Daerah  

Forum IKM Bojonegoro Adakan Pelatihan Ecoprint Untuk Warga Tikusan

Forum IKM Bojonegoro Adakan Pelatihan Ecoprint Untuk Warga Tikusan. Foto: Progresnews.id/Alfa

Bojonegoro, Progresnews.id – Forum Industri Kecil Menengah Bojonegoro mengadakan Pelatihan Ecoprint bagi warga Desa Tikusan, yang berlangsung di Balai Desa Tikusan, Kapas, Bojonegoro, Minggu (20/12).

Kegiatan Pelatihan Ecoprint ini adalah membuat sebuah karya seni yang ramah lingkungan, yang pembuatannya memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan dan pewarnanya semua berasal dari alam.

Forum IKM Bojonegoro Adakan Pelatihan Ecoprint Untuk Warga Tikusan. Foto: Progresnews.id/Alfa

Pelatihan Ecoprint kali ini berfokus untuk membuat Jilbab dengan motif, yang mana bentuk-bentuk dari pada motif itu diambil dari bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Pembuatannya mulai dari dicelupkannya kain jilbab tersebut ke dalam cairan pewarna alami, kemudian diaplikasikanlah beraneka macam bentuk daun di atas kain tersebut, setelah itu dilapisi kain lagi untuk mengunci warna, lalu dibungkus dengan plastik dan kemudian dikukus selama 2 jam.

Forum IKM Bojonegoro Adakan Pelatihan Ecoprint Untuk Warga Tikusan. Foto: Progresnews.id/Alfa

Dalam pelatihan tersebut, Forum IKM Bojonegoro mengundang Heristiany dari Neny Bateeq Sawunggaling sebagai pemateri.

Yuni selaku panitia pelaksana menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini selain karena program dari Forum IKM Jatim (FIJ), juga untuk mempromosikan program-program FIJ yang lain, dan meningkatkan SDM masyarakat agar pelatihan ini bisa menambah skill dan income.

Melalui Pelatihan Ecoprint ini Yuni berharap agar ilmu yang sudah dibagikan dapat bermanfaat dan dikembangkan sehingga bisa melahirkan bentuk corak maupun model Ecoprint yang baru.

“Rencana ke depan kita akan mengadakan pelatihan lain untuk masyarakat, karena di era pandemi yang dibutuhkan adalah skill dan keterampilan untuk mengembangkan diri,” tambahnya.

Editor: Elsalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.