Home / Pendidikan / Warta

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:06 WIB

Cegah Radikalisme dan Intoleransi, SMA Al Azhar Menganti Bekali Siswa dengan Pendidikan Cinta Tanah Air

Cegah Radikalisme dan Intoleransi, SMA Al Azhar Menganti Bekali Siswa dengan Pendidikan Cinta Tanah Air, Rabu (12/1). Foto: Progresnews.id

Cegah Radikalisme dan Intoleransi, SMA Al Azhar Menganti Bekali Siswa dengan Pendidikan Cinta Tanah Air, Rabu (12/1). Foto: Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Pendidikan Bela Negara menjadi sebuah kebutuhan di dunia pendidikan. Terlebih benih gerakan radikalisme dan sikap intoleransi saat ini begitu mudah ditemui baik di media sosial, atau bisa saja terjadi di lingkungan sekitar.

Demi mencegah gerakan radikalisme dan sikap intoleransi memapar generasi muda serta lembaga pendidikan, SMA Al Azhar Menganti Gresik, menjadikan Pendidikan Bela Negara sebagai materi wajib.

Tak tanggung-tanggung, dalam prosesnya SMA Al Azhar Menganti menggandeng Polsek dan Koramil Kecamatan Menganti. Para siswa pun dengan antusias mendengar materi serta edukasi dari kedua lembaga negara tersebut.

Kepala Sekolah SMA Al Azhar, Nuripan, menyatakan tercetusnya Pendididikan Bela Negara ini diharapkannya mampu memberikan pemahaman tentang bahaya gerakan radikalisme dan sikap intoleransi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  Sidang Tahunan MPR Momentum Tumbuhkan Pesan Optimisme Kebangsaan

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa dan mengikis habis spektrum radikalisme, penyalahgunaan narkoba, hingga konflik antar teman,” kata Nuripan, Rabu (12/1).

Dikatakan Nuripan, proses Pendidikan Bela Negara  dilaksanakan secara berjenjang. Semua diberikan secara sistematik.

“Bahkan terdapat buku panduan dari sekolah, yang menjadi pegangan berjalannya seluruh kegiatan Pendidikan Bela Negara,” tandasnya.

Sementara itu, serangkaian acara penutupan pendidikan bela negara dimulai pada pukul 08.00 WIB di Aula SMA Al Azhar. Para siswa mengikutinya secara luring setelah melalui screening protokoler yang cukup ketat.

Baca Juga:  Berangkat dari Hobi, Ternakan Puter Pelung Milik Ali Abidin Jadi Pundi Rezeki

Kanit Binmas Polsek Menganti, Boby Rahman, mengapresiasi tentang adanya terobosan Pendidikan Bela Negara di SMA Al-Azhar Menganti ini.

“Kegiatan bela negara semacam ini penting diteruskan untuk menangkal radikalisme. Setidaknya pengetahuan ini akan menjadi pondasi penting bagi siswa,” pesan Boby Rahman kepada jajaran Guru SMA Al-Azhar Menganti.

Selain di hadiri perwakilan pihak Kapolsek Kecamatan Menganti, turut hadir Ketua GP Ansor Kecamatan Menganti, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa  kelas X dan XI SMA Al-Azhar Meganti Gresik. [dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Gus Muhaimin Bersyukur Permintaan PKB soal Dana Abadi Pesantren Dikabulkan Jokowi

Lamongan

Torehkan Prestasi Gemilang, Pemkab Lamongan Kembali Terima Reward
Deputi Pembangunan Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Ahmad Erani Yustika saat menjadi penanggap dalam Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Deputi Setwapres Apresiasi Pengembangan Komoditas Lokal Papua
Direktur Gerakan Masyarakat Papua Lestari (GEMAPALA) Nikolas Djemris Imunplatia saat mengikuti seri 3 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Pala dan Budaya Fakfak yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Jumat (20/8).

Nasional

Kurang Maksimal, Direktur Gemapala Dorong Pengelolaan Pala Berkelanjutan di Fakfak
Kantor DPU Bina Marga Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

DPU Bina Marga Lamongan Beberkan Alasan Perbaiki Jalan Rusak di Pucangro Dengan Pedel
IPNU Canggan menggelar Diskusi Teoritis & Skill di musala TP. Ihyaul Ulum pada Jumat (26/2).

Gresik

Dorong Kemandirian Ekonomi, IPNU Cangaan Gelar Diskusi Teoritis & Skill
Dapat Ilmu dari Pewarta. Pemuda Tanggulrejo mengikuti Training Jurnalistik di Balai Desa, (4/10). Foto : Chidir/Progresnews.id

Gresik

Optimalkan Informasi Desa, Pemuda Tanggulrejo Dilatih Jurnalistik
Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

Detik-detik Munculnya Hilal di Tanjung Kodok Lamongan