Home / Nasional / Warta

Sabtu, 18 Desember 2021 - 14:31 WIB

Dua Kasus Baru Omicron di Indonesia, Kemenkes: Pasien Baru Tiba dari Amerika dan Inggris

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Jakarta, Progresnews.id – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melaporkan adanya penambahan dua kasus baru Covid-19 varian Omicron di Indonesia pada Jumat (17/12). Masing-masing pasien dikabarkan baru tiba dari perjalanan negeri, yaitu Amerika Selatan dan Inggris.

Siti Nadia Tarmizi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes mengungkapkan, hasil tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan sampel terhadap lima orang terkait yang telah melakukan perjalanan luar negeri dan diduga mengidap COVID-19 varian Omicron.

“Terkonfirmasi dua pasien terbaru ialah inisial IKWJ 42 tahun, laki-laki dan telah melakukan perjalanan dari Amerika Selatan, serta inisial M 50 tahun, laki-laki dari Inggris,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/12), seperti dilansir situs resmi Kemenkes RI.

Baca Juga:  Pemerintah Akan Datangkan Vaksin November Mendatang

Menurut Nadia, kedua pasien tersebut saat ini sedang menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Ia menambahkan, varian tersebut ditemukan setelah Badan Litbang Kesehatan melakukan pemeriksaan khusus SGTF pada tanggal 14-15 Desember 2021.

Menurutnya, kedua pasien tersebut terkonfirmasi Omicron setelah dilakukan karantina wajib selama 10 hari ketika kembali dari perjalanan luar negeri.

“Hal ini menandakan bahwa sistem proteksi pemerintah beroperasi dengan cukup baik dalam mencegah penularan dari pendatang luar negeri yang terjangkit virus Corona,” katanya.

Terkait temuan baru Omicron tersebut, Nadia meminta supaya masyarakat lebih waspada serta tidak bepergian dulu ke luar negeri. Mengingat laju penyebaran Omicron terbukti lebih cepat daripada varian Covid-19 lainnya.

Baca Juga:  Berawal Dari Hoby, Bapak Tiga Anak Ini Berhasil Menekuni Usaha Pembuatan Vas Bunga di Rumah

“Indonesia merupakan salah satu negara yang aman dari virus Covid-19. Apabila kita pergi ke luar negeri, secara tidak langsung kita akan keluar dari zona aman menuju zona yang berbahaya. Dan jika kembali, akan berpotensi membawa varian Omicron ke Indonesia, dan pastinya dapat merusak situasi yang sudah cukup kondusif ini,” jelasnya.

“Penting bagi kita untuk tetap saling menjaga orang-orang terdekat, supaya tidak tertular dan terjangkit virus Covid-19, apalagi dengan adanya varian Omicron ini. Jadi, saya kembali tegaskan jangan berpergian ke luar negeri terlebih dulu demi kebaikan kita bersama,” pungkas Nadia.[irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Pinjam Pakai Lahan Program BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (26/11). Sumber Foto: Situs resmi Kemenkominfo

Nasional

Jelang Presidensi G20 2022, Kominfo Prioritaskan Kesiapan TIK
Sumber foto: situs resmi Kemendikbudristek.

Nasional

Dirjen PAUD Optimis Jalankan PTM Terbatas Berkualitas Bagi Siswa PAUD
Suasana evakuasi korban kecelakaan lalu lintas di pertigaan Deket. (Foto: Ammy)

Lamongan

Tewaskan Warga Lamongan, Sopir Truk Trailer Jalani Tes Urine dan Uji Kalayakan Kendaraan

Lamongan

Pengusaha Tempe di Lamongan Nekat Jalankan Produksi Meski Harga Kedelai Kian Meroket
Komjen Listyo Sigit Prabowo

Militer

Diajukan Sebagai Calon Tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo Dinilai Mampu Salip 3 Jenderal Terbaik
Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani. Foto: Ditjen Pendis.

Nasional

Aturan Baru Kemenag, Mempunyai Wawasan Keberagamaan Moderat Jadi Syarat Baru Guru Madrasah Swasta
Kepala Bidang Bina Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kubu Raya, Rini Kurnia dalam Podcast Seri 4: Belajar Dari Penerapan TAKE Kabupaten Kubu Raya, Selasa (12/10).

Nasional

Terapkan TAKE, Kubu Raya Siap Menjaga Kawasan Hutan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara kementerian. Foto: menpan.go.id

Nasional

Perbaiki Layanan Publik, Menteri PANRB Siapkan Aturan Kerja ASN yang Fleksibel