Home / Nasional / Warta

Senin, 27 Desember 2021 - 21:05 WIB

Gratifikasi Perpajakan DJP, KPK Panggil Alfred Simanjuntak sebagai Tersangka

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: perpustakaan.kpk.go.id.

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: perpustakaan.kpk.go.id.

Jakarta, Progresnews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat jadwal pemeriksaan terhadap Alfred Simanjuntak selaku Fungsional Pemeriksa Pajak pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pakak (DJP) Jawa Barat II.

Alfred diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan gratifikasi dan suap mengenai pemeriksaan perpajakan DJP tahun 2016 dan tahun 2017.

“AS merupakan ASN Direktorat Jenderal Pajak, ia diperiksa sebagai tersangka,” ujar Ali Fikri selaku Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK dalam siaran pers yang disiarkan langsung oleh channel youtube KPK RI, Senin, (27/12).

Baca Juga:  Pemerintah Bakal Berlakukan Mikro Lockdown, Apa Itu?

Untuk diketahui, sebelumnya KPK juga telah menetapkan Wawan Ridwan selaku pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai tersangka. Ia ditahan KPK pada Kamis (11/11).

Kasus ini ialah hasil pengembangan perkara yang menjerat Angin Prayitno Aji yang merupakan mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak periode 2016-2019.

Selain itu, KPK juga telah menetapkan Dadan Ramdani selaku Kepala Subdirektorat Kerja Sama dan Dukungan Pemeriksaan DJP dan Veronika Lindawati selaku kuasa wajib pajak.

Kemudian, tiga konsultan pajak juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Ketiganya ialah Agus Susetyo, Ryan Ahmad Ronas, dan Aulia Imran Maghribi.

Baca Juga:  Lanjutan OTT Rahmat Effendi, KPK Sita Ratusan Juta Rupiah

Nurul Ghufron selaku Wakil Ketua KPK menjelaskan, Wawan yang merupakan Supervisor tim pemeriksa pajak pada Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan DJP, bersama-sama dengan Alfred Simanjuntak atas arahan khusus serta perintah dari Angin untuk melakukan pemeriksaan perpajakan 3 wajib pajak.

Tiga wajib pajak tersebut terdiri dari PT Bank PAN Indonesia (2016), PT Gunung Madu Plantations untuk (2016), dan PT Jhonlin Baratama (2016-2017). [irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Konferensi Pers Catatan Kinerja Tahun 2021 Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Senin, 20 Desember 2021. Foto: knkt.go.id.

Nasional

Angka Kecelakaan Penerbangan Meningkat, KNKT: Total Korban Meninggal 66 Orang
Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Sandi Uno.

COVID-19

Sandiaga Salahuddin Uno Positif Covid-19 Tanpa Gejala
Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Abdul Ghofur Maimoen saat menjadi pemateri dalam dalam Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan oleh Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU), Rabu (20/10).

Nasional

Gus Ghofur Dorong Santri Tidak Ragu Terjun ke Politik

COVID-19

Pemprov Jatim Pertegas Aturan PTM Semeter Dua Tahun Ini, Bupati Gresik Minta Sekolah Disiplin Prokes
Kepala Subbagian Tata Usaha BPHP Wilayah III Pekanbaru, Kurniawansyah Effendi dalam Podcast seri-6, Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik, Perempuan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan, Senin (17/1).

Nasional

Dorong Pengarusutamaan Gender, Kantor BPHP Wilayah III Pekanbaru Sediakan Fasilitas Laktasi

Warta

Giliran PAC GP Ansor Bungah Lantik Pengurus MDS Rijalul Ansor
Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin.

Hukum dan Kebijakan

PA 212 Pesimis Abu Janda Bakal Ditahan
Luluk Nur Hamidah DPR RI, Valerina Daniel moderator, dan segenap peserta Green Leadership Forum (GLF) yang diselenggarakan oleh Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) bekerja sama dengan Koalisi Masyarakat Sipil dan didukung oleh The Asia Foundation, Rabu (27/10).

Nasional

EFT Beri Dampak Positif pada Konservasi Lingkungan Hidup di Indonesia