Home / Nasional

Senin, 16 Agustus 2021 - 14:32 WIB

Dosen Polteknaker ; Siswa mengalami Shock Culture

Akademisi ; Siswa mengalami Shock Culture

Akademisi ; Siswa mengalami Shock Culture

Progresnews.id.– Berbagai hasil survey belakangan ini menyimpulkan bahwa pembelajaran daring selama pandemi covid 19 mengalami banyak hambatan. Misalnya hasil survey dari Provinsi Jawa Tengah menyatakan 85 % siswa mengalami sulit memahami materi, 61 % siswa kurang konsentrasi dan 24 % terdapat permasalahan pada jaringan internet.

Menurut Dosen Politeknik Ketenagakerjaan RI, Dr. Moch Aly Taufiq, sebenarnya siswa kita lebih tepatnya mengalami Shock Cultureyang disebabkan oleh covid 19, hal tersebut disampaikan dalam Webinar nasional dengan tema “Hr Training and Development During Pandemic; Challenges and Strategies”Sabtu (14/8).

Sejak pandemi covid 19, pemerintah memberlakukan pembelajaran daring jarak jauh,bagi siswa, ini adalah budaya baru yang sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Menurut Aly Taufiq, siswa mengalami Frustation Stagekarena budaya baru ini, sehingga pembelajaran yang dilakukan sekolah semakin menjadi kendala. “Meskipun nantinya segala kondisi dan metode pembelajaran sudah membaik, jika psikologis siswa masuh mengalami Shock Culture maka tetap akan menemui kendala”, imbuh Aly Taufiq.

Baca Juga:  Penahanan Empat IRT Akhirnya Ditangguhkan, Gus Jazil: Hukum Jangan Tajam ke Bawah

Shock Culture ini, menurut Aly Taufiq, juga dialami oleh guru. Banyak guru, dosen dan tenaga pendidik merasa frustasi dengan sistem pembalajaran saat ini, sehingga kegiatan pembelajaran acapkali hanya memberi tugas dan PR.

Oleh sebab itu, hal paling utama yang harus dilakukan adalah memberi kesadaran bahwa kita sudah memasuki lingkungan baru, sehingga siswa dan guru mulai terbuka dan menghadapi dengan sikap positif. Semua pihak harus mulai adaptasi dengan situasi terkini. “Belajar memahami hambatan dengan sikap positif, sedikt demi sedikit akan menghilangkan hambatan tersebut, daripada menyalahkan keadaan yang sudah terjadi, imbuh Aly Taufiq.

Baca Juga:  Satgas Pastikan Isu Chip Dalam Vaksin Covid-19 Hoaks

Jika guru dan siswa sudah mulai bisa mengambil sikap positif, tentu lambat laun akan mencapai tahap Mastery Period, yaitu masa adaptasi penuh, pembelajaran daring akan semakin dimengerti dan semakin dianggap suatu yang harus dilakukan meskipun banyak keterbatasan.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Kader PMII Harus Punya Akar Kuat Agar Tak Mudah Tumbang

Nasional

Resmi Dikukuhkan, BMI Partai Demokrat Jatim Siapkan Program
Fraksi Rakyat Indonesia Sebar Petisi Tolak UU Cipta Kerja, 1.400.000 Orang Telah Bertanda Tangan.

Nasional

Fraksi Rakyat Indonesia Sebar Petisi Tolak UU Cipta Kerja, 1.400.000 Orang Telah Bertanda Tangan
Mahfud MD saat memberi sambutan pada Coffee Morning bertema Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (30/11).

Nasional

Menko Polhukam Tegaskan DOB Papua Sebagai Upaya Mengkukuhkan NKRI
Kepala Staf Kepresidenan DR. Moeldoko. Foto: Dok. KSP.

Nasional

Relawan PAS Dukung Moeldoko Jadi Capres, BMI Jatim: Pandemi Kok Ngomong Pilpres

Nasional

Catatan Akhir Tahun AJI, 2020 ‘Tahun Kelam’ Jurnalis(me) Indonesia
Ketua BPOM, Penny K Lukito saat konferensi pers di YouTube BPOM, Senin (1/11).

Nasional

BPOM Resmi Izinkan Vaksin Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

Nasional

Pendaftaran Pilkada 2020, Kemendagri: Aparat Harus Tertibkan Massa