Home / Nasional

Senin, 16 Agustus 2021 - 14:32 WIB

Dosen Polteknaker ; Siswa mengalami Shock Culture

Reporter : Progresnews

Akademisi ; Siswa mengalami Shock Culture

Akademisi ; Siswa mengalami Shock Culture

Progresnews.id.– Berbagai hasil survey belakangan ini menyimpulkan bahwa pembelajaran daring selama pandemi covid 19 mengalami banyak hambatan. Misalnya hasil survey dari Provinsi Jawa Tengah menyatakan 85 % siswa mengalami sulit memahami materi, 61 % siswa kurang konsentrasi dan 24 % terdapat permasalahan pada jaringan internet.

Menurut Dosen Politeknik Ketenagakerjaan RI, Dr. Moch Aly Taufiq, sebenarnya siswa kita lebih tepatnya mengalami Shock Cultureyang disebabkan oleh covid 19, hal tersebut disampaikan dalam Webinar nasional dengan tema “Hr Training and Development During Pandemic; Challenges and Strategies”Sabtu (14/8).

Sejak pandemi covid 19, pemerintah memberlakukan pembelajaran daring jarak jauh,bagi siswa, ini adalah budaya baru yang sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Menurut Aly Taufiq, siswa mengalami Frustation Stagekarena budaya baru ini, sehingga pembelajaran yang dilakukan sekolah semakin menjadi kendala. “Meskipun nantinya segala kondisi dan metode pembelajaran sudah membaik, jika psikologis siswa masuh mengalami Shock Culture maka tetap akan menemui kendala”, imbuh Aly Taufiq.

Baca Juga:  Hari Sumpah Pemuda, Gus Jazil: Jangan Buat Menangis Para Pahlawan

Shock Culture ini, menurut Aly Taufiq, juga dialami oleh guru. Banyak guru, dosen dan tenaga pendidik merasa frustasi dengan sistem pembalajaran saat ini, sehingga kegiatan pembelajaran acapkali hanya memberi tugas dan PR.

Oleh sebab itu, hal paling utama yang harus dilakukan adalah memberi kesadaran bahwa kita sudah memasuki lingkungan baru, sehingga siswa dan guru mulai terbuka dan menghadapi dengan sikap positif. Semua pihak harus mulai adaptasi dengan situasi terkini. “Belajar memahami hambatan dengan sikap positif, sedikt demi sedikit akan menghilangkan hambatan tersebut, daripada menyalahkan keadaan yang sudah terjadi, imbuh Aly Taufiq.

Baca Juga:  Mensesneg Akui Pemerintah Tidak Akan Revisi UU Pemilu dan Pilkada

Jika guru dan siswa sudah mulai bisa mengambil sikap positif, tentu lambat laun akan mencapai tahap Mastery Period, yaitu masa adaptasi penuh, pembelajaran daring akan semakin dimengerti dan semakin dianggap suatu yang harus dilakukan meskipun banyak keterbatasan.

Share :

Baca Juga

Nasional

Gus Jazil: Pandemi Corona Harus Menjadikan Kita Lebih Dekat dengan Allah

Nasional

Uni Eropa Umumkan Pemenang EU Social DigiThon

Nasional

Televisi Analog Akan Berakhir, Kominfo Dorong Digitalisasi Penyiaran
Brigjen Pol. Rusdi Hartono. Foto: Humas Polri.

Nasional

Rekap Berita Hukum: Sidang Vonis Jaksa Pinangki sampai Meninggalnya Ustaz Maaher
Gus Jazilul Fawaid saat mensosialisasikan 4 pilar di Gresik, Foto: Progresnews.id/Mudzakkir.

Nasional

Hari Sumpah Pemuda, Gus Jazil: Jangan Buat Menangis Para Pahlawan
Forkopimda Jawa Timur bersama Forkopimda Pemkot Surabaya, didampingi Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya

Nasional

Hari Pertama Pemberlakuan PPKM di Surabaya Petugas Lakukan Sidak

Nasional

Ibu Bumi Menjaga Hutan, Tina Ngata Perempuan Adat Visioner
Gus Jazil Dikukuhkan Jadi Anggota Kehormatan Pagar Nusa Lamongan

Nasional

Gus Jazil Dikukuhkan Jadi Anggota Kehormatan Pagar Nusa Lamongan