Home / Warta

Senin, 13 Desember 2021 - 15:26 WIB

Cek Sejumlah Drainase, Bupati Gresik Temukan Sampah Purba di Jalan Pasar Kota

Usai mendengar keluhan warga, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani merespon dengan cepat dengan menerjunkan petugas terkait untuk mengecek saluran air di Jl Samanhudi Gresik, Senin (13/12). Foto: @fandiakhmadyani/Progresnews.id

Usai mendengar keluhan warga, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani merespon dengan cepat dengan menerjunkan petugas terkait untuk mengecek saluran air di Jl Samanhudi Gresik, Senin (13/12). Foto: @fandiakhmadyani/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Respon cepat dilakukan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, (Gus Yani), usai mendengar berbagai keluhan warga Perkotaan Gresik yang kerap didatangi tamu tak diundang ketika musim hujan tiba, genangan dan banjir.

“Mendapati banyak sekali keluhan baik di sosial media maupun secara langsung. Saya bersama Sekda langsung melihat kondisi drainase di Jl. Samanhudi hari ini,” kata Gus Yani dalam akun media sosialnya, Senin (13/12).

Bersama Petugas dinas terkait, Gus Yani yang mengenakan kemeja putih meninjau penghambat saluran air di Perkotaan Gresik. Mata Gus Yani pun tidak berkedip melihat satu persatu sampah penghambat aliran air dientas oleh petugas.

Sampah rumah tangga seperti kasur, tikar, baju bekas, hingga barang elektronik nampak berhasil diangkat petugas.

Baca Juga:  BMKG Merilis Peringatan Dini Tsunami, 21 Daerah: 7 Daerah Kategori Waspada dan 14 Daerah Kategori Siaga
Opo ae iki. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melihat sampah yang berhasil diangkat petugas di saluran air. Foto: Medsos Gus Yani/Progrenews.id

Ternyata ini salah satu pemicu genangan air begitu lama surut di perkotaan Gresik. “Gorong-gorong yang dangkal. Ditambah lagi banyaknya sampah yang menumpuk sehingga menghambat aliran air, apalagi disaat debit air tinggi yang disebabkan curah hujan lebat,” lanjutnya.

Tak berhenti dari warga sekitar Gus Yani mendengar selama kurang lebih 20 tahun, drainase atau saluran air ini tidak tersentuh.

“Kondisi drainase saat ini sudah waktunya dilakukan pengerukan karena kondisinya yang dangkal. Saya dengar tadi bahwa sekitar lebih dari 20 tahun gorong-gorong ini tidak dikeruk. Maka tak heran setiap musim hujan datang dan saat intensitas hujan tinggi daerah sekitar pasti banjir.

Baca Juga:  Tindak Lanjut PPKM Jilid II, 27 Pelanggar Prokes Terjaring Razia

Dengan kondisi ini, Gus Yani berharap agar masyarakat perlu menyadari dampak dari membuang sampah sembarangan ke selokan.

“Ayo kita saling support, pemerintah yang melakukan perbaikan dan tidak lupa juga membutuhkan support dari masyarakat sekitar,” tutup Gus Yani.

Sekedar informasi, Jl Samanhudi terbentang di antara kompleks pertokoan Pasar Kota Gresik. Selain curah hujan tinggi, dataran rendah ini menjadi hilir aliran air saat hujan turun.

Genangan air dari hulu seperti Trate, Sukorame, Karangturi, Karangpoh, Bedilan dan sekitarnya. Lalu mengalir ke sejumlah perkampungan seperti Kroman, Pekelingan, Kemuteran, Kebungson. Nah, Jalan Samanhudi yang merupakan lokasi Pasar Kota Gresik berada di tengah hulu-hilir aliran air tersebut. [dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Agusty Hadi Widarto, Humas PN Lamongan sekaligus salah satu Hakim di PN Lamongan.

Lamongan

Hakim PN Lamongan Beberkan Kasus Perselingkuhan Oknum Kades Karangwedoro
Deputi Pembangunan Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Ahmad Erani Yustika saat menjadi penanggap dalam Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Deputi Setwapres Apresiasi Pengembangan Komoditas Lokal Papua
Ketua MWC NU Dukun KH M Sholeh (Kiri), bersama Rais Syuriah MWC NU, KH Ahmad Toyib Mas’udi. Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Ketua MWC NU Dukun: Pemuda Ansor Harus Mau Sisihkan Pendapatan Untuk NU
Deputy Country Representative untuk Indonesia, Hana A. Satriyo dalam Webinar Cerita Baik dari Praktik TAKE dan TAPE di Indonesia: Penggunaan Dana Insentif Fiskal berbasis Ekologi dan Dampaknya bagi Agenda Perlindungan Lingkungan, Kamis (14/10).

Nasional

Penerapan EFT Bisa Mendorong Pendanaan Berkelanjutan Untuk Lingkungan Hidup
Foto: Situs Kemensos.

Nasional

Kemensos Persiapkan Agenda Peringatan Hari Pahlawan
Terbatas: KPU Kab. Gresik bersama KIPP Gresik menyelenggarakan Pendidikan Pemilih Secara Terbatas, (29/9). Foto : Chidir/Progresnews.id

Gresik

Pacu Partisipasi Pemilih, KPU Gandeng KIPP Gresik Gelar Sosialisasi Terbatas
Kapolres Lamongan didampingi Kasreskoba dan Kasubag Humas, saat menunjukan pelaku penyalagunaan narkoba.

Lamongan

Prihatin!!, Kasus Penyalagunaan Narkotika di Lamongan Libatkan Anak di Bawah Umur
Para pemateri dalam acara Seri Diskusi Pengelolaan Produk Inovatif Pangan Papua: Festival Torang Pu Para Para, Senin (16/8).

Nasional

Lestarikan Hutan dan SDA Papua, Program PAPeDA Ciptakan Produk Inovatif Berbahan Sereh Wangi