katanya, Kamis (28/10)

Senada juga disampaikan Humas Lembaga Falakiyah PCNU Gresik Angga. Bahwa Gus Yani, yang di dunia politik dan pemerintahan terhitung belum lama. Namun mampu mengaktualisasikan dirinya sebagai pemimpin yang energik. Menurutnya, inilah gaya leadership milenial yang diharapkan agar bisa menjadi trigger bagi anak-anak muda.

“Saya kira Bupati Gresik sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan ini. Sebab, beliau sebagai milenial yang memiliki manhaj Nahdlatul Ulama terbukti mampu memberikan sumbangsihnya terhadap Nahdlatul Ulama. Salah satunya adalah Tanah Condrodipo yang 20 tahun lebih tidak ada legalitas dan kepastian hukum. Tapi berkat langkah tegas dan dorongan beliau, tanah itu sudah terinventarisir di PCNU Gresik sebagai hak milik,” beber Angga yang juga jurnalis TV9.

Baca Juga:  MTQ XXIX Provinsi Jatim, Lamongan Sabet Juara-Gresik Peringkat Empat

Berikut 12 Tokoh muda NU terpilih:

  1. Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jatim),
  2. Anwar Sadad (Wakil Ketua DPRD Jatim),
  3. Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya),
  4. KH Abdussalam Shohib (Wakil Ketua PWNU Jatim),
  5. Ahmad Muhdlor Ali (Bupati Sidoarjo),
  6. Fandi Akhmad Yani (Bupati Gresik),
  7. Muhammad Al Barra (Wakil Bupati Mojokerto),
  8. Mohammad Haerul Amri (Wakil Ketua Umum PP GP Ansor),
  9. Fauzan Fuadi (Ketua F-PKB DPRD Jatim),
  10. AKBP Rofiq Ripto Himawan (Kapolresta Mojokerto),
  11. Dewi Mariya Ulfa (Wakil Bupati Kediri)
  12. Surokim Abdussalam (Dekan FISIB Univ Trunojoyo Madura).

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Gresik

Santunan Anak Yatim Warnai Upacara Virtual HUT TNI Ke-76

Gresik

Dikukuhkan, PC IPNU-IPPNU Gresik Fokus Kembangkan SDM Kader
NU Care Lazisnu Petiyintunggal Usung Proker Kembangkan Masyarakat.

Gresik

NU Care Lazisnu Petiyintunggal Usung Proker Kembangkan Masyarakat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: humas Kemenag)

Nasional

Menag Kutuk Keras Pengeboman Gereja Katedral Makassar
Foto: Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Libatkan Ibu Penggerak untuk Kampanye Program dan Kebijakan
Vaksin Covid-19 tiba di Puskesmas Gaji dengan pengawalan ketat aparat gabungan TNI dan Polri, Kamis (28/1).

COVID-19

Dinkes Tuban Distribusikan 1.307 Vaksin Bagi Tenaga Kesehatan di Tuban
Dua dari kiri Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri, beserta Rais Syuriah PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'sum dan Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, (23/10). Foto: Official NU gresik/Progresnews.id

Tokoh

Kejutan HSN 2021, Balai Rukyat Condrodipo Jadi Milik NU Gresik
Perpres Pendanaan Pesantren Disahkan, DPC PKB Lamongan Gelar Syukuran

Lamongan

Lokomotif PKB Lamongan, Target Lebih Banyak Kursi Pada Pemilu 2024