Home / COVID-19 / Warta

Senin, 27 Desember 2021 - 16:55 WIB

Dorong Vaksinasi, Pemerintah Distribusikan 3 Tahap Vaksin Baru

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresews.id

Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresews.id

Jakarta, Progresnews.id – Pemerintah terus mendorong vaksinasi ke seluruh daerah di Indonesia. Dengan datangnya vaksin tiga tahap, yaitu tahap ke-173, 174, dan 175, pada Sabtu, 25 Desember 2021, di Jakarta. Dua tahap vaksin di antaranya merupakan vaksin Pfizer dan satu tahap vaksin Moderna.

Menurut Usman Kansong, selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), pada tahap ke-173, vaksin Pfizer berjumlah 879.840 dosis dan berjumlah 592.020 dosis untuk tahap ke-164. Keduanya merupakan vaksin hasil pembelian langsung.

“Vaksin Pfizer tahap ke-173 langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah, Dinkes Kalimantan Utara, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Lampung, Dinkes NTB, dan juga Dinkes NTT. Kemungkinan akan datang Senin 27 Desember,” kata Usman seperti dilansir djikp.kominfo.go.id, Senin, (27/12).

Baca Juga:  MWC NU Balongpanggang Sosialisasikan KARTANU, Ketua: Bukan Hanya Pendataan Biasa

Kemudian, Usman mengatakan vaksin ke-174 didistribusikan ke Dinkes Sulawesi Selatan, Dinkes Sulawesi Barat, Dinkes Sulawesi Tenggara, Dinkes Sulawesi Tengah, Dinkes Sulawesi Utara, Dinkes Maluku, Dinkes Maluku Utara, dan juga Dinkes Sumatera Selatan.

“Kemungkinan datang pada Senin (27/12) atau Selasa (28/12),” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Usman, kedatangan tahap ke-175 yang merupakan jenis vaksin Moderna ialah pemberian dari pemerintah Italia melalui COVAX yang berjumlah 922.800 dosis.

Diketahui sebelumnya, Indonesia juga menerima pemberian dari pemerintah Italia melalui COVAX jenis AstraZeneca sebanyak 796.800 dosis pada Kamis,30 September 2021, dan sebanyak 482.000 dosis pada Senin 20 Desember 2021.

“Atas dukungan dari pemerintah Italia, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujar Usman.

Baca Juga:  Vaksinasi Pelajar di Lamongan Rampung Oktober, Kadisdik Minta Guru Lebih Perhatikan Murid

Menurut Usman, pemerintah terus menambah ketersediaan vaksin supaya dapat mencukupi kebutuhan program vaksinasi nasional.

Usman mengugkapkan, Indonesia saat ini telah melebihi target WHO terkait jumlah penduduk yang sudah divaksinasi. Sekitar 109.000.000 lebih penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Hal itu 40% lebih banyak dari jumlah yang ditargetkan WHO hingga akhir tahun ini.

Meski demikian, Usman memastikan program vaksinasi akan semakin dipercepat serta diperluas sampai semua target sasaran berhasil divaksinasi. Maka dari itu, kedatangan vaksin bertahap sangat diperlukan.

“Pemerintah mengajak semua masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan vaksinasi, untuk dapat segera divaksinasi untuk melindungi diri serta keluarga,” imbuhnya. [irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Ekonomi

Bahan Pokok di Lamongan Terpantau Stabil di Tengah Polemik Naiknya Harga Daging Sapi di Jabodetabek
Logo Bank Jateng.

Nasional

Kasus Korupsi Bank Jateng Rp500 Miliar, Polri Tetapkan 5 Tersangka
Foto: YouTube Najwa Shihab.

Nasional

Amal Gerakan Pesantren Asuh RMI-PBNU, Baju Putih Gus Baha Dilelang
MITIGASI BENCANA. Proses normalisasi Sungai Kali Lamong di Desa Munggugianti Kecamatan Benjeng, Gresik. Gambar ini diambil pada Sabtu (30/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Melihat Dari Dekat, Alur Sungai Kali Lamong
Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lamongan, Banjir Sidomulyo saat memaparkan Visa Elektronik ke CJH. Foto : Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Kemenag Lamongan Sediakan Visa Elektronik Bagi Calon Jamaah Haji, Begini Syarat Pegambilanya
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris. Foto: DPR RI.

Nasional

Antisipasi Gelombang Ketiga, DPR Minta Kemenkes Segerakan Vaksinasi Anak
Wikan Sakarinto. Foto: IG Wikan Sakarinto.

Nasional

Kemendikbudristek Dorong Perubahan Mindset di Sekolah
Salah satu kucing yang menjadi peserta vaksinasi di Lamongan. Foto: Ivan/Progresnews.id.

Lamongan

World Rabies Day! Yuk Intip Keseruan Vaksinasi Hewan yang Dilakukan Disnakeswan Lamongan