Home / Nasional

Kamis, 19 Agustus 2021 - 13:31 WIB

Gus Muhaimin: Pemerintah dan Pesantren Harus Saling Menopang Kemajuan Bangsa

Reporter : Progresnews

Gus Muhaimin: Pemerintah dan Pesantren Harus Saling Menopang Kemajuan Bangsa

Gus Muhaimin: Pemerintah dan Pesantren Harus Saling Menopang Kemajuan Bangsa

JAKARTA, Progresnews.id. – Pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong dan mengawal kemajuan bangsa. Bahkan, peran nyata pesantren terhadap bangsa ini sudah ada sejak era kemerdekaan.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, kemerdekaan bangsa ini tidak lepas dari peran kalangan pesantren. ”Sinergi pemerintah, kebersamaan negara, pemerintahan dengan para alim ulama telah terbukti membawa kemajuan bangsa. Bahkan, kemerdekaan Indonesia adalah hasil kolaborasi, sinergi, dan persatuan yang kokoh, perjuangan bersama antara tantara, pemerintahan, teknokrat dan kiai serta ulama,” ujar Gus Muhaimin saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Tasyakuran Milad ke-57 Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning dan Pembukaan Pekan Muharaman 1443 H, Rabu malam (18/8/2021).

Dikatakan Gus Muhaimin, kemajuan bangsa juga sangat ditentukan oleh kolaborasi dan saling menopang antara pemerintah dengan pesantren. Karena itu, Gus Muhaimin menyampaikan rasa syukur karena para alumni Ponpes Baitul Hikmah Haurkuning yang sukses di berbagai bidang dan ikut serta mengawal kemajuan bangsa.

”Semoga seluruhnya berkah, bermanfaat bagi bangsa dan negara. Saya juga bangga dan beryukur Ponpes Baitul Hikmah terus menjadi pendorong kemajuan dan menciptakan semangat untuk perubahan. Saya lihat Instagram-nya luar biasa, menunjukkan kemajuan yang telah disiapkan dengan baik, sekaligus tidak keropos. Baitul Hikmah terkenal ilmu-ilmu dasar-dasar nahwu, balaghah, ilmu agama yang terus dikembangkan hingga hari ini,” urainya.

Baca Juga:  Ibu Bumi Menjaga Hutan, Tina Ngata Perempuan Adat Visioner

Sebagai Wakil Ketua DPR, Gus Muhaimin mendorong agar Ponpes Baitul Hikmah terus berjuang menyampaikan kebijakan pembangunan untuk menjadikan pesantren sebagai pusat kemajuan, tempat menggodok dan menopang sumber daya manusia Indonesia bagi kepentingan dan kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan tantangan bangsa kedepan yang semakin berat dan sulit. Pertama, akibat pandemi Covid-19, telah mengakibatkan krisis ekonomi dan berbagai krisis lainnya. Karena itu, bangsa ini harus siap bangkit dan bersinergi untuk mencapai kemajuan.

Kedua, kata Gus Muhaimin, Indonesia dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia memiliki potensi kemajuan dan kemampuan untuk memimpin dunia dengan ilmu dan pengalamannya. ”Umat Islam Indonesia telah mampu menginspirasi dunia. Umat Islam Indonesia memiliki kesempatan menjadi pemimpin umat Islam dunia. Ini yang harus dipersiapkan oleh kalangan pesantren,” tuturnya.

Baca Juga:  Perubahan Iklim Kian Serius, Gus Muhaimin Kampanyekan Politik Hijau

Tantangan ketiga, Gus Muhaimin mengajak semua pihak untuk terus bahu membahu karena pada dasarnya bangsa ini masih memiliki problem yang cukup mendasar yakni kemiskinan. ”Kita harus bersatu, bahu membahu dalam menyongsong kemajuan. Itu tiga agenda bangsa. Kita semua harus ikut menjadi bagian dari keselamatan umat dan bangsa menuju kemuliaan hidup,” tutur Gus Muhaimin.

Secara khusus, Gus Muhaimin menyampaikan selamat atas terlaksananya Tasyakuran Milad ke-57 Ponpes Baitul Hikmah Haurkuning dan Pembukaan Pekan Muharaman 1443 H. ”Semoga putra putri, alumni Baitul Hikmah menjadi alumni yang dahsyat, alim ulama yang bisa menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Saya bangga, bersyukur dan mengucapkan selamat Milad ke-57 Keluarga Besar Ponpes Baitul Hikmah yang telah memberikan banyak ilmu, kemajuan, dedikasi dan pengabdian kepada agama, masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Gus Muhaimin. (*)

Share :

Baca Juga

Sumini, Perempuan Pemimpin dari Damaran Baru Aceh, saat memberikan testimoni dalam webinar "Memperkuat Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan SDA dan Ketahanan Ekologis di Indonesia" pada Kamis (25/3).

Nasional

Puncak Hari Perempuan Sedunia, The Asian Foundation Tampilkan Testimoni Lima Pemimpin Perempuan
Bahlil Lahadalia saat konferensi pers virtual realisasi investasi triwulan IV 2020 di Pusat Komando Operasi Pengawalan Investasi (Pusat KOPI) BKPM. Foto: IG Bahlil.

Ekonomi

BKPM Diminta Jokowi Realisasi Investasi Bisa Tembus Rp900 Triliun di 2021
Deddy Corbuzier Podcast. Foto : akun YouTube Deddy Corbuzier.

Nasional

Syech Ali Jaber Wafat, Deddy Corbuzier: Kita Kehilangan Sosok Luar Biasa Yang Mendamaikan
Computational Thinking

Nasional

Kompetensi Madrasah Akan ditingkatkan Kemenag Lewat Program CT
KoPSI 2020 Kemendikbud digelar secara daring.

Nasional

Pandemi Bukan Halangan, KoPSI 2020 Kemendikbud Digelar Daring
Forkopimda Jawa Timur bersama Forkopimda Pemkot Surabaya, didampingi Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya

Nasional

Hari Pertama Pemberlakuan PPKM di Surabaya Petugas Lakukan Sidak

Nasional

Pemuka Lintas Agama Se-Indonesia Adakan Konferensi Pers Menolak UU Cipta Kerja
Akhirnya Aturan Tentang Gowes Diterbitkan, Pesepeda wajib tau

COVID-19

Akhirnya Menhub Keluarkan Aturan Tentang Gowes, Pesepeda Wajib Tau