Home / Lamongan / Warta

Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:56 WIB

Eksplorasi Tahap Dua Usai, BPCB Jatim Berhasil Foto Bagian yang Diduga Kapal Van der Wijck

Lamongan, Progresnews.id — Konfirmasi mengenai kebenaran adanya kapal Van Der Wijck di perairan Lamongan dipaparkan BPCB Jatim.

Dari eksplorasi yang telah dilakukan, tim arkeolog banyak menemukan fakta dan kebenaran yang kuat dugaan memang benar kapan tenggelan di Lamongan adalah Kapan Van Der Wijck yang di ceritakan Buya Hamka dalam novel best sallernya.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho, menunjukan bukti foto bawah laut meliputi belakang kapal, samping dan bagian cerobong.

“Posisi kapal itu menyamping dengan crobongnya mengarah ke utara. Menghadap rebah atau terguling, Pantatnya kapal ke selatan,” ungkap Wicak saat merilis hasil eksplorasi di lantai 3 gedung Pemkab Lamongan, Kamis (21/10).

Baca Juga:  3 Tanggul Air di Lamongan Jebol, TNI dan Polri Bantu Warga Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

Untuk ukuran kapal, kata Wicak, diperkirakan memiliki panjang 135 meter dan tingginya masih belum bisa ditemukan hasil konkrit lantaran sebagian badan kapal terendam lumpur karena sendimen peraian yang cukup tebal.

“Tinggi sekitar 5 meter keatas, badan kapal terendam sendimen tanah. Dengan data ini infentifikasi bakal bakal menunjukan dan fakta baru dari dugaan kapal Van Der Wijck,” lanjutnya.

Identifikasi awal akan mencoba mengenali dari badan luar kapal hal itu juga dipadu padankan dari karakteristik kapal yang telah dikantongi BPCB. untuk detail maupun desain kapal akan terus dilakukan identivikasi sambil jalanya kajian.

“Kalau saya 75 persen yakin kalau itu kapal Van Der Wijck, asumsi awal saya karena juga penemuan peti, dan properti lain seperti botol anggur dan wiyn di sekitar kapal,” papar dia.

Baca Juga:  Genjot PADesa, BUMDes Diakui Sebagai Badan Hukum

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi Mengatakan ke depan pihaknya akan berkomunikasi dengan semua pihak untuk menindaklanjuti hasil eksplorasi yang sudah mulai menampakkan titik terang ini. Pihaknya, kata Pak Yes, juga akan berkomunikasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi berkaitan dengan hal ini.

“Ini adalah titik awal, ke depan kita akan terus berkomunikasi apa yang akan kami lakukan terhadap kapal Titanic Indonesia ini,” imbuh Pak Yes.

Kontributor : Ivan A

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Pupuk

Tahun 2021, Harga Pupuk Subsidi Mengalami Kenaikan
Kasi Bimas Kemenag Lamongan, M. Khoirul Anam saat memaparkan Ngabuburit di rumah saja. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Puasa Kedua di Masa Pandemi, Kemenag Lamongan Serukan Ngabuburit di Rumah Saja
Bupati Lamongan menyambut rombongan atlet Pon Papua setibanya di Kabupaten Lamongan. Foto : Ivan A/Progresnews.id.

Lamongan

Pulang Disanjung, Atlet Pon Asal Lamongan Dihadiahi Bonus Melimpah
Mendikbud Nadiem dan Ketua PBNU Said Aqil. Foto: Kemendikbud.

Nasional

Dorong Program MBKM, Kemendikbud Minta Kritik dan Saran PBNU
Kepala Staf Kepresidenan DR. Moeldoko. Foto: Dok. KSP.

Nasional

Relawan PAS Dukung Moeldoko Jadi Capres, BMI Jatim: Pandemi Kok Ngomong Pilpres
Suasana petugas dapur umum IPNU IPPNU Desa Medangan bersama dibantu warga pada hari Senin (28/12) bakda maghrib, di Balai Dusun Desa Medangan. Foto: mudzakir/progresnews.id.

Gresik

Peduli Korban Banjir, IPNU IPPNU Dusun Medangan Buka Dapur Umum

COVID-19

Tak Terapkan PPKM, Satgas Covid-19 Tuban Minta Masyarakat Patuhi Prokes
Peluncuran Mobil Sehat LAZISNU Wonokerto, Kecamatan Dukun Gresik dilakukan oleh Rais Syuriah MWCNU Dukun, KH Ahmad Toyib Mas’udi bersama Ketua LAZISNU Wonokerto, Harun Arrosyid, pada Jumat (19/11). Foto: LAZISNU Wonokerto/Progresnews.id

Warta

Belajar dari Pandemi, LAZISNU Wonokerto Kini Miliki Mobil Sehat