Home / Warta

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 22:25 WIB

Gresik Punya Da’i Milenial, Siapakah dia?

DA'I MILENIAL. Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat menyerahkan hadiah secara simbolik kepada Juara Festival Da'i Jawa Timur, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

DA'I MILENIAL. Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat menyerahkan hadiah secara simbolik kepada Juara Festival Da'i Jawa Timur, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Miftahul Firman Ferdiansyah, pemuda asal Sidayu Kabupaten Gresik terpilih sebagai Juara Satu Lomba Da’i Milenial, yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik.

Da’i muda yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Negeri Malang ini diganjar skor tertinggi oleh Dewan Juri berkat penampilan ceramahnya yang memukau dan unik.

Dengan persiapan yang cukup matang, Miftah begitu ia disapa, berceramah seperti Pedalang wayang. Boneka kayu yang membarenginya berceramah, rupanya berhasil mengantarkannya menyabet gelar juara.

“Tidak menyangka, sebab lawannya berat semua. Seperti Mas Zayyinul di beberapa kesempatan lomba sempat ketemu. Tapi saya belum pernah menang. Alhamdulillah  dengan metode membawa boneka, juri jadk beda,” ucap Da’i berusia 18 tahun, Sabtu (30/10) usai mengikuti grand final, di studio TV9 Surabaya.

Baca Juga:  Dewan Pers Canangkan Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Wartawan 2021
Da’i dan Da’iyah Milenial. Miftah, Farida dan Zayyin terpilih sebagai juara ajang Da’i Milenial yang digelar MUI Gresik, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Juara Kedua, diraih Farida Ariani. Mahasiswi Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini juga tidak menyangka bakal menjadi juara. Pasca menjalani operasi, membuat dirinya agak kewalahan. Kendati demikian, hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk tampil maksimal di hadapan juri.

“Alhamdulillah itu jawaban Allah. Saya awalnya ikut lomba khitobah bahasa arab di Mesir mewakili Indonesia. Tapi tidak bisa karena sakit, harus operasi, akhirnya pulang. Lalu ada lomba di MUI saya ikut ternyata jawabanya di sini,” katanya.

Sedangkan Juara Ketiga, diraih oleh Muhammad Zayyinul Alami Hakim. Mahasiswa Universitas Negeri Malang itu juga sama yang dirasakan Farida Ariani. Ia dalam kondisi sakit, ditambah perjalanan jauh membuat pemuda kelahiran Kediri tersebut sempat kelelahan.

Baca Juga:  Peluncuran E-katalog dan Market Place Diharap Mampu Dongkrak UMKM Gresik di New Normal

“Batuk sama pilek, jadi agak susah tadi mengatur nafas saat tampil. Tapi syukur bisa diatasi. Saya puas dengan yang didapatkan,” jelas pemuda yang pernah menjuarai da’i sebanyak sebelas kali ini.

Sekedar diketahui, terdapat 6 peserta Festival Da’i Jawa Timur MUI Gresik yang masuk babak final. Berikut daftar nama dan delegasinya

  • Farida Ariani, perwakilan mahasiswi Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.
  • Zaiyinul Aalimil asal Kediri. Delegasi Universitas Negeri Malang.
  • Fathul Ikhsan asal Kalibaru, Banyuwangi. utusan Kampus IAI Darusalam).
  • Mitakhul Firman Ferdiansyah asal Sidayu, Gresik, utusan Universitas Negeri Malang.
  • Syaiful Aris dan Mahdin asal Tambakberas, utusan Ponpes Bahrul Ulum Jombang. Dan,
  • Ainul Hariroh asal Sangkapura, utusan Pengurus Cabang Fatayat Bawean.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Nasional

RPJMN 2020-2024, KLHK Tegaskan Komitmen Pembangunan Adil Gender
MITIGASI BENCANA. Proses normalisasi Sungai Kali Lamong di Desa Munggugianti Kecamatan Benjeng, Gresik. Gambar ini diambil pada Sabtu (30/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Melihat Dari Dekat, Alur Sungai Kali Lamong
Ketua MWC NU Dukun KH M Sholeh (Kiri), bersama Rais Syuriah MWC NU, KH Ahmad Toyib Mas’udi. Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Ketua MWC NU Dukun: Pemuda Ansor Harus Mau Sisihkan Pendapatan Untuk NU
Rektor Unisla, Bambang Eko Mulyono saat menerima vaksin. (Foto: Istimewa)

Lamongan

Ratusan Dosen Divaksin, Unisla Siap Laksanakan Perkulihan Tatap Muka

Nasional

Kampus Mengajar Angkatan Pertama, Empat Kampus Telah Mendaftar
Kapolres Lamongan, AKBP Miko bersama wartawan sernior Surya.co Hanif Mahsuri, saat prosesi potong kue di halaman Mapolres Lamongan.

Lamongan

Peringati HPN, Kapolres Lamongan: Beritamu Adalah Sumber Inspirasiku
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Pinjam Pakai Lahan Program BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (26/11). Sumber Foto: Situs resmi Kemenkominfo

Nasional

Jelang Presidensi G20 2022, Kominfo Prioritaskan Kesiapan TIK

Nasional

Perpres Miras Dicabut, Gus Jazil Apresiasi Presiden Jokowi