Home / Nasional / Warta

Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:58 WIB

Dituduh Radikal, Sejumlah Tokoh Bela Din Syamsuddin

Reporter : Alfan Niam Sofi

Mantan Ketua PP. Muhammadiyah, Din Syamsuddin dilaporkan GAR-ITB ke Komisi Aparatur Sipil Negara atas dugaan radikalisme. Foto: Kumparan.

Mantan Ketua PP. Muhammadiyah, Din Syamsuddin dilaporkan GAR-ITB ke Komisi Aparatur Sipil Negara atas dugaan radikalisme. Foto: Kumparan.

Jakarta, Progresnews.id – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin, dilaporkan oleh Gerakan Anti Radikalisme ITB (GAR-ITB) atas tuduhan radikalisme kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menanggapi pelaporan tersebut, sejumlah tokoh penting menyampaikan pembelaan yang ditujukan kepada Din Syamsuddin.

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua PBNU, KH. Marsudi Syuhud mengaku belum menemukan contoh nyata yang dituduhkan kepada Din Syamsuddin.

Tuduhan radikalisme terhadap tokoh Din Syamsuddin oleh pihak tertentu sampai detik ini saya belum bisa menemukan contoh konkret yang menggambarkan beliau adalah seorang yang radikal,” tulis Marsudi dalam keterangannya, Jumat (12/2).

Baca Juga:  Imbas PPKM, Ketersediaan Stok Darah di Lamongan Mulai Menipis

Sementara itu, Ketua MUI Sudarnoto Abdul Hakim mengunggapkan kekesalannya terhadap pihak yang menuduh Din Syamsuddin radikal.

“Ini adalah tuduhan dan fitnah keji yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kepada seorang tokoh dan pemimpin muslim penting tingkat dunia yang sangat dihormati,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga:  Kisruh Izin RS Citra Medika, DPRD Lamongan Berencana Panggil Instansi Terkait

Menanggapi hal ini, Sekretaris Umum PP. Muhammadiyah turut berkomentar. Ia menganggap pelaporan tersebut salah alamat dan tak berdasar.

“Tuduhan itu jelas tidak berdasar dan salah alamat. Saya mengenal dekat Pak Din sebagai seorang mendorong moderasi beragama. Pak Din adalah tokoh yang menggagas konsep Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi wa Syahadah di PP. Muhammadiyah sampai menjadi keputusan resmi Muktamar ke-47 Muhammadiyah,” tegasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Gus AMI: BLK Komunitas Jadi Solusi Ciptakan SDM Unggul dan Siap Kerja

Nasional

Liga Champions, Highlight Barcelona Vs Paris Saint-Germain

Lamongan

Apresiasi Kerja Wartawan, Kapolres Lamongan Beri Sejumlah Fasilitas Penunjang

Tuban

Ban Kempes, Dump Truck Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter
Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid mendesak Pemerintah segera mengeluarkan aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Foto: Progresnews.id/Foto Istimewa

Nasional

Waketum DPP PKB Desak Pemerintah Keluarkan Peraturan Turunan UU Pesantren
Potret Reza Artamevia Kasus Sabu-Sabu

Nasional

Polisi Ungkapkan Reza Artamevia Beli Narkoba Rp. 1,2 Juta
BMI Beri Apresiasi Atas Kesuksesan Kongres IMDI Pertama

Nasional

BMI Beri Apresiasi Atas Kesuksesan Kongres IMDI Pertama

Nasional

Nekat Beroperasi Saat PPKM, Tempat Karaoke di Surabaya Kembali Disegel