Home / Lamongan / Warta

Selasa, 13 April 2021 - 01:08 WIB

Detik-detik Munculnya Hilal di Tanjung Kodok Lamongan

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan, Progresnews.id — Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan telah melaksanakan Rukyatul Hilal, yang mana dari pengawasanya berhasil menampakan hilal kurang lebih 2 menit.

Bertempat di pantai Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran Lamongan Jawa Timur, cahaya hilal dilihat langsung oleh tiga saksi antara lain Kuswadi warga setempat, Kiai Su’ud pengasuh PP Nurul Huda Sumberwudi Lamongan dan Ust. Latif salah seorang pengasuh PP Al-Fattah Temboro Magetan.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Lamongan, Khoirul Anam mengatakan ketiga saksi melihat hilal seusai matahari terbenam.

Baca Juga:  Wow, Polres Lamongan Amankan 281 Pelaku Kejahatan hanya dalam 12 hari Operasi

“Matahari tenggelam 17:30 WIB, sekitar pukul 17:36 WIB pak Kuswadi melihat beberapa detik citra cahaya hilal Kemudian rukyat tetap dilanjtkan, pukul 17:41 WIB Kiai Su’ud melihat disusul kemudian Ust. Latif dari PP Al Fattah Magetan melihat jam 17:42,” kata Anam, Senin (12/4).

Setelah melihat jelas cahaya hilal, ketiganya langsung mengucap sumpah pada sidang Rukyatul Hilal yang dipimpim hakim pengadian Agama Lamongan

Baca Juga:  PPnBM Dihapus, Beli Mobil Baru Dapat Banyak Diskon

“Ketiga saksi tersebut langsung dibawah sumpah di sidang Syahadah Rukyatul Hilal oleh hakim tunggal dari PA Lamongan,” tutur Anam.

Suasana saat ketiga saksi mengambil sumpah dibawah hakim PA Lamongan. Foto : Ammy

Seperti yang menjadi prediksi para akhir jika hilal akan terlihat di bagian ufuk utara, selain itu jarak ketinggian hilal menjadi dugaan kuat hilal akan terlihat di wilayah Lamongan dan sekitarnya.

“Sebelumnya kita sudah memprediksi kemungkinan hilal bisa dilihat, karena memang ketinggian hilal sudah masuk kategori ‘imkanur rukyat’ (kemungkinan besar terlihat),” jelasnya.

Share :

Baca Juga

Warga Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan saat memperbaiki pipa penyalur air yang rusak. Foto : Istimewa

Lamongan

Ramai Didatangi Pemudik, Desa Pomahanjanggan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Air Selama Libur Lebaran
Fandi Akhmad Yani, Aminatun Habibah, Moh. Qosim dan Asluchul Alif terlihat akrab makan di satu meja saat acara penetapan Bupati-Wakil Bupati, Jumat (22/1), di Aston INN Hotel, Gresik.

Gresik

Penetapan Bupati-Wabup Gresik: Tidak Ada Paslon 1 atau Paslon 2
Diki Alamsyah saat mengisi Seminar Literasi yang diadakan oleh HMPS Pendidikan Bahasa Arab di Auditorium STAI At-Tanwir, Sabtu (11/4).

Bojonegoro

HMPS PBA STAI At-Tanwir Adakan Seminar Literasi
Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana saat ditemui usai mengikuti vaksinasi tahap pertama, Rabu (27/1).

COVID-19

Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Pertama di Tuban Diiringi Perpanjangan PPKM
Kantor DPU Bina Marga Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

DPU Bina Marga Lamongan Beberkan Alasan Perbaiki Jalan Rusak di Pucangro Dengan Pedel
Kepala Staf Kepresidenan DR. Moeldoko. Foto: Dok. KSP.

Nasional

Relawan PAS Dukung Moeldoko Jadi Capres, BMI Jatim: Pandemi Kok Ngomong Pilpres
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melayangkan surat klarifikasi kepada Presiden Jokowi terkait isu dirinya akan dikudeta. Foto: YT AHY.

Warta

Dikabarkan Akan ‘Dikudeta’ dari Partai Demokrat, AHY Layangkan Surat Klarifikasi Resmi Pada Jokowi

Surabaya

Diskon Ramadan Oleh Pemprov Jatim Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor