Home / Nasional / Warta

Rabu, 20 Oktober 2021 - 18:23 WIB

Gus Ghofur Dorong Santri Tidak Ragu Terjun ke Politik

Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Abdul Ghofur Maimoen saat menjadi pemateri dalam dalam Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan oleh Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU), Rabu (20/10).

Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Abdul Ghofur Maimoen saat menjadi pemateri dalam dalam Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan oleh Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU), Rabu (20/10).

Jakarta, Progresnews.id – Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang Abdul Ghofur Maimoen menegaskan bahwa politik dalam Islam memiliki keterhubungan yang sangat kuat bahkan tidak dapat dipisah.

“Politik itu sesuatu yang sangat integral di dalam Islam, jadi aneh kalau kemudian orang menganggap Islam dan politik itu bertentangan. Otoritas politik dengan otoritas keagamaan apabila kemudian dipisah, itu rasanya aneh,” kata Kiai Abdul Ghofur Maimoen.

Karena menurut pria yang akrab disapa Gus Ghofur itu, politik pada dasarnya memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia sehingga dapat berjalan dengan baik.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021, RMI-PBNU Santri Membangun Negeri, dengan tajuk Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknolog secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube TV9 Official, Rabu (20/10).

Baca Juga:  Kemendikbudristek Dorong Perubahan Mindset di Sekolah

Acara itu dihadiri juga oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua RMI- PBNU Abdul Ghofar Rozin, PCI NU Australia Eva Fachrunnisa, Rois Syuriah PCI NU Amerika Serikat Ahmad Sholahuddin Kafrawi, dan Nadhirsyah Husein atau Gus Nadir.

“Secara bahasa sebetulnya politik, atau dalam bahasa arab siyasah maknanya sangat-sangat baik. Bahkan di dalam agama kita (Islam) dulunya ada terminologi-terminologi yang sangat berkaitan dengan politik” ujarnya.

“Politik itu bagian dari buku-buku fiqih, tarikh, dalam buku syiar itu juga banyak kalimat-kalimat yang mengarah kepada politik. Ada banyak ulama yang menulis buku yang memang konsentrasinya di bidang politik,” tambah Gus Ghofur.

Gus Ghofur  menyebut, dari terminologi yang dipahami politik sangat jelas artinya, yaitu mengurus atau mengorganisir urusan-urusan negara dan masyarakat di dalamnya, semua urusan masuk dalam ruang lingkup politik.

Baca Juga:  Antisipasi Konflik, Polsek Sidayu Ajak Duduk Bareng Perguruan Silat

“Kalau kita mau menyimpulkan, gerakan keagamaan Nabi Muhammad itu hampir tidak bisa dipisahkan dengan wilayah politik,” jelasnya.

Atas dasar itulah Gus Ghofur  menegaskan, kaum santri sebagai umat muslim harus berani mengambil dan berperan penting dalam dunia politik.

“Politik sebagai perebutan kekuasaan, konflik kepentingan harus dimasuki oleh santri. Karena siapa yang akan membela kepentingan NU, Santri dan kepentingan masyarakat secara umum kalau kita tidak masuk. Tapi harus dicatat, itu harus dilakukan secara adil,” tukasnya

Sebagai tambahan informasi, Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021, Santri Membangun Negeri, oleh RMI-PBNU sesi kedua akan laksanakan pada hari, Kamis, 11 Oktober 2021, besok. Dalam Webinar Internasional kedua nanti, pihak pelaksana menghadirkan Wakil Menlu RI Mahendra Siregar, Mendikbud-Ristek Nadiem Anwar Makarim, Ketua Ketua RMI- PBNU Abdul Ghofar Rozin dan lima pembicara lainnya.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Kegiatan Sosialisasi KARTANU oleh MWC NU Balongpanggang

Gresik

MWC NU Balongpanggang Sosialisasikan KARTANU, Ketua: Bukan Hanya Pendataan Biasa

Nasional

Tampak Menolak, Komisi II DPR RI Pertanyakan Grand Design Pemerintah Terkait ASN
Tokoh Muda Panceng. Muhammad Muslih Muandar memberikan motivasi di acara Sumpah Pemuda yang digelar Karang Taruna Kecamatan Panceng, Rabu (27/10) malam. Foto: Progresnews.id

Sejarah

Momen Sumpah Pemuda, Kartar Se-Kecamatan Panceng Kumpul Ngobrol Ekonomi Kreatif
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto , dalam Bimtek dan Pendampingan Penyelenggaraan Program Diploma Dua Jalur Cepat. Sumber Foto: Situs resmi Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Buka Program D2 Jalur Cepat Tahun 2022/2023
Kepala Bidang Bina Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kubu Raya, Rini Kurnia dalam Podcast Seri 4: Belajar Dari Penerapan TAKE Kabupaten Kubu Raya, Selasa (12/10).

Nasional

Terapkan TAKE, Kubu Raya Siap Menjaga Kawasan Hutan
Keadaan jalan rusak di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Lamongan yang sempat di perbaiki pertengahan Januari Lalu.

Lamongan

Belum Genap Sebulan diperbaiki, Jalan Poros Kecamatan Sukodadi – Pucangro Kembali Rusak Parah

Nasional

Pendaftaran Kuota Internet Gratis Diperpanjang Kemendikbud

Nasional

Targetkan 100 Kursi DPR, PKB Mulai Safari Coaching Clinic DPC se-Indonesia